Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, December 4, 2016

Cara Gampang Membasmi Orong-Orong Atau Anjing Tanah

Setelah membaca Artikel Tentang Hama Pertanian yaitu Anjing Tanah atau orong-orong maka untuk melengkapi artikel tersebut yaitu Mengapa serangga ini dianggap hama oleh para petani, yaitu sbb :

 


Orong-orong (Gryllotalpa africana) yang juga dikenal dengan sebutan anjing tanah itu hidup di dalam tanah. Orong-orong remaja panjangnya antara 29-31 milimeter. Hewan yang termasuk ke dalam jenis serangga ini tersebar di seluruh dunia. 

Berbeda dengan serangga pada umumnya, orong-orong mengandalkan hidupnya pada sepasang "sekop pengeruk tanah" yang ia miliki. Yang disebut dengan "sekop" ini yaitu bab badan yang terbentuk dari sepasang kaki pertamanya. Bentuk kaki ini pipih dan besar, sementara pada ujungnya terdapat gigi gepeng yang runcing. Karena bentuknya itulah maka kaki tersebut disebut sebagai kaki penggali. 

Terdapat beberapa jenis orong-orong di dunia ini. Diantaranya yang mempunyai ukuran badan agak besar disebut orong-orong besar (Gryllotalpa unispina). Jenis orong-orong ini sehabis remaja panjang tubuhnya sanggup mencapai 39-45 milimeter. Selain itu juga terdapat jenis lain yang umum dijumpai yakni orong-orong Gryllotalpa hirsuta. 

Dengan pertolongan kakinya, orong-orong tiap kali menggali terowongan yang panjang dan membangun "istana bawah tanah". Dengan kakinya yang berpengaruh itu, orong-orong mengerat dan mematahkan akar tumbuhan, tunas-tunas tumbuhan muda, semaian muda, dan lain sebagainya. 

Kebiasaan makan orong-orong cukup pelik. Yang paling utama yaitu merusak semaian muda tumbuhan padi-padian, tebu, rami, ketela dan lain-lain.

Oleh alasannya yaitu itulah, orong-orong dianggap sebagai hama yang mendatangkan banyak kerugian bagi pertanian dan perlu dimusnahkan. Cara pembasmiannya sanggup menggunakan racun serangga menyerupai Dipterex, menggunakan lampu untuk menangkapnya, dan lain sebagainya

Previous
Next Post »

Post a Comment