Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, March 16, 2018

Cerita Dongeng Anak - Kura-Kura Dan Kera Pembohong

Cerita Dongeng Anak - Seekor kura-kura berjalan sangat lamban ke arah sebuah sungai yang air nya cukup tenang, kura-kura itu keluar dari sungai semalam saat hujan besar turun sehingga arus sungai menjadi cukup deras dan sungai itupun menjadi sangat kotor. Ketika sang kura-kura akan kembali ke sungai ia mendengar sesuatu dari kejauhan rasa ingin tau membuatnya bergerak melihat apa yang sedang terjadi ditempat keramaian itu.

Seluruh binatang berdatangan ke arah keramaian itu. Ketika seekor ayam jantan melewati sang kura-kura, sang kura-kura bertanya : “Apa sesuatu sedang terjadi disana wahai ayam?” sambil tergesa-gesa ayam itu menjawab :”Aku juga tidak tahu, saya hanya mendengar kabar bahwa seekor monyet bau tanah sedang mengabarkan sesuatu dan kabar itu sangat penting bagi hewan-hewan disini”.


Mendengar hal itu dari seekor ayam sang kura-kura sekarang bergegas mencapai sentra keramaian itu namun tetap saja jalannya sangat lambat ia tidak bisa berlari menyerupai binatang lainnya, beberapa menit lalu berjalan sekarang sang kura-kura itu melihat hampir semua binatang berkumpul disana kelinci, rubah, tikus, musang, burung, kadal, angsa, anjing, serigala dan disana terlihat seekor monyet bangkit ia atas pohon dan terlihat sangat terperinci sekali. Monyet itu berbicara sambil mengangkat sesuatu menyerupai botol kepada semua binatang yang sedang berkumpul di daerah itu namun bunyi itu kurang jelas terdengar oleh sang kura-kura, kesudahannya kura-kura hingga di daerah keramaian itu daerah itu penuh sangat sesak dan sulit untuk melewati binatang yang sedang berdesakan.

Sang kura-kura sekarang bisa mendengar apa yang sedang digembor-bemborkan oleh monyet bau tanah di atas dahan “Selama ini saya mencar ilmu menjadi seorang yang andal dalam mengobati aneka macam macam penyakit, dan sekarang selama penelitian ku saya telah menemukan obat yang sangat ampuh, obat ini lebih hebat dari obat manapun alasannya yaitu obat ini bisa menyembuhkan aneka macam macam penyakit”. Kata sang monyet bau tanah dengan nada yang sangat meyakinkan, para binatang yang hadir disana merasa sangat yakin dengan apa yang dikatakan monyet bau tanah itu namun tidak bagi sang kura-kura.

Kura-kura itu sekarang mencoba mendekati sang monyet bau tanah itu dengan cara menerobos masuk ke dalam keramaian, cangkangnya yang keras menunjukkan keberanian lebih kepada kura-kura itu meskipun kadang terinjank ia tidak mencicipi sakit.

Akhirnya dengan susah payah kura-kura itu hingga daerah yang paling depan ia memperhatikan monyet bau tanah itu dengan teliti “Tuan Monyet” kata sang kura-kura “Aku menyimak apa yang kau sampaikan kepada kami yang hadir disini wacana dirimu telah mencar ilmu mengobati dan menciptakan sebuah obat yang bisa menyembuhkan aneka macam macam penyakit namun saya melihat tubuhmu kurus dan terlihat kau tidak begitu sehat” kata sang kura-kura “Jika kau bisa untuk menyehatkan badanmu itu dengan obat yang telah kau buat barulah saya percaya akan kemampuan obat itu namun kalau hal itu tidak berhasil sebaiknya kau memikirkan kembali apa yang sedang kau kerjakan itu”. tegas sang kura-kura

Previous
Next Post »

Post a Comment