Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, December 20, 2016

Cara Gampang Menanam Sirih Merah Dengan Gampang Melalui Stek

Sirih merah yaitu tanaman obat keluarga yang masih sejennis dengan tanaman sirih. Tanaman obat ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat, antara lain pengobatan penyakit dalam dan penyakit yang berkaitan dengan organ tubuh. Kandungan Sirih merah yang kaya akan antioksidan dan senyawa tannin mempunyai manfaat dalam sterilisasi atau membunuh basil dan kuman.

sirih merah

Banyak cara menanam sirih merah, budidaya melalui stek dan runduk yaitu yang paling terkenal untuk perbanyakan tanaman obat ini. Bagi Anda yang mungkin ingin mencoba menanam dan budidaya sirih merah, cobalah dengan teknik stek. Cara ini yaitu cara yang paling gampang untuk pemula.

Berikut yaitu cara menanam sirih merah dengan stek. Pertama, sediakan media tanam untuk stek berupa adonan tanah dan pasir beserta kompos. Perbandingan dari tanah, kompos dan pasir yaitu 3:1:3. Setelah semua dicampur dengan rata, masukkan media yang sudah dicampur tadi ke dalam polybag yang berdiameter 10 cm yang pada bab bawahnya sudah diberi lubang drainase, atau sanggup juga memakai bekas botol atau gelas minuman air mineral.

Pilihlah batang sirih yang remaja dan tua. Lalu potong batang sirih kira – kira seukuran dua ruas. Harap jangan asal potong. Sebaiknya batang yang dijadikan bibit dan sudah diplih telah mempunyai 2 -3 lembar daun. Rendam pecahan batang yang tadi ke dalam wadah air biasa, kira-kira selama 15 menit kemudian angkat dan tiriskan. Selanjutnya masukkan benih stek ke dalam media tanam tadi yang sudah disediakan. Letakkan benih stek yang sudah ditanam di daerah yang teduh. Dengan intensitas sinar matahari kira - kira 60 persen saja.

Untuk budidaya cara runduk agak susah, yaitu pilih batang sirih yang sekiranya sudah panjang, kemudian cukup diletakan di tanah atau pada media yang sudah kita siapkan. Setelah lewat beberapa minggu, akar nantinya akan tumbuh, dan batang pun sirih siap di potong.

Stek air yaitu cara yang paling mudah. Cukup dengan memotong batang sirih, kemudian batangnya anda rendam di air biasa hingga akarnya tumbuh. Tapi cukup dengan batangnya saja yang di rendam, dan jangan dengan daun sirihnya alasannya yaitu nantinya akan terjadi pembusukan. Setelah siap, bibit stek air sanggup kita masukan pada botol bekas air mineral.

Previous
Next Post »

Post a Comment