Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, December 20, 2016

Cara Gampang Menciptakan Media Tanam Subur Untuk Tanaman Sayuran

Sayuran organik selain dibudidayakan di lahan / kebun, sanggup juga ditanam memakai media lain menyerupai pot dan polybag. Karena bentuknya yang kecil serta lebih simpel sehingga sanggup anda letakkan di daerah yang sempit sekitar rumah. hal ini sangat cocok untuk anda bila di rumah tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam sayuran / berkebun. Hasil dari budidaya sanggup dikonsumsi sendiri bahkan sanggup anda jual, untuk menjual sanggup sayuran saja atau sayuran beserta media tanamnya. Menanam sayuran memakai media pot / polybag mempunyai beberapa laba yaitu :

media tanam organik
  • Dapat berkebun dalam skala kecil / rumah tangga
  • Mudah dalam perawatan lantaran setiap tumbuhan mempunyai wadah sendiri
  • Kemungkinan penularan / penyebaran penyakit melalui akar sangat kecil, sehingga anda tidak perlu khawatir soal penyakit.
  • Menghemat pemakaian pupuk lantaran tidak terbuang secara gratis / tercecer menyerupai memakai media tanah.
  • Lebih gampang bila ingin menanam beberapa macam tanaman, jadi kebun mini anda akan lebih banyak lagi jenis sayurannya, sehingga tidak perlu lagi galau untuk mendapat sayuran sesuai selera keluarga anda.
  • Menghemat lahan lantaran sanggup ditempatkan di area yang sempit menyerupai rak bersusun.
  • Tentunya juga akan menghemat dana lantaran harganya sangat hemat selain itu anda juga akan menghemat tenaga lantaran tidak perlu capek-capek mencangkul lagi menyerupai ketika memakai media tanah.


Berikut cara menciptakan media tanam untuk sayuran :
1. Persiapan daerah serta media 
Media harus mempunyai ukuran diameter sekitar 20 s/d 30 cm serta tinggi 30 cm. media tanam harus berasal dari adonan antara tanah dengan pupuk kandang. Perbandingannya sanggup 1 : 1 / 1 : 2 / 1 : 3.
2. Pesemaian 

  1. Ukuran biji kecil, menyerupai sawi, selada, tomat, dan cabai.
  2. Wadah persemaian dari kotak kayu, pot, polibag, gelas plastik bekas, atau wadah lain, yang terpenting harus mempunyai diameter 10 cm serta usahakan wadah persemaian tidak berlubang.
  3. Jarak tanam benih persemaian yakni 1 s/d 3 cm
  4. Lama persemaian tergantung jenis tumbuhan yang sedang anda tanam.
  5. Untuk media tanam gunakan adonan pupuk kandang dengan tanah.

3. Penaman = tanam benih yang sudah disemai dulu, ketika menanam biarkan media tanam ikut terkubur.

Sekian ulasan singkat perihal cara menciptakan media tanam untuk sayuran, semoga sanggup menambah wawasan anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment