Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Monday, January 16, 2017

Tanaman Hasil Mencangkok Memiliki 4 Kelebihan Dan Kekurangan Mau Tau?

Mencangkok yaitu salah satu proses pembiakan vegetatif buatan yang tujuannya untuk memperbanyak tanaman, selain itu tumbuhan hasil cangkokan juga akan mempunyai sifat yang sama dengan pohon induknya, serta cepat menghasilkan buah. Mencangkok ini sangat aneka macam keuntungannya bagi tanaman. Selain itu manfaat mencangkok juga berkhasiat bagi kita biar hasil dari budidaya semakin baik dan berkualitas. Perlu anda ketahui bahwa dengan mencangkok, sama saja anda melaksanakan pengembangan tumbuhan menjadi lebih unggul. Karena biasanya pohon yang akan dicangkok yaitu tumbuhan yang tentunya sudah berbuah dan tumbuhan tersebut yaitu tumbuhan terbaik. Biasanya sebelum kita mencangkok, maka pemilihan pohon yaitu hal yang menentukan keberhasilan dalam mencangkok. Jika pohon yang dicangkok termasuk pohon yang unggul dan berkualitas, maka hasil cangkokan nanti juga akan ibarat indukannya, tetapi kalau pohon induk yang akan dicangkok termasuk pohon yang tidak berkualitas, maka sanggup dipastikan hasil cangkokan juga tidak akan berkualitas.
Mencangkok yaitu salah satu proses pembiakan vegetatif buatan yang tujuannya untuk memper Tanaman Hasil Mencangkok Mempunyai 4 Kelebihan dan Kekurangan Mau tau?
Tidak semua jenis tumbuhan sanggup dicangkok, tumbuhan yang sanggup di cangkok hanyalah tumbuhan berjenis dikotil serta tumbuhan biji terbuka. Tanaman yang biasanya sering dicangkok yaitu tumbuhan jenis buah-buahan. Ada banyak jenis tanaman buah yang sanggup kita cangkok, mirip pohon jeruk, pohon jambu, pohon durian, rambutan, mangga, dan lain sebagainya. Lalu apa saja kelebihan dari tumbuhan hasil cangkok ini? Selain itu apakah ada kelemahan dari tumbuhan hasil dari mencangkok? Kalau kita bicara manfaat mencangkok sudah niscaya sangat banyak, berikut ini  akan bagikan beberapa manfaat mencangkok tanaman.


Kelebihan Tanaman Hasil Cangkokan


1. Tanaman cepat berbuah

Tanaman hasil cangkokan mempunyai keunggulan yaitu cepat berbuah bila dibanding dengan tumbuhan yang berasal dari biji. Karena tumbuhan hasil cangkokan kita dapatkan dari pohon induk yang pernah berbuah, jadi akan cepat untuk berbuah.

2. Tingkat keberhasilan sangat tinggi

Jika anda menentukan menanam tumbuhan hasil cangkokan, maka sanggup aku pastikan anda akan cepat berhasil dalam melaksanakan pembudidayaan tumbuhan tersebut. Berbeda kalau anda menentukan menanam dengan menanamkan bijinya langsung, akan kecil kemungkinan untuk berhasil.

3. Tanaman mempunyai sifat yang sama dengan tumbuhan induknya

Manfaat mencangkok juga akan mempunyai fungsi yaitu sifat tumbuhan akan ibarat sifat indukannya. Makara kalau anda ingin mempunyai tumbuhan yang sama dengan tumbuhan induknya, hasil buahnya juga sama, rasa buahnya juga sama, maka mencangkok yaitu salah satu alternatifnya.

4. Tanaman tidak terlalu tinggi

Tanaman hasil cangkokan biasanya akan rendah dibanding tumbuhan yang bukan hasil cangkokan. Meskipun masih sangat rendah, tumbuhan hasil cangkokan ini juga sanggup berbuah lebat. Makara akan menciptakan tumbuhan semakin indah dan menarik.

Namun disamping ada manfaat atau laba dari mencangkok tumbuhan ini, niscaya ada juga kelemahan atau kekurangannya. Berikut ini merupakan beberapa kelemahan dari tumbuhan hasil cangkokan.

Kelemahan Tanaman Hasil Cangkok


1. Tanaman gampang roboh bila ada angin kencang

Kelemahan tumbuhan hasil cangkokan yaitu tumbuhan akan gampang untuk roboh apabila terkena topan kerana mempunyai akan tunggang. Berbeda dengan tumbuhan berakar serabut.

2. Tanaman tidak tahan kering pada ekspresi dominan kemarau

Kelemahan tumbuhan hasil acngkokan selanjutny yaitu tumbuhan tersebut tidak tahan apabila ekspresi dominan kemarau datang. Makanya dibutuhkan penyiraman rutin biar tumbuhan tidak mati.

3. Tanaman induk tajuknya cepat rusak

Kerugian lainnya yaitu tumbuhan induk akan menjadi rusak alasannya yaitu banyaknya cabang yang dipotong. Sehingga sanggup saja tumbuhan induk cepat mati.

4. Terbatasnya jumlah cangkokan pada tumbuhan induk

Tanaman yang dicangkok dihentikan melebihi batas yang ditentukan, hanya beberapa batang saja alam satu pohon induk, sehingga apabila anda ingin memperbanyak tumbuhan dalam jumlah besar tidak sanggup dengan cara mencangkok.

Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan, mudah-mudahan gosip ini sanggup menambah wawasan anda semua dibidang pertanian maupun perkebunan.

Previous
Next Post »

Post a Comment