Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, December 20, 2016

Cara Merawat Flora Hias Dalam Pot Biar Rajin Berbunga

MENANAM TANAMAN HIAS DALAM POT -- Menanam tanam hias di dalam pot merupakan cara yang biasa dilakukan. Menanam tanaman hias dalam pot selain memperlihatkan keleluasaan dalam pengaturan tumbuhan juga dipilih alasannya pertimbangan lahan yang sempit, lokasi yang tidak beraturan dan lain sebagainya. Dengan menanam tumbuhan pada pot kita sanggup mengatur penempatan tumbuhan secara vertikal, menggantung atau meletakkannya dimana kawasan memungkinkan. Namun dalam menanam tanaman dalam pot harus diperhatikan aneka macam hal, semoga tanaman hias yang ditanam pada pot sanggup tumbuh baik dan subur.

Berkebun atau menanam tanaman dalam pot dilakukan untuk menanam aneka macam jenis tanaman hias. Namun sebetulnya tidak hanya tanaman hias saja yang sanggup ditanam pada media pot ini, aneka sayur-mayur dan buah juga sanggup ditanam pada pot ini.

Menanam Tanaman di dalam pot memerlukan perhatian lebih, kalau ingin balasannya bagus. Karena media tumbuh pada pot sangat terbatas, maka nutrisi makanan untuk tumbuhan sangat perlu diperhatikan. Nutrisi makanan ini perlu diperhatikan dari mulai persiapan pot, media tumbuh, hingga perawatan sehari-hari.

 Cara Menanam Tanaman Hias Dalam Pot

Berikut ini beberapa langkah yang sanggup dilakukan dalam menanam tanaman hias di dalam pot:
1. Mempersiapkan Media Tanam
Media tanam sangat penting di dalam menanam tanaman hias dalam pot, alasannya itu perlu dipersiapkan dengan  baik. Berikut persiapan media tanam dalam pot yang perlu dilakukan:
  • Letakan beberapa pecahan battu bata  (sebagai pengikat air) di dasar pot.
  • Isi pot dengan adonan tanah yang ideal untuk tiap-tiap jenis
a. Campuran umum;  pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian, 1/3 potongan pupuk kandang
b. Campuran untuk jenis suka kering; pasir ½ bagian, 1/2 potongan pupuk kandang
c. Campuran untuk jenis suka lembab: tanah ½ bagian, 1/2 potongan pupuk kandang

2. Cara Pengepotan
Pilihlah pot tanaman dan media tumbuh yang sesuai dengan tumbuhan yang akan kita potkan. Pot juga harus diadaptasi dengan kawasan dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan. Bila pot dan media yg telah disiapkan tersedia, pastikan pot mempunyai lubang drainase yang cukup. Isikan media kurang lebih 1/3 potongan pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang melekat pada tumbuhan masih ada, semoga tumbuhan tidak mengalami stres ketika menyesuaikan diri dengan media yang baru.

Tambahkan lagi media tanam, sambil tumbuhan dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media perlahan-lahan dengan ibu jari semoga tumbuhan sanggup bangun kokoh. Pot jangan diisi hingga penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot semoga gampang waktu melaksanakan penyiraman.

Setelah pengepotan selesai, siramlah tumbuhan secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih melekat sebelum diletakkan pada kawasan yang diinginkan.

3. Menyiram Tanaman Dalam Pot
Menyiram tumbuhan di dalam pot merupakan pekerjaan wajib yang harus dilakukan, kecuali tumbuhan anda terkena hujan hampir tiap hari. Akan tetapi meski ekspresi dominan penghujan anda perlu memperhatikan apakah tumbuhan di dalam pot cukup tersuplay air. Berikut ini langkah-langkah pengairan tumbuhan di dalam pot atau penyiraman tanaman dalam pot:

  • Air diberikan melalui bantalan pot. Dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam dengan melalui sistem kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu perembesan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke bantalan pot melewati lubang drainase.
  • Air diberikan eksklusif pada media tanam. Pada cara ini air sanggup disiramkan eksklusif pada permukaan media tanam atau juga sanggup melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tumbuhan secara langsung. Waktu terbaik untuk melaksanakan penyiraman tumbuhan ialah di pagi hari kira-kira jam 7 -10 atau pada waktu sore hari.

Nah itulah beberapa langkah yang sanggup dilakukan dalam menanam tanaman hias di dalam pot. Dengan perawatan dan perlakuan yang baik dan benar, tanaman hias yang di tanam di dalam pot akan mtumbuh subur dan menyenangkan.

Previous
Next Post »

Post a Comment