Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, December 31, 2016

Cara Gampang Bagaimana Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah

Gulma merupakan salah satu problem yang sanggup mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tumbuhan yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman. Macam-macam gulma pada tumbuhan ini cukup bervariasi tergantung jenis tumbuhan yang kita budidayakan. Pada tumbuhan padi misalnya, gulma pada tumbuhan padi ini biasanya berbentuk rumput yang mirip padi, atau sering disebut "jawan padi". Gulma pada tumbuhan harus segera ditanggulangi semoga pertumbuhan tumbuhan sanggup berjalan dengan baik. Apakah anda semua tahu apa pengertian dari gulma ini? Jika anda belum tahu perihal pengertian gulma pada tanaman, selalu menunjukkan isu yang komplit, jadi nantinya saat pada pokok bahasan perihal gulma, maka anda semua sudah tahu pengertian gulma, rujukan gulma, dan cara pengendalian gulma.
Gulma merupakan salah satu problem yang sanggup mengganggu produktivitas tumbuhan Cara Praktis Bagaimana Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah
Berbicara problem gulma ini, dan bagaimana cara pengendaliannya, maka sudah tentu setiap tumbuhan akan berbeda dalam pengendalian gulma. Pada kesempatan kali ini admin akan bagikan artikel perihal bagaimana Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah. Anda semua tentu sudah tahu padi sawah merupakan padi yang dibudidayakan dilahan persawahan. Meskipun tumbuhan sawah, padi ini juga akan mengalami yang namanya problem gulma. Gulma padi sawah atau rumput liar yang sering mengganggu tumbuhan padi sawah ini yaitu sejenis rumput yang bentuknya hampir mirip tumbuhan padi. Namanya yaitu jawan kalau kami menyebutnya, atau dalam bahasa latin berjulukan " Echinochloa cruss-galli ".

Gulma tumbuhan padi ( jawan ) sangat mengganggu pertumbuhan tumbuhan padi. Bagaimana tidak mengganggu, apabila jawan sudah tumbuh disekitar tumbuhan padi, maka saat anda memupuk tumbuhan padi, maka jawan inilah yang akan menghabiskan nutrisi pupuk yang anda pupukkan. Makara tumbuhan padi yang anda tanam akan mendapat sedikit sekali pupuk, justru jawan ini yang akan subur dan tumbuh dengan baik. Akibatnya tumbuhan padi tidak akan menghasilkan padi yang baik. Maka diharapkan pengendalian gulma pada tumbuhan padi sedini mungkin.

Cara mengatasi gulma jawan pada tumbuhan padi ini sanggup kita lakukan dengan beberapa cara. Jika anda selama ini merasa jengkel dengan tumbuhnya jawan disekitar tumbuhan padi, maka jangan risau lagi alasannya kini anda sudah tahu cara mengendalikan gulma tumbuhan padi yang berjulukan jawan ini. Bahkan tidak hanya jawan saja yang teratasi, tapi gulma padi lainnya juga akan teratasi, sehingga tumbuhan padi yang anda budidayakan akan berkembang dengan baik. Berikut ini merupakan Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah yang juga merupakan pengalaman kami dalam membasmi gulma pada tumbuhan padi sawah.



Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah


1. Pencegahan

Sebelum anda menanam padi dilahan sawah, maka sebaiknya anda melaksanakan pencucian lahan sawah terlebih dahulu. Maksudnya yaitu anda melaksanakan persiapan berupa penyemprotan lahan yang akan digarap sebelum membajak sawah. Hal ini bertujuan untuk mematikan calon-calon rumput liar yang nanti sanggup tumbuh saat padi ditanam.

2. Metode penanam padi harus benar

Gulma padi sawah ini akan tumbuh subur pada lahan sawah yang metode penanamannya tidak benar. Misalnya anda menanam padi hanya menyebar benih begitu saja tanpa melaksanakan penanaman. Mungkin alasannya ingin cepat dan praktis, maka menyebar benih begitu saja akan menciptakan tumbuhan padi tumbuh dengan baik. Padahal cara tersebut justru akan mengundang gulma padi semakin banyak dan berkembang. Maka sebaiknya anda menanam padi dengan metode yang benar, kalau berdasarkan saya anda sanggup memakai metode tanam jajar legowo. Kenapa harus menanam padi memakai metode tanam jajar legowo? Jelas hal ini akan meningkatkan hasil pertanian padi anda.

3. Membersihkan gulma padi dengan cara semprot dan manual

Nah untuk membersihkan gulma padi sawah ini, anda sanggup memakai cara semprot dan juga manual yaitu mencabuti rumput yang tumbuh disekitar padi. Kalau anda memakai herbisida untuk mengendalikan gulma padi sawah ini, maka pilihlah herbisida yang baik dan gunakan dosis yang pas. Tapi bergotong-royong lebih baik anda mencabuti gulma tersebut jikalau memang tidak terlalu banyak, alasannya hal ini akan lebih baik anda lakukan dari pada anda menyemprot.

Demikian sedikit isu perihal bagaimana Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah, Mudah-mudahan isu singkat ini sanggup menambah wawasan dan pengetahuan anda, dan juga sanggup dijadikan aliran bagi anda perihal bagaimana cara gampang mencegah dan mengatasi gulma pada tumbuhan padi sawah. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment