Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, December 23, 2016

5 Cara Gampang Menanam Sengon Yang Baik Dan Berkualitas


Sebelum mengetahui <b><a href=cara menanam sengon dengan cara yang paling efektif 5 Cara Praktis Menanam Sengon Yang Baik dan Berkualitas" border="0" height="162" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL2tpgjcF4TCWs8QA9jyS_YBCtIkEdklzc79qm6y1AFVQV1SqbS_FBUvkIXS5i5dqugbIhiAPWqB60KPQjjFi34OnAOHoX9hF0bNQoC9yfnsj0PvkcEF61VyaM1HxrVbEiuR0BUX-8WJsB/s320/Cara+Menanam+Sengon+dengan+Efektif.jpg" title="5 Cara Praktis Menanam Sengon Yang Baik dan Berkualitas" width="320" />
Sebelum mengetahui cara menanam sengon dengan cara yang paling efektif, lebih baik mengetahui dulu ihwal pengertian dari tumbuhan sengon. Sengon merupakan sejenis tumbuhan yang berbentuk menyerupai payung yang mempunyai rimbun daun sedikit atau tidak lebat. Bagian terpenting dari sengon yaitu terletak pada kayunya yang berfungsi sebagai salah satu nilai ekonomi yang sanggup dijadikan sebagai sumber kebutuhan bagi masyarakat sekitar. Tingginya berkisar antara tiga puluh sampai empat puluh lima meter dan batangnya berdiameter tujuh puluh sampai delapan puluh cm dengan bentuk lingkaran serta tidak berpanir. Mempunyai warna kulit luar putih atau agak kelabu, tidak mengelupas serta arahnya tak beralur. Berat dari jenis kayu ini sekitar 0.33 dan merupakan kelas abadi pada tingkat  IV dan V. guna dari kayu sengon ialah menjadi tiang pada bangunan rumah., diolah menjadi kertas, furnitur rumah tangga, dan lain sebagainya. Akar dari tumbuhan ini tidak mengecewakan besar lengan berkuasa sehingga sanggup menembus dalam tanah serta rambut akarnya tidak besar. Fungsinya sebagai penyimpan zat nitrogen, maka dari itu tanah pada sekitar sengon subur. Tumbuhan berjenis kayu tersebut mempunyai bunga berbentuk malai dengan ukuran satu cm, warnanya putih agak kuning dan berbulu. Cara penyerbukan bunga tersebut dari angin dan serangga.

Terdapat cara Menanam sengon secara efektif dan tahapannya yaitu :

  1. Mempersiapkan bibit. Tanaman sengon biasanya yang diperbanyak yaitu bijinya, maka dari itu pada dikala pemilihan biji harus dipilih yang benar-benar terjamin kualitas dan mutunya. Benih yang berasal pada flora sengon harus dari genetik yang baik menyerupai bentuk fisik lurus dan tidak menjadi hama. 
  2. Penyapihan pada bibit langkahnya yaitu pertama siapkan kantong plastik, masukkanlah tanah subur, pupuk dan pasir. Semai pada dikala pertumbuhan sampai kondisi layak untuk ditanam.
  3. Proses tanam dilakukan dengan cara pertama pemasangan ajir biar sanggup mengetahui letak bibit yang akan ditanam. Kemudian pembuatan lobang kemudian mengangkut bibit dan yang terakhir yaitu penanaman bibit.
  4. Setelah di tanam maka langkah selanjutnya yaitu pemeliharaan yang dilakukan dengan penyulaman sampai penjarangan.
  5. Tahapan terakhir yaitu panen dan setelah panen.


Cara menanam sengon sangat gampang jikalau mengetahui langkah dan kualitas bibit yang digunakan.

Previous
Next Post »

Post a Comment