Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, December 23, 2016

4 Cara Gampang Menanam Pepaya Di Halaman Rumah


Buah pepaya banyak ditemui di sekitar kita. tidak hanya mempunyai rasa yummy , tapi merupakan sumber yang kaya nutrisi antioksidan seperti:

 Buah pepaya banyak ditemui di sekitar kita 4 Cara Praktis Menanam Pepaya Di Halaman Rumah
  • Karoten
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Asam folat
  • Pantotenat
  • Mineral
  • Kalium dll.
Sekarang saya akan mengupdate cara menanam pepaya:

A. SYARAT TUMBUH PEPAYA

Tanaman pepaya akan tumbuh optimal pada tempat dengan ketinggian tempat antara
200-500mdpl.
Tanaman ini butuh sinar matahari banyak  tanpa naungan, dengan suhu udara berkisar 22 -26 derajat celcius, pH tanah 6-7.
Tanaman pepaya termasuk tanaman yang sensitif terhadap kelebihan dan kekurangan air. Kalau terjadi kelebihan air, akar tanaman tidak sanggup bernafas dengan baik, sehingga sanggup terjangkit penyakit yang menjadikan layu.

B. PELAKSANAAN BUDIDAYA PEPAYA

Persiapan lahan
Persiapan lahan diantaranya,pembuatan lubang tanam dengan jarak 2.75m zigzag. Tanam zigzag bertujuan menjaga kelembapan kebun, terlebih pada isu terkini hujan. Lubangi dengan ukuran 25cm x25cm x25cm.
2 ahad sebelum tanam diberi pupuk kandang dengan takaran 0,5 kg/lubang tanam, dan pupuk NPK 15-15-15 dengan takaran 200 g/lubang tanam.

Persiapan Pembibitan dan Penanaman
Pada pembibitan diharapkan sungkup pembibitan untuk melindungi bibit yang masih muda. Persiapkan media  semai dengan  komposisi 20liter tanah,10liter PK. dan 15g NPK halus. Ketiga materi tersebut dicampur hingga merata kemudian dimasukkan dalam polibag semai yang berukuran 8cmx10cm.Benih disemaikan kedalam media, 1butir/media .agar perkecambahan benih lebih cepat, permukaan media ditutup dengan goni atau mulsa yang lain, dengan tujuan untuk menjaga kelembaban.

Penutup media semai dibuka apabila benih sudah berkecambah,selanjutnya benih disungkup dengan plastik transparan. pada jam 07.00 – 09.00 sungkup dibuka, kemudian jam 09.00 – 15.00 sungkup ditutup,dibuka lagi pada jam 15.00 – 17.00.agar tanaman berpengaruh pada dikala ditanam maka  sungkup harus dibuka penuh pada dikala umur 14 hari sebelum tanam .Lakukan penyiraman setiap pagi dan jangan terlalu basah. Lakukan penyemprotan Insektisida yang berbahan aktif imidakloprid dan fungisida berbahan aktif simoksanil dilakukan pada umur 30 hari sehabis semai. Dengan takaran  setengah dari takaran terendah. Bibit siap tanam dilahan jikalau sudah mempunyai 4 helai daun sejati.

Sedikit ilmu dari saya kali ini, bagi yang belum sanggup menanam pepaya semoga membantu.

Previous
Next Post »

Post a Comment