Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, February 2, 2018

Contoh Pidato Perihal Kenakalan Remaja

Contoh pidato wacana kenakalan remaja. Berikut ini yaitu beberapa referensi pidato dengan tema kenakalan remaja yang bisa kau jadikan referensi untuk menciptakan teks dan naskah pidato dengan tema yang sama untuk dibacakan di tengah khalayak. Silahkan disimak!


Contoh Pidato 1


Assallamuallaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak / ibu guru Pembina bahasa Indonesia , dan sahabat – sahabat yang saya sanyangi dan banggakan.
Untuk mengawali pertemuan kali ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME karna rahmat dan hidayah-Nya , kita bisa berkumpul di daerah ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Dikesempatan kali ini saya akan membawakan tema wacana “Kenakalan Remaja” . Perlu diketahui bahwa kenakalan remaja di kurun serba modern ini benar-benar sangat bermacam-macam dari mulai kenakalan remaja masuk akal hingga yang berbau kriminal. Benar – benar sudah sering terbukti dengan banyak isu – isu wacana kenankalan ramaja, mulai isu siswa yang membolos , siswa yang mulai merusak peralatan umum , bahkan siswa / remaja yang ikut ke geng motor yang brutal , dari insiden itu terjadi lah kekerasan hingga pelecehan sekseual , dan yang terakhir isu yang sering di dengar yaitu begal motor yang ternyata pelaku juga banyak dari kelompok remaja . Untuk problem kenakalan remaja yang berbau kriminal ini , pihak yang berwajib telah menawarkan hukuman sesuai hokum untuk mereka yang melanggar . Sebenarnya , kenakalan remaja bisa disebabkan oleh beberapa factor , menyerupai :

1. Kurangnya perhatian dari orang bau tanah kepada anaknya , dan sifat kurang terbukanya anak terhadap orang bau tanah yang bantu-membantu sangat lah penting diatasi ketika anak dimasa remaja .
2. Salah pilih sahabat / lingkungan pergaulan yang bisa menciptakan moral remaja rusak karna dampaknya .
3. Kurangnya bimbingan dari pihak sekolah ataupun orangtua wacana pendidikan moral / agama .
4. Yang menunjang semuanya yaitu kemajuan teknologi / peralatan elektronik .

Di kurun serba modern ini memang sangat susah menghindari dampak negatifnya . Namun untuk mencegah dan mengatasi selain orangtua dan pihak sekolah harus bisa membimbing dengan baik , kita sebagai remaja juga harus bisa mengatasinya dengan cara , menyerupai :

1. Selalu terbuka terhadap orang bau tanah , jujur dan selalu ada di bimbingan mereka .
2. Mempertebal keimanan , taat beribadah biar punya pegangan .
3. Selektif dalam menentukan sahabat dan lingkungan pergaulan .
4. Dan selalu punya konsep / sasaran hidup yang baik untuk masa depan .
Makara , untuk problem kenakalan remaja ini pihak orang bau tanah dan sekolah harus lebih memperhatikan dan lebih menekankan pendidikan moral / agama kepada anak mereka . Serta bagi kita , remaja harus patuh dan taat kepada nasehat mereka .
Praktis – mudahan apa yang saya sampaikan kali ini bisa menciptakan para orang bau tanah berubah lebih baik memperhatikan anaknya . Dan untuk kita (remaja) gampang – mudahan bisa mulai berbenah supaya tidak terjerumus kedalam kenakalan remaja .
Sekian itu saya bisa sampaikan , saya mengucapkan terima kasih atas perhatian bpk/ ibu guru dan sahabat – sahabat , saya juga meminta maaf bila ada salah kata , dan kekurangan ketika penyampaian bahan saya kali ini . MAJU REMAJA INDONESIA !!!!!

Akhir salam , wassallamuallaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato 2


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang telah memberi nikmat dan karunia-Nya sehingga kita semua sanggup berkumpul bersama-sama di hari yang berbahagia ini.

Kepada Bapak/Ibu Guru SMAN 1 Bangil yang saya hormati dan seluruh sahabat – teman  SMAN 1 Bangil yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pidato saya yang bertemakan kenakalan remaja berakal balig cukup akal ini

Hadirin  yang saya hormati.

Kenakalan remaja di kurun modern ini sudah melebihi ambang batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah berteman dengan Rokok, Narkoba, Free sex, dan banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak sanggup dipungkuri lagi, kita sanggup melihat nakalnya remaja zaman kini melalui media elektronik atau kita melihatnya eksklusif di lingkungan sekitar kita.

Penyebab kenakalan remaja bermacam – macam. Pola asuh orang bau tanah atau dari dalam keluarga, Penggunaan waktu luang yang tidak terarah dan tidak sempurna sanggup memicu timbulnya problem ini.

Perlu kita ketahui juga, beberapa orang bau tanah merasa gembira apabila anaknya berteman dengan kalangan atas. Padahal, pujian ini yaitu semu sifatnya. Malah kalau tidak sanggup dikendalikan, pergaulan itu akan menjadikan kekecewaan nantinya. Sebab, sahabat dari kalangan tertentu niscaya juga mempunyai gaya hidup yang tertentu pula. Apabila si anak akan berusaha mengikuti tetapi tidak mempunyai modal ataupun orang bau tanah tidak bisa memenuhinya, maka anak akan menjadi frustrasi. Apabila timbul frustrasi, maka remaja kemudian akan melarikan rasa kekecewaannya itu pada narkotik, obat terlarang, dan lain sebagainya
Hadirin yang berbahagia

Janganlah pernah kita salahkan orang bau tanah yang telah medidik kita, meskipun orang bau tanah kita tidak mengajarkan secara penuh biar kita menjadi orang yang baik, tetapi impian mereka pastilah ingin anak – anaknya menjadi orang yang baik. kita harus bisa menjaga diri kita, biar kita tetap menjadi anak yang baik dan selalu positif.

Pilihlah lingkungan dan teman-teman gaul secara selektif. Jangan asal senang. Jika lingkungan itu akan menjerumuskan kalian lebih baik tidak mendekatinya sama sekali. Banyak daerah gaul yang positif yang bisa kalian pilih baik di sekolah maupun diluar sekolah. Disekolah kalian bisa mengikuti acara ekstra kurikuler.

Demikian pidato yang sanggup saya sampaikan,maaf apabila ada perkataan saya tidak berkenan di hati anda semua. Dan terima kasih atas perhatiannya

Wassalammu’alaikum Wr. Wb


Contoh Pidato 3


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat serta karunia-Nya sehingga kita semua sanggup berkumpul bersama di hari yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kami semua hingga ketika ini.

Dan kepada Yth. Bapak/Ibu... yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai, kita semua tentunya tahu dan menyadari betapa banyak terjadinya kenakalan remaja ketika ini, dengan perbuatan negatif dan menyimpang di masyarakat. Seperti sudah mengenal rokok dan narkoba, yang pada awalnya hanya mencoba dan menjadi ketagihan hingga kecanduan. Adapun penyebab problem dari kenakalan remaja ini yang diakibatkan dari kesalahan orang bau tanah dalam cara mendidik atau orang bau tanah yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat memperhatikan anak mereka, atau juga lantaran pergaulan remaja ketika ini yang sudah terjerumus dengan pergaulan yang salah. Boleh saja kita mempunyai banyak teman, namun kita juga harus berhati-hati untuk menentukan teman, biar kita tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.

Masih banyak lagi kenakalan remaja yang terpengaruh oleh pergaulan yang salah, menyerupai mabuk-mabukan, tawuran antar pelajar, geng motor, dan bahkan hal tersebut banyak menjadikan korban dari banyak remaja yang terlibat dalam pergaulan yang salah. Mari kita jauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut, lantaran hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri. Gunakanlah masa-masa remaja dengan hal positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang bau tanah dan juga bangsa.

Teman-temanku yang saya banggakan, selektiflah dalam mencari sahabat dan tetap ingatlah bahwa tak ada satupun orang bau tanah yang menginginkan ananya berperilaku buruk. Sampai disini yang sanggup saya sampaikan dalam pidato ini, jikalau ada kesalahan mohon untuk dimaklumi.


Contoh Pidato 4


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Alhamdulilah hirobil ‘alamin wabihi nasta’inu ‘ala umuridunya wa diin wa sholatu wassalamu ‘ala asrofil anbiai wal mursalin wa ‘ala alihi washakhbihi ajma’in ama ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberi nikmat dan karunia-Nya sehingga kita semua sanggup berkumpul bersama-sama di hari yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Baginda Rasullulah SAW. Yang telah menuntun kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman yang terperinci benderang ini.

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru SMAN 3 Jakarta Utara

Dan anak-anakku Seluruh Siswa SMAN 3 Jakarta Utara yang bapak banggakan

Kita tahu dan menyadari ketika ini begitu banyak terjadi apa yang disebut kenakalan remaja. Aneka perbuatan negatif atau menyimpang yang dilakukan oleh para remaja tampaknya dianggap oleh mereka menyerupai biasa-biasa bahkan ada yang menganggapnya sebagai sebuah kebanggaan. Mereka menyampaikan hal tersebut memperlihatkan simbol sebuah keberanian. Ini tentu sangat memprihatinkan kita semua.

Inilah problem sosial yang menjangkit para remaja kita ketika ini yakni sikap menyimpang sebabagimana yang disebut kenakalan remaja.

Adapun penyebab problem kenakalan remaja bisa bermacam-macam. Bisa jawaban salah pola asuh orang bau tanah atau dari dalam keluarga itu sendiri. Juga bisa lantaran penggunaan waktu luang yang tidak terarah sehingga menentukan lingkungan dan sahabat bergaul yang tidak tepat.

Ada satu perasaan di kalangan remaja bahwa mempunyai banyak mitra yaitu merupakan satu bentuk prestasi tersendiri. Makin banyak kawan, makin tinggi nilai mereka di mata teman-temannya. Apalagi mereka sanggup mempunyai sahabat dari kalangan terbatas.

Misalnya, anak orang yang paling kaya di kota itu, anak pejabat pemerintah setempat bahkan mungkin sentra atau pun anak orang terpandang lainnya.

Anak-anakku Seluruh Siswa SMAN 3 Jakarta Utara yang bapak banggakan,

Di jaman sekarang, efek mitra bermain ini bukan hanya membanggakan si remaja saja tetapi bahkan juga pada orangtuanya. Orangtua juga senang dan gembira kalau anaknya mempunyai sahabat bergaul dari kalangan tertentu tersebut.

Padahal, pujian ini yaitu semu sifatnya. Malah kalau tidak sanggup dikendalikan, pergaulan itu akan menjadikan kekecewaan nantinya. Sebab mitra dari kalangan tertentu niscaya juga mempunyai gaya hidup yang tertentu pula. Apabila si anak akan berusaha mengikuti tetapi tidak mempunyai modal ataupun orang bau tanah tidak bisa memenuhinya maka anak akan menjadi frustrasi. Apabila timbul frustrasi, maka remaja kemudian akan melarikan rasa kekecewaannya itu pada narkotik, obat terlarang, dan lain sebagainya.

Mari kita ingat kembali apa yang Rasulullah sampaikan kepada kita. Apabila kita bergaul dengan tukang las maka akan kebagian busuk asapnya. Jika kita bergaul dengan tukang minyak wangi maka akan kebagian wanginya.

Perumpamaan ini memperlihatkan sedemikian besarnya efek pergaulan dalam membentuk tabiat dan kepribadian seseorang ketika remaja, khususnya.

Ternyata lingkungan daerah ia bergaul dan orang-orang di dalamnya yang menjadi teman-temannya bisa dijadikan indikasi sikap seseorang yang ada didalamnya. Jika mereka baik maka baik pula ia tetapi kalau jelek sikap mereka maka ia tidak akan jauh beda.

Tetapi walau pun demikian tidak menutup kemungkinan ada satu atau dua orang yang bisa menjaga diri tidak terpengaruh oleh lingkungan. Namun ini bisa jadi sangat langka.

Anak-anakku Seluruh Siswa SMAN 3 Jakarta Utara yang bapak banggakan,
Walaupun orang bau tanah kita tidak mengajarkan secara penuh biar kalian menjadi orang baik tetapi impian mereka sudah niscaya ingin anak-anaknya menjadi orang yang baik-baik. Tidak satu orang bau tanah pun menginginkan anaknya berprilaku buruk.

Karenanya kalian tidak perlu menyalahkan orang bau tanah atau pun orang lain tetapi diri kalian sendirilah yang harus sudah bisa menjaga diri dan bisa menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.

Pilihlah lingkungan dan teman-teman gaul secara selektif. Jangan asal senang. Jika lingkungan itu akan menjerumuskan kalian lebih baik tidak mendekatinya sama sekali. Banyak daerah gaul yang positif yang bisa kalian pilih baik di sekolah maupun diluar sana. Disekolah kalian bisa mengikuti acara ekstra kurikuler, misalnya.

Sampai disini yang bisa bapak sampaikan dalam pidato ini, kalau ada kesalahan mohon maklum.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Demikianlah contoh pidato wacana kenakalan remaja yang bisa dibagikan kali ini. Semoga referensi pidato ini bisa menjadi sumber ide untuk kau yang sedang menciptakan teks dan naskah pidato sendiri.

Previous
Next Post »

Post a Comment