Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, November 25, 2016

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Mas Yang Baik Dan Benar

Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas - Budidaya ikan air tawar ialah salah satu perjuangan yang tidak mengecewakan menjanjikan, peluang perjuangan kecil yang kecil ini sanggup menguntungkan kalau kita menekuninnya. budidaya ikan mas merupakan perjuangan yang sanggup dikatakan perjuangan kecil kecilan namun kalau perjuangan ini dikembangkan menjadi perjuangan yang sangat besar sanggup menjanjikan sekali. sebab besarnya undangan pasar akan konsumsi daging ikan segar sanggup anda manfaatkan untuk perjuangan sampingan anda atau bahkan anda jadikan bisnis pokok selain perjuangan sampingan anda. cara membudidayakan ikan mas ini tergolong tidak begitu sulit hanya membutuhkan modal yang tidak begitu besar juga. dan sanggup menjadi petimbangan rencana bisnis anda. Ikan mas merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidayakan sesuai jenisnya. Misalnya di tempat jawa barat, ikan mas majalaya menjadi yang paling populer. Sementara untuk ikan hias, ikan mas koi merupakan yang paling banyak dicari.Sementara berdasarkan kebutuhan pembeli, ada dua jenis ternak ikan mas yaitu konsumsi dan ikan hias. untuk konsumsi, pemeliharaan cenderung lebih gampang dibandingkan ikan mas koi sebagai peliharaan atau ikan hias.



Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas

Persyaratan Budi Daya Ikan Mas

Di alam aslinya ikan mas hidup di perairan sungai, danau maupun genangan air lainnya yang berada pada ketinggian 150-600m dpl, dengan suhu air berkisar 20 derajat hingga 25 derajat celcius. Ikan mas termasuk binatang Omnnivora atau pemakan segala sehingga di alam masakan Ikan mas berupa daun-daunan, lumut, serangga, cacing dan lain sebagainya. Pada model budidaya ikan mas lingkungan pemeliharaan dibentuk mirip alam aslinya.
Model budidaya ikan mas sanggup dipelihara dalam Kantong Jaring Apung, Kolam air deras, kolam tanah, kolam beton dan lain-lain tergantung ketersediaan lokasi. Makanan dalam budidaya ikan mas juga majemuk mulai dari proteksi pakan alami hingga proteksi pelet buatan pabrik. Yang perlu diperhatikan ialah kualitas air pada media untuk budidaya ikan mas mirip PH air yang harus berada pada kisaran 7-8, kandungan oksigen terlarut yang cukup dan bebas dari kandungan zat kimia berbahaya.

Cara Pemijahan Ikan Mas

Sebelum dipijahkan ikan mas perlu diberok yaitu dipisahkan antara induk jantan dan betina selama 3 hari.
Persiapan induk
Kolam untuk pemijahan dikeringkan selama 5 – 7 hari supaya basil dan benalu sanggup mati. Setelah kolam menjadi kering, air dialirkan ke kolam hingga setinggi 65 cm. 
Proses pemijahan
Buatlah tempat bertelur ikan mas yang dibentuk dari ijuk atau sabut kelapa yang tengahnya dijepit dengan dua bilah bambu, tempat telur ini disebut kakaban. Letakkan kakaban yang sudah dibentuk 10 cm di bawah permukaan air.
Kemudian masukkan induk jantan dan betina ke dalam kolam dan jangan lupa diberi makan secukupnya. Setelah terjadi perkawinan ikan mas, telur akan melekat pada kakaban (hampir sama mirip ikan gurame). 
Pemindahan telur ikan
Pindahkan kakaban yang sudah berisi telur ke kolam penetasan yaitu kolam segi empat dengan kondisi air cukup jernih dan dasar kolam sanggup terkena sinar matahari. Setelah telur ikan mas menetas, kakaban sanggup diambil dan benih ikan dipindah ke kolam pemeliharaan.

Pembesaran Ikan Mas di Keramba Jaring Apung

Pembesaran Ikan Mas sanggup dilakukan dalam keramba Jaring Apung yang biasa dipasang di perairan umum. Pemilihan lokasi penempatan jaring dalam suatu perairan akan sangat menunjang berhasilnya proses produksi. Beberapa karakteristik perairan yang sempurna antara lain ialah air bergerak dengan arus terbesar, tetapi bukan arus kuat.
Penempatan jaring sanggup dipasang sejajar dengan arah angin, tubuh air cukup besar dan luas sehingga sanggup menjamin stabilitas kualitas air, kedalaman air minimal sanggup mencapai jarak antara dasar jaring dengan dasar perairan 1,0 meter, kualitas air mendukung pertumbuhan mirip suhu perairan 270C hingga 300C, oksigen terlarut tidak kurang dari 4,0 mg/l, dan kecerahan tidak kurang dari 80 cm.
Satu unit Keramba Jaring Apung minimal terdiri dari kantong jaring dan kerangka jaring. Dimensi unit jaring berbentuk persegi empat dengan ukuran kantong jaring 7 x 7 x 3 M3 atau 6 x 6 x 3 M3.
Satu unit Keramba Jaring Apung terdiri empat set kantong dan satu set terdiri dari dua lapis kantong Bagian tubuh kantong jaring yang masuk kedalam air 2,0 hingga 2,5 meter.
Kerangka jaring terbuat sanggup dibentuk dari besi atau bambu dan pelampung berupa steerofoam atau drum. Bahan kantong jaring berasal dari benang Polietilena.
Frekuensi proteksi pakan minimal dua kali per hari. Sedangkan cara proteksi pakan supaya efektif disarankan memakai Feeding Frame yang sanggup dibentuk dari waring dengan mesh size 2,0 mm berbentuk persegi empat seluas 1,0 smpai 2,0 m2. Alat ini di pasang di dalam tubuh air kantong jaring pada kedalaman 30 hingga 50 cm dari permukaan air.
Dengan penebaran bibit seberat 300 kg dalam waktu 3 bulan akan menghasilkan ikan mas konsumsi 1.5 hingga 2 ton.

Usaha Sampingan Budidaya Ikan Mas

Membuat kolam pemeliharaan
Buat kolam berbentuk segi empat dan seluruh dinding serta dasar kolam sebaiknya disemen. Pastikan air mengalir sepanjang waktu dengan jumlah yang cukup. Pada penggalan pintu masuk dan pembuangan air dilengkapi dengan saringan kemudian dasar kolam dibentuk miring ke arah pintu pembuangan.
Pengairan kolam yang baik
Air yang jernih dan segar sanggup merangsang nafsu makan ikan mas. Kejernihan air sanggup dilihat dari dalamnya sinar matahari yang masuk ke lapisan air. Semakin dalam lapisan air yang sanggup ditembus maka semakin baik kualitas air tersebut.
Penebaran benih ikan mas
Benih ikan mas ditebarkan ke kolam pada pagi atau sore hari dimana suhu air masih rendah. Padat penebaran sekitar 1 – 2 kg tiap meter kubik air kolam.
Pemberian makan ikan masMakanan ikan mas sebaiknya diberikan dalam bentuk pelet yang bergizi dan mempunyai kegunaan untuk mempercepat proses pertumbuhan ikan. Pakan ikan diberikan 3 kali sehari dengan jumlah yang sama dan proteksi makan sebaiknya di akrab pintu masuk air. Jangan hingga ikan terlalu kenyang, anda sanggup melihat kalau 25% ikan yang mengerumuni masakan telah meniggalkan tempat makan, maka hentikan menebarkan makanan.
Masa panen ikan masDalam waktu pemeliharaan selama 6 bulan, ikan mas sudah siap panen dengan cara penangkapan atau pengeringan kolam.
Demikianlah ulasan tentan cara budidaya ikan mas dan perjuangan budidaya ikan mas, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacannya, 

Previous
Next Post »

Post a Comment