Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 23, 2016

Cara Gampang Menanam Bunga Pucuk Merah

MENANAM BUNGA PUCUK MERAH -- Tanaman yang satu ini sangat terkenal di kalangan pecinta tanaman hias. Bagi anda yang belum mengenal Bunga Pucuk Merah, mungkkin secara tidak sadar anda pernah melihat tumbuhan ini. Karena Bunga Pucuk Merah sangat banyak dijadikan tumbuhan peneduh dan penyegar suasana di banyak sekali taman perkotaan. Jika anda melihat Tanaman bunga menyerupai pohon cengkeh , berwarna hijau dan pucuknya merah itulah tumbuhan bunga pucuk merah.
Bunga pucuk merah biasanya ditanam dengan dibuat lancip menyerupai pohon cemara. Pemotongan pucuk-pucuk daun ini menciptakan tunas-tunas gres muncul dengan warna merah muda. Pucuk daun muda yang berwarna merah ini nampak menyerupai bunga yang seang mekar. Karena itulah mungkin bunga ini diberi nama Pucuk merah atau dalam bahasa latinnya Syzygium oleana.



Cara Merawat Bunga Pucuk Merah

Agar tumbuhan pucuk merah tetap indah lokasi menanam hendaknya berada pada lokasi yang terkena sinar matahari. Tanaman bunga Pucuk Merah membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan tunas-tunasnya. Karena itu bila sinar matahari mencukupi dan mendukung  tunas mudanya sanggup tetap berwarna merah dan akan mempesona.

Cara menanam bunga pucuk merah untuk mempertahankan keindahan pucuk merah ini ialah dengan cara  dipangkas. Tujuan pemangkasan bunga pucuk merah adalah  semoga tajuk tumbuhan selalu terlihat merah dan bentuk tajuk tumbuhan lebih terjaga. Waktu pemangkasan bunga pucuk merah ialah sekitar  dua ahad sekali.
Menanam Pucuk Merah Dalam Pot Agar Bisa Dipindah-pindah

Cara memangkas daun pucuk merah ialah pucuk-pucuk daun yang warnanya sudah memudar atau tidak lagi berwarna merah akhir menua, segera dipetik memakai tangan. Yang perlu diperhatikan dalam pemotesan, harus dilakukan tepat pada ruas cabang, sehingga tunas gres sanggup segera tumbuh dari ruas yang telah dipangkas tadi.


Memangkas ialah Salah satu Cara Merawat Pucuk Merah
Untuk menghindari pucuk berwarna merah yang tidak merata maka perlu dijamin semua bab daun pucuk merah terkena sinar matahari secara cukup dan merata. Jika tidak bisa merata maka pucuk berwarna merah hanya sebagian saja. Karena itu dalam merawat tumbuhan bunga pucuk merah perlu diputar dua ahad sekali, dengan catatan tumbuhan di tanam di dalam pot. Jika pucuk merah tidak di dalam pot pastikan sinar matahari bisa tepat mengenai semua bab tanaman.



Selain itu jangan lupa juga untuk memberi pupuk semoga tumbuhan sanggup tumbuh secara baik dan sehat. Berilah pupuk N-P-K yang seimbang. Lakukanlah pemupukan tanaman setiap dua bulan sekali. Selain dipupuk tanaman bunga pucuk merah perlu dilakukan penyiraman .Tanaman pucuk merah merupakan tumbuhan yang membutuhkan cukup banyak air untuk mempertahankan tunas-tunas yang berwarna merah. Penyiraman pucuk merah juga sangat perlu dilakukan setiap hari.

Menanam Tanaman Bunga Pucuk merah tidaklah sulit, selain itu tumbuhan jenis perdu ini bisa menawarkan nuansa yang indah di Taman rumah anda. Dalam menghias taman rumah, tumbuhan pucuk merah memnberikan nuansa taman tropis di rumah anda. Selamat mencoba.



Previous
Next Post »

Post a Comment