Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, August 11, 2016

Wow Kreatif !Begini Cara Menciptakan Arang Sekam Padi Dengan Mudah

Membuat Arang Sekam Padi - Sekam padi sanggup dijadikan sebagai Arang untuk gabungan pupuk bokashi ataupun sebagai materi bakar sesudah diolah menjadi Briket Arang Sekam Padi.
Sekam padi ini sering diartikan sebagai materi buangan ataupun sebagai limbah penggilingan padi, keberadaannya cendrung meningkat alasannya yaitu proses penghancuran alaminya berlangsung lambat, sehingga sanggup mengganggu lingkungan juga kesehatan insan itu sendiri.

Mengapa sekam padi perlu dijadikan arang sekam terlebih dahulu sebelum di jadikan media tanam, hal ini dikarenakan penggunaan sekam padi secara eksklusif sebagai media tanam maka sanggup dikawatirkan akan  menjadi sumber penyakit bagi tumbuhan itu sendiri dikarenakan tingkat pertumbuhan jamur pada sekam padi cukup tinggi yang dikarenakan sekam padi ini sanggup menyimpan air.



Sekam padi mempunyai kerapatan jenis bulk density 125 kg/m3, dengan nilai kalori 1 kg sekam padi sebesar 3300 k.kalori dan ditinjau dari komposisi kimiawinya,  sekam padi mengandung karbon (zat arang) 1,33%, hydrogen 1,54%, oksigen 33,645, dan Silika (SiO2) 16,98%, artinya sekam sanggup dimanfaatkan sebagai materi baku industri kimia dan sebagai sumber energi panas untuk keperluan manusia.

Kadar selulosa sekam yang tinggi pada sekam padi sanggup menunjukkan pembakaran yang merata dan stabil. Maka dari itu untuk memudahkan diversifikasi penggunaannya, maka sekam terlebih dahulu melalui proses pembuatan arang sekam kemudian selanjutnya dipadatkan, dibuat dan kemudian dikeringkan, dan biasa disebut dengan Briket Sekam Padi.

Cara Pembuatan Arang Padi

Bahan yang dibutuhkan:
1.  Sekam padi. Sekam padi yang kering dipakai sebagai materi dasar.
2.  Cerobong. Cerobong dipakai untuk pembakaran sekam, dengan kapasitas 15 kg/jam:
3.  Kayu bakar. Kayu bakar dipakai sebagai materi bakar pada proses pengarangan sekam.

Cara Membuat:
1. Buatlah bara api, kemudian bara api ditutup dengan cerobong di potongan tepi-tepinya.
2. Selanjutnya cerobong ditutupi dengan mengumpulkan sekam kering ke dinding-dinding cerobong, maka akhir dari proses pemanasan pada cerobong pembakaran maka pembakaran ini terjadi tanpa menimbulkan api sehingga lambat laun sekam padi akan mengalami perobahan warna dengan sendirinya. Perubahan warna gelap pada sekam padi itu tanda sekam padi telah menjadi arang sekam

Arang Sekam Padi yang sudah jadi sanggup dijadikan sebagai gabungan bokashi pupuk kandang dan juga sanggup juga dijadikan Briket Sekam Padi yang terlebih dahulu diproses untuk dipadatkan kemudian dibuat dan dikeringkan.

Previous
Next Post »

Post a Comment