Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Monday, June 19, 2017

Apa Penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus?

Penyebab lahan pertanian menjadi tandus ini sanggup disebabkan oleh beberapa faktor. Jika lahan pertanian tandus tidak segera diatasi, maka kesannya akan menjadikan aneka macam duduk perkara dalam pertanian, menyerupai hasil pertanian menjadi tidak maksimal. Tanah yang tandus merupakan salah satu duduk perkara yang sering menimpa para petani. Bagaimana tidak? Usaha pembudidayaan pertanian dan perkebunan menjadi kurang maksimal dan bahkan sanggup jadi tidak maksimal lantaran kondisi dan tekstur tanah yang tidak bagus. Maka dari itu dibutuhkan penanganan khusus atau tips bagaimana cara menciptakan tanah tandus menjadi subur kembali. Sehingga lahan pertanian masih sanggup terus dipakai untuk mengolah dan menyebarkan hasil pertanian. 
Penyebab lahan pertanian menjadi tandus ini sanggup disebabkan oleh beberapa faktor Apa Penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus?
Lalu apa bekerjsama tanah tandus tersebut dan apa pula penyebab tanah menjadi tandus? Secara umum sanggup dikatakan bahwa tanah tandus ialah tanah yang tidak sanggup mendukung berjalannya proses produksi pertanian dan perkebunan. Hal ini lantaran tanah tersebut tidak mempunyai cukupan unsur hara atau tidak mengandung unsur hara sama sekali sehingga tidak sanggup dipakai untuk bercocok tanam. Adapun penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus ini sanggup terjadi lantaran hal-hal berikut ini.



Penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus


1. Penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan

Pupuk anorganik atau biasa kita kenal dengan sebutan pupuk kimia, merupakan pupuk yang dibentuk dengan materi kimia. Memang dalam hal produksi hasil pertanian sanggup meningkatkan hasil pertanian menjadi lebih baik, namun dibalik meningkatnya hasil panen pertanian, efek jelek akan terjadi pada tanah atau lahan pertanian. Semakin usang kondisi tanah akan semakin keras dan unsur hara akan berkurang. Dengan demikian usang kelamaan tekstur tanah akan menjelma keras dan tandus. Makanya disarankan untuk tidak berlebihan dalam memakai pupuk kimia, sebaiknya dibarengi juga dengan penggunaan pupuk hayati atau organik.

2. Banyak sampah yang susah untuk dihancurkan oleh organisme tanah

Penyebab tanah menjadi tandus selanjutnya ialah lantaran pada tanah tersebut banyak tumpukan sampah yang sulit dihancurkan oleh mikro organisme tanah, sehingga tanah akan menjadi keras dan tandus. Sampah menyerupai plastik,logam, besi dan sejenisnya akan mengurangi unsur hara pada tanah. Maka dari itu sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan, terutama pada lahan pertanian.

3. Lahan jarang digarap

Jika anda mempunyai lahan pertanian yang sudah usang tidak digarap atau diolah menjadi lahan pertanian, maka aku yakin tekstur tanah tersebut akan menjadi keras dan tandus. Berbeda kalau lahan tersebut sering dipakai untuk menanam tanaman, setidaknya tanah tersebut akan dibolak-balikkan sehingga tidak akan menjadi keras dan justrus gembur.

Itulah beberapa Penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus, mudah-mudahan isu singkat ini bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda semua.

Previous
Next Post »

Post a Comment