Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 16, 2016

Cara Menciptakan Sendiri Insektisida Dan Nematisida Sendiri Dengan Materi Alami

BAWANG PUTIH UNTUK INSEKTISIDA
Bawang putih disamping untuk bumbu dapur ternyata juga bisa mengendalikan Thrips karena rasa dan aromanya tidak disukai jenis kutu-kutuan tersebut.
Bahan :
- 2 s/d 3 kg bawang putih
- 1000 liter larutan pupuk
Cara pembuatan dan aplikasi :
Bawang putih dibentuk ekstrak dengan cara di tumbuk atau diblender sesudah berbentuk ekstrak kemudian diberi air dan campurkan ke dalam larutan pupuk organik. Setelah diaduk aduk hingga merata kocorkan larutan tadi pada tumbuhan kira-kira 200 CC.
Pengaruh derma ekstrak bawang putih tersebut ialah aroma dari bawang putih tidak disukai oleh serangga tersebut. Ataupun dengan cara kultur teknis yaitu menanam tomat atau cabe ditumpangsarikan dengan bawang putih atau bawang merah.
Bawang putih disamping untuk bumbu dapur ternyata juga bisa mengendalikan Thrips karena r Cara Membuat Sendiri Insektisida dan Nematisida Sendiri dengan Bahan Alami

KENIKIR SEBAGAI NEMATISIDA
Kenikir ternyata tidak hanya merupakan tumbuhan penghias taman akan tetapi bermanfaat juga sebagai Nematisida pada tanaman tomat yang terjangkit Nematisida puru akar akar (NPA). Caranya materi kenikir diperoleh dengan memblender atau menumbuk 1 kg batang kenikir yang dilarutkan dalam 1 liter air.
Sedangkan untuk aplikasinya yaitu dengan cara mencampur larutan hasil tumbukan kenikir tersebut dalam 20 liter air. Kenikir tidak disukai nematoda karena mengandung bioaktif menyerupai piperiton dan terrhienil yang bersifat antagonis terhadap nematoda.

TEPUNG TULANG UNTUK PUPUK DAN PAKAN SAPI
Cara Pembuatannya
- Tulang dipotong-potong 5 – 10 Cm
- Rebus dalam air mendidih selama 2 – 4 jam
- Dijemur kemudian diremukkan hingga berukuran 1 – 3 Cm
- Rendam dalam larutan kapur selama 4 – 5 minggu
- Tulang dicuci dan direbus 3 tahap; 
1). 4 jam pada suhu 600C, 
2). 4 jam pada suhu 700C, 
3). 5 jam pada suhu 1000C 
- Setelah tulang dikeringkan dalam open bersuhu 1000C
- Digiling hingga lumat menjadi bubuk.

MELAWAN MILDEW DENGAN SUSU
Mildew atau penyakit tepung sering ditemukan pada tanaman tomat, melon, dan cabai. Penyakit yang disebabkan oleh jamur Oidium Tingitanium itu memang tidak terlalu merugikan tetapi perlu diwaspadai dan dikendalikan. Adapun cara sederhana untuk mengendalikan jamur tersebut ialah dengan memakai susu. Caranya larutkan air dan susu dengan perbandingan 9:1 semprotkan pada tumbuhan yang terserang. Enzim pada susu sanggup menetralisir mildew.

BAWANG PUTIH ATASI AKAR GADA
Cendawan Plasmodiophora brassicae momok bagi pekebun sawi dan anggota famili kubis-kubisan. Tingkat kerugian bisa mencapai 100% tanggapan penyakit akar gada itu. Jaringan yang terjangkit menjadi rusak sehingga pengankutan air dan zat hara menjadi terganggu. Rotasi tumbuhan saja tidak cukup karena cendawan dalam tanah bisa bertahan hingga 20 tahun. Adapun cara pengendalian sederhana dapt memakai umbi bawang putih. Caranya Haluskan dan larutkan umbi bawang putih dalam air bersih. Sebelum disemai rendam benih dalam larutan itu selama 15 menit.

Previous
Next Post »

Post a Comment