Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, January 7, 2017

3 Cara Mencegah Buah Mangga Biar Tidak Sering Amis Di Pohon

Buah mangga ialah buah yang banyak diminati oleh semua kalangan, mulai dari belum dewasa sampai orang dewasa. Memang buah mangga ini mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh buah lainnya yaitu baunya yang wangi dan menyegarkan. Disamping itu buah mangga merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi sebab banyak mengandung serat. Serat sangat dibutuhka oleh badan kita guna memperlancar sistem pencernaan. Namun yang menjadi problem disini ialah seringnya kita menjumpai buah mangga yang busuk dan tidak sanggup dimakan. Apa bergotong-royong yang menjadikan buah mangga menjadi busuk? Ada kalanya kita sering menjumpai buah mangga yang diluarnya mulus dan cantik, namun ketika dibelah ternyata serpihan dalamnya busuk dan banyak ulatnya. 

Buah mangga ialah buah yang banyak diminati oleh semua kalangan 3 Cara Mencegah Buah Mangga Agar Tidak Sering Busuk di Pohon

Cantik tampak diluar tapi dalamnya busuk..he..he..apa itu ya..? Pernah anda mendengar kata tersebut? Hayoo..pasti anda berpikir yang bukan-bukan nih. Maksud admin disini ialah mau menyebut istilah untuk si buah mangga ini lho. Coba jikalau kalian pernah mengalami hal menyerupai ini, beli mangga udah harganya mahal, tampak dari luar sih oke, mulus dan elok pula, tapi ketika dibelah serpihan dalamnya waduh..kok banyak ukirannya yah..Itu tuh kerjaannya si ulat pengerek buah. Jadinya kita gagal deh menikmati buah mangga yang harum dan manis gara-gara ulah si ulat. Lantas apa bergotong-royong maksud si ulat kok pake masuk dalam buah mangga kita dan mendahului untuk memakannya? Tidak lain penyebab ulat penggerek masuk dalam buah ialah untuk bersarang dan mencari makan. Lalu lewat mana ya si ulat tersebut masuk dalam buah mangga? Padahal jikalau kita perhatikan serpihan kulit luar buah mangga sih mulus dan tidak cacat? hayo..ada yang pada tahu tidak lewat mana si ulat sanggup masuk dalam buah mangga? Pasti gak ada yang tahu kan..? Nih admin kasih tahu ya lewat mana si ulat jahat sanggup masuk dan bersarang dalam buah mangga tanpa merusak serpihan luar buah mangga, sehingga patut disebut sebagai penyebab buah mangga sering busuk.

Ulat penggerek bergotong-royong sanggup masuk dalam buah mangga semenjak buah mangga masih dalam masa berbunga. Itu fakta pertama, dan selanjutnya sanggup jadi si ulat masuk lewat larva, sebab pada mulanya dia ialah larva kecil yang sanggup masuk lewat pori-pori buah mangga dan membesar didalam menjadi ulat. Fakta ketiga ialah biasanya buah mangga yang disentuh oleh kumbang, atau jikalau bahasa kami menyebutnya " di entup kumbang " sampai kesudahannya membusuk dan menjadi ulat. Atau sanggup juga buah mangga disentuh lalat buah yang kesudahannya sanggup busuk. Makara penyebab buah mangga sering busuk serpihan dalamnya ialah sebab serangan hama ulat penggerek, lalat buah, selain itu ada juga faktor alam yang kurang bersahabat.

Setelah kita tahu penyebab buah mangga sering busuk, terus bagaimana cara mencegah biar buah mangga tidak busuk? Ada yang tahu apa solusi untuk mencegah biar buah mangga tidak praktis busuk oleh ulat penggerek. Kalau tidak ada yang tahu maka sudah pasti akan berikan solusinya.

Cara mencegah buah mangga biar tidak busuk


Adapun cara melaksanakan pencegahan supaya buah mangga yang sudah kita budidayakan tidak praktis busuk, maka perlu dilakukan kiat-kiat berikut ini.

1. Lakukan penyemprotan dengan insektisida. Cara paling praktis dan praktis untuk mencegah biar buah mangga tidak diserang hama dan penyakit, dalam hal ini penyebabnya ialah ulat penggerek, jadi lakukan penyemprotan dengan insektisida pada dikala buah mangga mulai berbuah. Lakukan penyemprotan rutin 1-2 kali dalam seminggu dengan kadar yang sudah ditetapkan dalam kemasan insektisida.

2. Membungkus buah mangga yang sudah mulai besar dengan bungkus plastik biar mencegah hama tidak sanggup menyentuhnya, menyerupai kumbang atau tawon, kepik,lalat buah, dan lain-lain.

3. Membersihkan lingkungan tepatnya lokasi disekitar pohon mangga biar tidak menjadi sarang hama dan penyakit. Jika lingkungan disekitar kita dan disekitar tanaman buah mangga bersih, maka hal itu sanggup meminimalisir terjadi gangguan hama dan penyakit pada buah mangga.

Itulah 3 hal yang sanggup menegah biar buah mangga tidak praktis busuk. Mudah-mudahan artikel perihal Buah Mangga Busuk, Penyebab dan Cara Mencegahnya ini sanggup menawarkan manfaat dan ilmu pengetahuan bagi anda semua. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment