Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Monday, June 19, 2017

Cara Efektif Menciptakan Semoga Padi / Gabah Cepat Kering

Padi merupakan komoditas pangan yang menjadi salah satu materi penting dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Karena dengan adanya padi/gabah ini nantinya akan dijadikan beras dan dimasak menjadi nasi yang selama ini kita konsumsi sebagai makanan pokok. Sudah menjadi hal biasa bagi para petani padi yang membudidayakan padi, baik padi sawah maupun padi darat. Didalam menanam dan membudidayakan padi tersebut, tentunya membutuhkan banyak kerja keras para petani dalam meningkatkan hasil panen padi mereka. Jika hasil panen padi meningkat, maka sudah niscaya kebutuhan pangan juga akan meningkat lebih baik. 

Untuk meningkatkan hasil panen padi sawah ini pastinya para petani akan terus berusaha sebaik mungkin biar hasil panen padi benar-benar sesuai dengan apa yang diperlukan selama ini. Ketika memasuki masa panen, maka sesudah proses acara pemanenan padi sawah final dilakukan, baik secara manual maupun pemanen memakai mesin pertanian, maka saatnya padi dikeringkan biar nantinya sanggup digiling menjadi beras. Adapun hambatan yang biasanya dihadapi para petani padi ialah ketika waktunya menjemur atau mengeringkan padi, kondisi cuaca tidak mendukung, ibarat mendung dan hujan. Jika demikian, maka hal ini sanggup menjadikan padi atau gabah yang gres saja dipanen akan mengalami penurunan kualitas sebab tidak eksklusif dijemur atau dikeringkan. Akibatnya beras nantinya akan gampang patah dan hancur ketika digiling. Untuk mengatasi hal itu, maka disiniakan bagikan beberapa tips bagaimana Cara Agar Padi/Gabah Cepat Kering. Sehingga dengan adanya tips ini, meskipun animo hujan para petani tetap sanggup mengeringkan padi/gabah mereka tanpa hambatan. Silahkan simak penjelasanya berikut ini.


Cara Agar Padi/Gabah Cepat Kering


1. Jemur padi diterik matahari

Mungkin hal ini sudah menjadi hal umum dan semua petani juga tahu kalau cuaca panas niscaya sangat mendukung acara penjemuran atau pengeringan padi. Maka dari itu jikalau cuaca mendukung, maka jemurlah padi diterik matahari hingga beberapa hari hingga padi benar-benar kering dan sanggup digiling. Karena panas matahari akan mempercepat padi mengering dan sanggup untuk digiling.


2. Angin-anginkan padi/gabah

Jika cuaca kurang mendukung, maka kita sanggup melaksanakan pengeringan dengan cara menganginkan padi biar sanggup kering. Meskipun cuaca kurang mendukung, tetapi padi harus tetap dijemur biar tidak menjamur sebab berair dan pengap.


3. Jemur padi dilantai semen

Padi merupakan komoditas pangan yang menjadi salah satu materi penting dalam memenuhi kebut Cara Efektif Membuat Agar Padi / Gabah Cepat Kering
Gambar petani menjemur padi dilantai biar cepat kering

 

Tujuan menjemur padi dilantai semen ini ialah biar padi cepat kering, berbeda jikalau anda memakai bantalan ibarat goni. Panas matahari yang eksklusif mengenai ubin atau lantai semen akan mengakibatkan panas yang berganda, sehingga jikalau padi dijemur dilantai semen tersebut akan cepat keringnya. Anda cukup meratakan dan membolak-balikkan sebentar dan tunggu beberapa saat. Biasanya satu hari padi sudah sanggup kering sempurna.


4. Keringkan dengan memakai mesin

Cara mengeringkan padi/gabah dengan cepat selanjutnya tentunya memakai mesin pengering padi. Namun cara ini hanya sanggup dilakukan bagi mereka yang mempunyai banyak uang untuk membeli mesin pengering padi. Bagi petani biasa sudah niscaya menentukan mengeringkan padi dengan cara menjemur pada terik matahari.

Itulah beberapa Cara Agar Padi/Gabah Cepat Kering, mudah-mudahan warta singkat ini sanggup menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment