Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, December 23, 2016

Cara Sempurna Pemupukan Tanaman Mangga Biar Rajin Berbuah Sepanjang Musim

CARA MEMUPUK POHON MANGGA YANG TEPAT


Buat bedengan melingkar

Buah mangga merupakan jenis tumbuhan yang memerlukan nutrisi yang cukup biar terjadi proses pembungaan dan menghasilkan buah. Namun terkadang dalam proses pemupukan sering terjadi kesalahan dalam proses pelaksanaan sehingga hasil pemupukan tidak maksimal. Berikut ini merupakan cara memupuk yang baik tanaman buah mangga:

1. Buat bedengan mengelilingi tanaman. Pemupukan dengan hanya menaburkan pupuk disekitar tumbuhan tanpa dibuatkan bedengan maka pupuk yang larut pada ketika dilakukan penyiraman arah alirannya tidak teratur dan belum tentu mengarah ke akar tanaman, terkadang hanya melalui permukaan tanah.


Pemupukan melingkar tepian bedengan

2. Perhatikan jangkauan serapan akar. Untuk jenis tumbuhan berakar tunjang menyerupai tanaman buah mangga, faktor posisi pemupukan sangat penting! Yaitu posisi terbaik peletakan pupuk yaitu pada diameter luar batang tumbuhan yang terdapat daun. Kenapa posisi tersebut yang dipilih yaitu sebab pada posisi tersebut merupakan wilayah perakaran tumbuhan yang melaksanakan absorpsi nutrisi yang paling baik.(untuk lebih jelasnya, perhatikan photo).

3. Gunakan pupuk yang mengandung Nitrogen (N) dan Phosfor yang cukup. Kegunaan Nitrogen (N) yaitu untuk merangsang pembungaan dan Phosfor dipakai untuk memperkuat calon buah biar tidak rontok. Pemupukan dengan jenis pupuk yang tidak mengandung dua unsur tersebut maka kesudahannya tidak akan baik dan tumbuhan akan sulit berbunga.


4. Lakukan penyiraman terpola yang baik. Penyiraman merupakan syarat dasar biar tumbuhan sanggup tumbuh dan berbuah. Penyiraman yang baik yaitu dengan memperhatikan kadar keasaman air yang dipakai dan juga tingkat kelembaban tanah yang akan disiram. Jika kondisi tanah sudah lembap sebaiknya penyiraman tidak dilakukan biar tidak terjadi pembusukan akar tanaman.

Previous
Next Post »

Post a Comment