Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 23, 2016

Cara Gampang Ternak Entok Di Belakang Rumah

Cara Ternak Entok di Belakang Rumah - Beberapa unggas yang dapat kita pelihara di rumah salah satunya yaitu entok atau sering di sebut mentok kalau bahasa di kampung saya. entok ini yakni jenis unggas yang memiliki ketahanan tubuh yang berpengaruh sekali, dan jenis unggas ini dapat terbang menyerupai burung namun tidak dapat terlalu tinggi terbangnya. cara beternak entok ini dapat anda terapkan di belakang rumah anda ataupun di sekitar pekarangan rumah anda yang dapat dijadikan sebagai sumber lauk untuk tambah tambah daging kalau kita ingin daging, tinggal kita mengambil dan menyembelihnya. di bawah ini ada beberapa langkah untuk ternak entok yang dapat eksklusif anda praktekkan, artikel ini saya ambil dari blog blog mitra yang mengulas wacana budidaya entok.



Cara Ternak Entok di Belakang Rumah

Di bawah ini beberapa langkah untuk memulai langkah awal kita memulai ternak entok di pekarang rumah kita.. : 

  • Pertama kita harus siapkan sangkar battery untuk menempatkan meri/anak entok
  • Lalu kita ambil anak entok dari induknya,untuk memudahkan memperlihatkan masakan lebih baik kita kita gabungkan meri/dengan induknya selama 1hari/2hari untuk induknya memberi tahu cara makan minum anaknya .Untuk sangkar battery kita harus lengkapi dengan lampu pijar 5/10watt dan memberi wadah minum  .Untuk menjaga kesehatan meri kita berikan vaksin Vitachicks untuk menghindari terjangkit flu/pilek .Untuk ukuran ransum makan meri sebagai berikut : 1 - 2 minggu:diberikan konsentrat starter, Untuk minggu-minggu selanjutnya kita dapat campur konsentrat dengan pakan induk .Selanjutnya induk entok akan bertelur 1bulan sehabis (disapih)atau dipisahkan dari anaknya .Entok bertelur dalam periode 2minggu/3minggu dengan masa pengeraman selama 35 hari . untuk meningkatkan nafsu makan entok agan agan dapat beri pakan entok tanpa air . 
Nenek Moyang Entok sendiri berasal dari Amerika Utara yang merupakan Itik Liar (Anas Moscha), seiring berkembangnya zaman, Entok dipelihara dan dijinakkan oleh manusia, dan alhasil dapat menjadi salah satu ladang bisnis. di bawah ini yakni artikel dari blog desa banyumas yang membahas wacana entok.

Dulu nasib entok masih menyerupai kelinci seakan tak laris untuk dijual, kita hanya menemukan di pojok pasar hewan. Tapi kini hampir disetiap sudut pasar banyak transaksi entok dan setiap warga banyak yang memeliharanya. Permintaanpun menjadi melangit terutama menjelang hari Raya Idul Fitri. Harga per ekor pada hari biasa untuk entok dara berusia enam bulan dengan berat 1,5 kg paling hanya laris 20.000 rupiah, tapi menjelang lebaran harganya dapat dua kali lipat. Bahkan untuk yang pejantan harganya dapat mencapai 90.000,- rupiah per ekor. Suatu hal yang sangat mengiurkan dan menguntungkan.
Sebenarnya ternak entok tidak sulit, hanya saja kalau memelihara ternak ini harus ada pejantanya semoga entok cepat kawin dan bertelur. Pemilik entok biasanya akan mengumbar bebas menyerupai ayam kampung dan sangat menyukai daerah becek atau erat dengan sumber air. Daya telurnyapun luar biasa dapat mencapai 25 butir telur dengan hasil tetasnya dapat mencapai 75 %. Maka kalau ditetaskan dapat 20 ekor yang menetas. Karena diumbar bebas paling nantinya hanya dapat hidup hingga besar antara 10-15 ekor saja, untuk itu perlu pemeliharaan yang intensif semoga lebih banyak yang hidup dan besar.
Pemberian pakan entokpun cukup sedehana dan gampang yaitu dedak atau bekatul saja sudah cukup. Jangan heran lantaran entok makanya banyak sehingga merupakan binatang rakus, satu ekor entok induk betina dapat menghabiskan setengah kilogram dedak setiap harinya. Disamping itu masakan lain menyerupai sisa nasi, sayuran, jagung sangat digemari.
Untuk serangan penyakit entok salah satu unggas yang tahan, paling hanya pada peralihan ekspresi dominan terjangkit pilek tapi tidak mengakibatkan kematian.
Justru penyakit dobol yang mengakibatkan kematian, ini disebabkan lantaran rusaknya kantong telor dan pengeluaran telor yang terus menerus sehingga mengakibatkan dobol.
Dan bagi yang gemar akan keindahan entok mereka sering menyilangkan entok betina dengan bebekpejantan sehingga dihasilkan yang namanya beranti dengan bentuk dan penampilanya pun apik, badanya tinggi menyerupai belibis tapi badanya tegab menyerupai entok dan bulunya halus.

Demikianlah ulasan wacana ternak mentok yang dapat eksklusif anda praktekkan.

Previous
Next Post »

Post a Comment