Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, June 20, 2017

Begini Jenis-Jenis Buah Matoa Papua

 Buah Matoa (Pometia pinnata) merupakan salah satu tanaman buah yang berasal dari kawasan Papua dan menjadi buah khas dari papua. Tanaman ini termasuk flora yang berjenis pohon besar dan tinggi. Tahukah anda bahwa tinggi tanaman buah matoa ini sanggup mencapai rata-rata 18 meter lho. Bayangkan menyerupai apa tingginya ya..Namun seiring berkembangnya teknologi dunia pertanian, kini tanaman buah matoa ini sudah tidak lagi tinggi, pohonnya pendek saja kini sudah mulai berbuah, alasannya ini hasil dari cangkokan jadi lebih unggul dan berkualitas. Namun pada umumnya buah matoa ini akan berbuah hanya sekali dalam setahun sobat. Kaprikornus bagi anda pecinta buah matoa harus sabar menunggu tiap tahun dimusim buahnya. Buah matoa biasanya akan mulai berbunga pada bulan-bulan Juli hingga dengan Oktober. Setelah 3 hingga 4 bulan sejak berbunga, akan mulai berbuah.
 merupakan salah satu <b><a href=tanaman buah yang berasal dari kawasan Papua dan menjadi buah khas da Begini Jenis-Jenis Buah Matoa Papua " src="https://williamsnursery.files.wordpress.com/2015/06/buah-matoa.png" />

Untuk jenis-jenis buah matoa ini sendiri, didaerah papua sesungguhnya hanya dikenal 2 jenis matoa saja, yakni Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Adapun ciri-ciri yang membedakannya ialah terdapat pada bab tekstur buahnya. Matoa Kelapa mempunyai ciri-ciri yaitu daging buah kenyal menyerupai daging buah rambutan, mempunyai diameter buah sekitar 2,2 cm hingga 2,9 cm dan diameter biji nya sekitar 1,25 cm hingga 1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda mempunyai ciri-ciri yaitu daging buahnya agak lembek dan lengket, mempunyai diamater buah sekitar 1,4 cm hingga 2,0 cm. Kemudian kalau dilihat dari jenis warna buahnya, baik itu Matoa Kelapa maupun Matoa Papeda akan sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu matoa merah, kuning, dan hijau.

Mungkin itulah sedikit gosip wacana jenis-jenis buah matoa papua, mudah-mudahan gosip singkat ini sanggup menambah wawasan anda dibidang pertanian dan perkebunan.

Previous
Next Post »

Post a Comment