Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, November 24, 2016

Mari Mengenal Tanaman Saliara (Lantana Camara Linn)

MENGENAL TANAMAN SALIARA
Botani

Sinonim : Lantana aculeata L..



Klasifikasi
Kingdom:Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Verbenaceae 
Genus: Lantana
Spesies: Lantana camara LINN



Nama
Umum/Dagang : kembang telek, tembelekan.
Sunda : saliara


Deskripsi
Herba batang berbulu dan berduri serta berukuran lebih kurang 2 m. Daunnya kasar, beraroma dan berukuran panjang beberapa sentimeter dengan penggalan tepi daun yang bergerigi. Bercabang banyak, ranting bentuk segi empat, ada varietas berduri dan ada varietas yang tidak berduri. Daun tunggal, duduk berhadapan bentuk lingkaran telur ujung meruncing pinggir bergerigi tulang daun menyirip, permukaan atas berambut banyak terasa bergairah dengan perabaan permukaan bawah berambut jarang. Bunga dalam rangkaian yang bersifat rasemos memiliki warna putih, merah muda, jingga kuning, dsb. Buah ibarat buah buni berwarna hitam mengkilap jika sudah matang.

Distribusi/Penyebaran : Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini sanggup ditemukan dari dataran rendah hingga ketinggian 1.700 m dpl.

Habitat : Ditemukan pada tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau agak ternaung.Terdapat hingga 1.700 m dpl., di daerah panas, banyak digunakan sebagai tumbuhan pagar.

Perbanyakan : Dengan cara generatif melalui biji atau stek batang.


Manfaat flora : Daun dan bunga berpotensi untuk dijadikan sebagai insektisida nabati sebab mengandung lantadene A, lantadene B, lantanolic acid, lantic acid, humule (mengandung minyak asiri), b- caryophyllene, g-terpidene, a -pinene dan r-cymene.

Manfaat flora : Dalam keadaan darurat buah lantana camara yang telah masak dan berwarna hitam sanggup dijadikan makanan, berasa bagus dan sangat nikmat untuk kuliner sambil jalan.

Previous
Next Post »

Post a Comment