Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, January 7, 2017

3 Cara Jitu Dan Gampang Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Oyong / Gambas

Mengatasi Hama dan Penyakit pada tumbuhan merupakan hal yang masuk akal dilakukan jikalau kita melaksanakan budidaya tanaman. Karena biasanya dalam melaksanakan budidaya tanaman, niscaya duduk masalah yang dihadapi ialah hama dan penyakit. Seperti halnya tumbuhan gambas, tentu akan mengalami duduk masalah menyerupai terserang hama dan penyakit.

Gambas atau biasa juga disebut oyong, dalam bahasa latinnya ( Luffa acutangula ) ialah salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan masyarakat. Pembudidayaan gambas sanggup dilakukan dikebun atau pekarangan, juga lebih baik jikalau ada lahan yang luas. Tanaman gambas ini mempunyai masa panen yang singkat dan cepat. Gambas biasanya akan dijadikan sayuran dan tentunya mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi.

Didalam melaksanakan budidaya gambas, sudah tentu hal yang menjadi duduk masalah ialah adanya serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit pada tumbuhan gambas ini biasanya akan menyerang pada daun gambas. Contoh hama tumbuhan gambas ini seperti, kumbang daun, ulat grayak, lalat buah, dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan share sedikit warta wacana bagaimana cara mengatasi hama penyakit pada tumbuhan gambas.

Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Gambas


1. Lakukan Penyemprotan Hama dan Penyakit
Agar tumbuhan gambas terhindar dari hama dan penyakit, langkah yang harus anda lakukan ialah menyemprot atau membasmi hama penyakit dengan produk pembasmi hama dan penyakit. Anda sanggup membeli ditoko pertanian sudah banyak yang menjualnya.

Untuk Hama jenis Kumbang Daun

Hama Kumbang Daun Pada Tanaman Gambas
Hama kumbang daun ini biasanya akan menyerang bab daun dari tumbuhan gambas. Tanda-tandanya ialah daun akan berlubang, awalnyasedikit dan lama-lama menjadi banyak. Jika tidak segera ditanggulangi maka sanggup menjadikan tumbuhan gambas menjadi tidak maksimal dalam pertumbuhan dan menghasilkan buah.

Cara menanggulanginya :
  • Dengan cara kimiawi : yaitu melaksanakan penyemprotan dengan insektisida, menyerupai Decis 2, EC atau sanggup juga yang 500 EC. Pemakaian sanggup dilakukan sesuai proposal dalam kemasan.
  • Dengan cara non-kimiawi : yaitu dengan cara mengatur waktu tanam serempak dan pergiliran ( rotasi ) tumbuhan dengan tumbuhan lain yang bukan inang utama kumbang. ( sumber dari ruangtani.com).
2. Rajin Memberi Nutrisi Bagi Tanaman Gambas
Agar tumbuhan kebal terhadap hama dan penyakit, maka rajinlah anda beri nutrisi pada tumbuhan gambas. Untuk nutrisi yang baik anda sanggup cari ditoko pertanian niscaya sudah banyak yang menjualnya. Dengan memperlihatkan nutrisi tersebut, maka tumbuhan akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

3. Berikan Perawatan Intensif
Langkah yang harus anda lakukan supaya tumbuhan gambas tidak diserang oleh hama dan penyakit ialah dengan merawatnya secara intensif. Jangan setengah-setengah dalam menanam gambas jikalau ingin mendapat hasil yang baik.

Mungkin ketiga hal diatas jikalau anda terapkan dengan baik, maka tumbuhan gambas anda tidak akan diserang hama dan penyakit. Mudah-mudahan warta ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment