Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, December 20, 2016

Panduan Lengkap Cara Merawat Semua Jenis Anggrek Rajin Berbunga

 Merawat tumbuhan Bunga anggrek tidaklah sesulit menyerupai yang dibayangkan Panduan Lengkap Cara Merawat Semua Jenis Anggrek Rajin Berbunga
JENIS-JENIS BUNGA ANGGREK -- Merawat tumbuhan Bunga anggrek tidaklah sesulit menyerupai yang dibayangkan. Secara umum supaya anggrek sanggup tumbuh dengan baik, kita harus "meniru" kondisi dimana anggrek tersebut hidup di habitatnya. Sedangkan anggrek bibit unggul (hasil persilangan) lebih gampang mengikuti keadaan daripada induknya dan lebih toleran terhadap lingkungan yang berbeda. Karena itu kunci keberhasilan menanam anggrek yaitu bagaimana mengkondisikan tumbuhan dan lingkungannya menyerupai habitat hidup aslinya.

Memelihara anggrek perlu kesabaran yang tinggi. Ada yang sesudah dirawat 3-4 tahun kemudian gres berbunga. Ada yang dikala dirawat secara khusus tidak mau berbunga, tetapi dikala dibiarkan tumbuh apa adanya malah rajin berbunga.

Anggrek termasuk tumbuhan yang kecepatan pertumbuhannya relatif lambat. Kecepatan pertumbuhan juga berbeda untuk masing2 jenis anggrek. Hal itu yang kadang2 menyebabkan pemula yang kurang sabar menjadi "putus asa" ditengah jalan alasannya yaitu sesudah beberapa bulan anggrek yang dipelihara belum menawarkan pertumbuhan yang berarti. Berbeda dengan tumbuhan lain yang dalam beberapa bulan mungkin sudah berbunga banyak. Bagi pemula dalam menanam bunga anggrek disarankan menanam anggrek yang gampang perawatannya yaiitu Dendrobium.

Jenis-Jenis Bunga Anggrek Berdasar  Tipe Pertumbuhannya

Berdasarkan tipe pertumbuhannya Anggrek terbagi menjadi 2 kelompok yaitu :

Monopodial
Anggrek ini hanya mempunyai satu batang dan satu titik tumbuh saja. Bunganya tumbuh dari ujung batang. Anggrek ini sanggup diperbanyak dengan stek batang dan biji. contoh: Vanda sp., dan Phalaenopsis sp. (Anggrek Bulan).

Simpodial
Anggek ini mempunyai lebih dari satu titik tumbuh. Tunas gres muncul dari sekitar batang utama. Bunga sanggup muncul di pucuk atau sisi batang, tetapi ada juga yang muncul dari akar tunggalnya. Batangnya menyimpan air cadangan masakan atau di sebut umbi semu. Anggrek ini sanggup diperbanyak dengan cara split, pemisahan keiki, dan biji. Contoh: Dendrobium sp., Cattleya sp.

Jenis Anggrek Berdasar Tempat Tumbuh

erdasarkan kawasan tumbuhnya Anggrek terbagi menjadi :

Anggrek Epifit

Anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tumbuhan inangnya dan membutuhkan naungan dari cahaya matahari. Akar anggrek menyerap masakan dari air hujan, kabut dan udara sekitar. Contoh : Cattleya sp., Dendrobiumsp.,

Anggrek Terestial
Anggrek yang tumbuh di tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung. akarnya mengambil masakan dari tanah.

Anggrek Saprofit

Anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering, serta menbutuhkan sedikit cahaya matahari. Jenis ini tidak mempunyai daun dan klorofil. Contoh : Goodyera sp.

Anggrek Litofit
Anggrek yang tumbuh pada batu-batuan atau tanah berbatu, dan tahan terhadap cahaya matahari penuh. Anggek ini mengambil masakan dari hujan, udara, humus. Contoh : Paphiopedilum sp.

Cara Merawat Anggrek

Anggrek merupakan tumbuhan yang mempunyai jenis yang sangat banyak, bahkan konon merupakan tumbuhan yang mempunyai jenis yang paling banyak. Dalam merawat dan menanam tumbuhan anggrek cara perawatannta juga diubahsuaikan dengan masing-masing jenis. Misalnya saja berdasar kawasan tumbuh , kebutuhan sinar matahari dan lain sebagainya..

Secara umum Cara merawat anggrek yaitu sebagai berikut:

1. Penempatan Tanaman Anggrek
Anggrek tidak membutuhkan sinar matahari penuh, hanya 20% saja. Sehingga tumbuhan anggrek  perlu naungan, kecuali anggrek jenis tertentu. Naungan sanggup dengan paranet atau di tempatkan di bawah pohon rindang.

2. Sirkulasi udara
 Anggrek memerlukan sirkulasi udara yang cukup baik untuk pertumbuhan tumbuhan anggrek . Semakin baik sirkulasi udara dalam nursery, pertumbuhan tumbuhan anggrek akan semakin bagus.bahkan sebagian orang yang master perihal budidaya anggrek ada yang memasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban.

3. Penyiraman Tanaman Anggrek

Penyiraman tumbuhan anggrek dilakukan dua kali sehari, untuk waktu penyiraman yang baik yaitu sekitar jam 07.00 - 09.00 dan sore harinya 16.00-18.00. Penyiraman sebaiknya eksklusif kearah akar dan memakai air yang bersih, tidak terkontaminasi limbah kimia apalagi memakai air kopi panas, nanti sanggup ancaman terhadap tumbuhan anggreknya hehehe.

4. Penyemprotan Insektisida
Untuk  menjaga serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida seminggu sekali. Nah untuk Penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari.

5. Pemupukan Anggrek
 Karena Tumbuhan juga perlu makan menyerupai kita – kita ini, jadi kasih deh tumbuhan anggrek dengan masakan dan nutrisi yaitu dengan melalui cara pemupukan yang teratur. Pupuk yang diharapkan yaitu pupuk yang kaya akan kandungan kalsium (Ca), Phospor (P), dan Kalium (K) untuk brand dan jenis pupuknya banyak tersedia dalam aneka macam merek. Pemberian pupuk dilakukan rutin satu ahad sekali.

Pemberian pupuk dengan cara pupuk dilarutkan dahulu dengan air kemudian disiramkan.  Hati-hati memakai pupuk kimia utnuk tumbuhan keras, takaran yang terlalu tinggi akan menyebabkan anggrek mati.

Nah itu yaitu aneka macam jenis anggrek dan cara merawat anggrek secara umum. Untuk lebih detail masing-masing jenis anggrek memerlukan perawatan dan perlakuan yang sedikit berbeda.

Previous
Next Post »

Post a Comment