Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, December 23, 2016

4 Cara Gampang Menanam Bawang Yang Baik Dan Benar

Bawang merah dalam bahasa latin disebut dengan Allium cepa ialah salah satu produk hortik 4 Cara Praktis Menanam Bawang Yang Baik Dan Benar

Bawang merah dalam bahasa latin disebut dengan Allium cepa ialah salah satu produk hortikultura yang sangat diharapkan oleh semua insan alasannya ialah kiprahnya sangat sentral dalam yaitu sebagai bumbu dapur. Buat anda yang ingin membudidayakannya sendiri, kali ini akan saya jelaskan cara menanam bawang dengan benar, sebelum itu mari kita kenali dulu masalah-masalah yang sering timbul menyerupai di bawah ini :
  1. Serangan hama dan penyakit
  2. Kekurangan unsur mikro
  3. Hanya sanggup ditanam di musimnya
  4. Dll. Yang sanggup mengakibatkan produksi menurun.

Untuk menghindari hal tersebut maka harus melakukan tata cara dan Teknik budibaya menanam bawang merah dengan benar. Berikut caranya :

A.PRA TANAM

  1. Syarat tumbuh : Bawang merah sanggup tumbuh pada tanahsawah dan tegalan, tekstur tanah biasa hingga liat. Jenis tanah Alluvial, Latosol, pH  5.6 - 6.5, ketinggian 0-400 mdpl, kelembapan 50-70 %, suhu 25-320 C

B. PENGOLAHAN TANAH

  1. Pupuk sangkar disebarkan dilahan dengan takaran  0,5 -1ton/1000 m2
  2. Diluku lalu digaru (dibiarkan 1 Minggu)
  3. Dibuat bendengan dengan lebar 120-180cm
  4. Diantara bendengan pertanaman dibentuk selokan (canal) dengan lebar 40-50cm dan kedalaman 50cm.

C. Persiapan benih serta penanaman bawang merah 

  1. Sediakan kawasan untuk melindungi benih bawang merah
  2. Kebutuhan bibit bawang merah kurang lebih 3 kw per hektar
  3. Benih yang siap ditanam harus berumur 30 hari atau 1 bulan
  4. Saat penanaman usahakan posisi benih tegak berdiri
  5. Untuk animo kemarau jarak tanam yang ideal ialah 10 cm x 5 cm dan untuk animo hujan sanggup agak dilebarkan sekitar 10 cm x 10 cm.
  6. Padatkan tanah yang bersahabat dengan pangkal batang secara perlahan .

D. Penyulaman bawang merah :

  1. Penyulaman dilakukan pada umur 2 ahad semenjak tanam
  2. Tanaman yang sudah bau tanah jikalau  disulam terus menerus akan mengakibatkan tidak seragamnya pertumbuhan. Hal ini kuat kepada hasil panen.

Sanitasi lahan serta pengairan ; Bersihkan selokan antar bedengan semoga tidak menggenang ketika hujan hal ini bertujuan semoga tumbuhan tidak layu. Berikut tadi sedikit cara menanam bawang semoga bermanfaat untuk anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment