Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, January 7, 2017

Panduan Lengkap Cara Gampang Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot Hasil Berlimpah

Budidaya jambu kristal didalam pot merupakan alternatif yang sanggup dilakukan untuk mengembangbiakkan jambu kristal. Metode penanaman jambu biji jenis jambu kristal ini bahu-membahu ada banyak, salah satu cara paling gampang dan membuahkan hasil yang maksimal yaitu dengan menanamnya didalam pot. Kenapa menentukan menanam jambu kristal dalam pot? Salah satu keunggulan budidaya jambu kristal dalam pot yaitu untuk meningkatkan kualitas buah jambu. Karena menanam jambu didalam pot akan menciptakan tumbuhan mendapat pasokan nutrisi yang banyak. Jambu kristal ini sendiri yaitu salah satu varietas dari sekian banyak jambu yang sanggup dibudidayakan.

Untuk membudidayakan jambu kristal didalam pot ini anda hanya perlu menyiapkan beberapa materi menyerupai pot atau sanggup juga kolam mandi yang berukuran besar, atau bekas drum minyak yang dipotong menjadi dua bagian. Kemudian anda juga harus mempunyai bibit jambu kristal yang unggul. Kenapa harus unggul? Jelas supaya hasil buah juga akan unggul dan berkualitas. Adapun tips menanam jambu kristal didalam pot sanggup anda simak penjelasannya dibawah ini.

budidaya-jambu-kristal-dalam-pot.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">Budidaya jambu kristal didalam pot merupakan alternatif yang sanggup dilakukan untuk mengemba Panduan Lengkap Cara Praktis Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot Hasil Berlimpahbudidaya-jambu-kristal-dalam-pot.jpg" title="Panduan Lengkap Cara Praktis Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot Hasil Berlimpah" width="400" />
Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot
budidaya-buah-jambu-kristal.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">Budidaya jambu kristal didalam pot merupakan alternatif yang sanggup dilakukan untuk mengemba Panduan Lengkap Cara Praktis Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot Hasil Berlimpahbudidaya-buah-jambu-kristal.jpg" title="Panduan Lengkap Cara Praktis Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot Hasil Berlimpah" width="400" />
Buah jambu kristal



Cara Budidaya Jambu Biji Kristal


Sebenarnya Budidaya Jambu Kristal hampir sama dengan menanam tanaman buah lainnya. Namun untuk membudidayakan Jambu Kristal kita tidak harus mempunyai pekarangan atau lahan yang luas. Namun bila anda mempunyai lahan yang luas, maka itu akan lebih baik. Bagi anda yang hobi dan suka menanam tanaman buah didalam pot, maka budidaya jambu kristal didalam pot ini sangat cocok untuk anda coba.

Syarat Tumbuh Jambu Kristal


Kondisi Iklim

  • Budidaya jambu kristal ini sangat membutuhkan kondisi iklim yang bagus. Angin sangat berperan penting dalam penyerbukan bunga, tapi angin yang baik untuk penyerbukan yaitu angin dengan kekuatan sedang, bila angin terlalu kencang maka akan menjadikan kerontokan pada bunga jambu kristal.
  • Tanaman jambu kristal termasuk tumbuhan untuk tempat tropis, namun sanggup juga tumbuh pada tempat sub-tropis yang mempunyai intensitas curah hujan antara 1000-2000 mm/tahun.
  • Suhu yang diharapkan tumbuhan jambu kristal biar sanggup tumbuh, berkembang dan berbuah dengan optimal yaitu sekitar 23-28°C pada siang harinya. Selain itu penyinaran matahari juga harus diperhatikan, alasannya yaitu bila tumbuhan jambu kristal ini kekurangan sinar matahari akan menjadikan tumbuhan menjadi kurang tepat dalam pertumbuhan (kerdil).
  • Kelembaban udara harus rendah pada sekeliling tanaman, alasannya yaitu bila udara mempunyai kelembaban yang cukup rendah, alasannya yaitu kondisi ini sangat cocok untuk pertumbuhan tumbuhan jambu kristal ini.

1. Tahap Pemilihan bibit

Untuk tahap ini anda sanggup menentukan sendiri, bibit mana yang akan anda gunakan. Bisa memakai bibit dari hasil cangkok dan stek, kemudian sanggup juga anda gunakan bibit yang berasal dari biji langsung. Sebaiknya anda gunakan bibit hasil dari cangkok atau stek alasannya yaitu terperinci kualitasnya, lebih-lebih anda tahu seluk beluk tumbuhan jambu kristal tersebut. Jika tidak mau repot mencangkok, kini sudah banyak orang yang menjual bibit hasil cangkok, jadi anda sanggup membelinya langsung.

2. Siapkan Media

Media yang kita gunakan yaitu pot, atau drum bekas minyak yang sudah dibelah dua. Kemudian anda isikan dengan tanah yang dicampur sekam padi dan kotoran kambing. Untuk perbandingannya yaitu 1 belahan sekam padi dan 1 belahan kotoran kambing, kemudian 1 belahan tanah. Isi pot tersebut dengan ketiga materi diatas. Untuk kotoran kambing sebaiknya jangan anda gunakan yang masih berair biar tidak panas dan menjadikan tumbuhan mati.

3. Tahap Menanam Jambu Kristal

Setelah semua materi siap, kini saatnya anda tanamkan bibit jambu kristal didalam pot. Untuk menanamnya saya rasa anda semua sudah tahu tehniknya. Karena menanam jambu kristal ini sama saja dengan menanam tumbuhan lainnya.

4. Perawatan

Setelah bibit ditanam, maka anda harus merawat tumbuhan jambu kristal dengan baik, beri pupuk tambahan, sirami setiap pagi dan sore hari, atur suhu tumbuhan biar terkena cahaya matahari secara maksimal, kendalikan hama penyakit. Jika perlu lakukan penyemprotan hama penyakit.

Setelah semua proses anda lakukan dengan baik, maka anda niscaya akan berhasil dalam budidaya jambu kristal dalam pot. Itulah Cara Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot, mudah-mudahan bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment