Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, October 6, 2018

Asal Seruan Dajjal, Keluarga, Ciri, Kemunculan, Dan Fitnahnya

Asal Usul Dajjal / Sebagai umat Islam, kita tentu pernah mendengar sebuah hadist yang menjelaskan bahwa di kiamat kelak akan tiba sesosok mahluk tinggi besar yang mempunyai kekuatan begitu dahsyat. Sosok yang kita kenal dengan nama dajjal tersebut merupakan sosok yang akan menguji insan final zaman, apakah tergolong orang-orang yang beriman atau tergolong orang-orang yang kufur. Berikut ini tim penulis blog akan membahas seputar asal usul Dajjal mulai dari keluarga, ciri-ciri, kemunculan, dan fitnahnya sebagai pembelajaran bagi kita semua.

Asal Usul Dajjal

Dajjal diyakini merupakan seorang insan yang sudah hidup semenjak zaman nabi Ibrahim dan alasannya Alloh menangguhkan ajalnya (seperti halnya Iblis) ia tetap masih hidup sampai ketika ini, dipenjarakan di sebuah daerah yang masih menjadi misteri.

dajjal%2B2016.JPG" imageanchor="1" style="clear: left; float: left; margin-bottom: 1em;"> kita tentu pernah mendengar sebuah hadist yang menjelaskan bahwa di kiamat kelak aka Asal Usul Dajjal, Keluarga, Ciri, Kemunculan, dan Fitnahnyadajjal%2B2016.JPG" title="Asal Usul Dajjal, Keluarga, Ciri, Kemunculan, dan Fitnahnya" width="100%" />

Asal Usul Dajjal dan Keluarganya

Dalam beberapa hadist dijelaskan bahwa asal usul dajjal yaitu seorang keturunan Yahudi. Ia lahir dari orang bau tanah yang postur tubuhnya tinggi gemuk dengan hidung sangat mancung mirip paruh burung. Secara lebih lengkap, Imam Al Barzanji juga pernah menyebut jikalau asal usul moyang dajjal yaitu seorang dukun Yahudi (Syaqq) yang kawin dengan perempuan dari keturunan jin. Moyang dajjal ini hidup di zaman Nabi Sulaiman AS. Oleh nabi Sulaiman, si moyang dajjal dan istrinya yang berasal dari golongan jin disebutkan sempat dipenjarakan dan ditangkap alasannya ulahnya dalam merusak iman umat. Adapun terlepas dari pendapat Imam Al-Barzanji tersebut, asal usul dajjal sampai sekarang tetap saja masih misterius, mengingat sumber acuan dan hadist yang membahas hal ini memang sangat terbatas.


Ciri-ciri Dajjal

Sebuah hadist sahih yang diriwayatkan oleh Muslim menyebut bahwa Rasululloh pernah bersabda jikalau dajjal merupakan orang yang mempunyai ciri-ciri mata kirinya buta, rambutnya lebat dan keriting, tampak selalu kekal muda, badannya besar agak kemerahan sehingga jikalau dilihat dari belakang ia seperti tampak mirip dahan kayu yang rimbun. Sedangkan dalam hadist At-Tabrani, ciri-ciri dajjal yang paling kentara disebutkan terletak pada mata dan dahinya. Mata kiri dajjal buta, sedangkan mata kannya tertonjol keluar, berwarna kehijauan, dan berkelip-kelip laksana bintang gemintang. Adapun pada dahi dajjal juga terdapat susunan abjad Kaf-Fa-Ro yang jikalau di sambung akan membentuk kata “Kafir”. Tulisan pada dahi dajjal ini hanya sanggup dilihat dan dibaca oleh orang-orang yang memang benar-benar murni keislamannya.

dajjal.JPG" imageanchor="1" style="clear: left; float: left; margin-bottom: 1em;"> kita tentu pernah mendengar sebuah hadist yang menjelaskan bahwa di kiamat kelak aka Asal Usul Dajjal, Keluarga, Ciri, Kemunculan, dan Fitnahnyadajjal.JPG" title="Asal Usul Dajjal, Keluarga, Ciri, Kemunculan, dan Fitnahnya" width="100%" />

Asal Usul Kemunculan Dajjal

Seperti disebutkan di atas bahwa asal usul dajjal memang telah lahir semenjak zaman Nabi Ibrahim. Semenjak zaman itu, dajjal dipenjara dan dirantai di sebuah pulau ajaib dan dijauhkan dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan umat manusia. Ia tidak akan pernah sanggup lepas dari penjara tersebut alasannya selain dirantai, ia juga dijaga oleh seekor hewan besar berjulukan Al-Jassasah. Ia gres akan lepas dari penjara dan keluar dari pulau tersebut jikalau Alloh sudah menghendakinya. Dajjal akan bebas pada sebuah masa yang sudah sangat bersahabat dengan kehadiran hari final yang dijanjikan.

Karena pulau yang disebutkan menjadi penjara dajjal berada di potongan timur bumi (beberapa versi menyebutkan pulau tersebut terletak di sekitar India), maka dajjal pun akan muncul dari timur. Ia diizinkan oleh Alloh untuk keluar dan menjelajah sekeliling dunia dan membuatkan fitnah dan ajarannya. Ia akan melaksanakan kecerdikan bulus pada orang-orang yang hidup di zaman itu sehingga mereka mengakui bahwa dirinya yaitu Tuhan. Orang yang besar lengan berkuasa imannya akan berani menentang aliran tersebut meski nyawanya dipertaruhkan, sedangkan bagi orang yang imannya lemah, ia akan berdasarkan dan menjadi pendukung dan hamba dajjal. Naudzubillah.

Fitnah Dajjal

Dalam membuatkan fitnah dan ajarannya, dajjal dibekali dengan kekuatan yang luar biasa besar oleh Alloh. Segala kesenangan hidup akan dikaruniakan kepadanya. Seluruh mahluk langit dan bumi akan tunduk pada perintahnya.

dajjal.JPG" imageanchor="1" style="clear: left; float: left; margin-bottom: 1em;"> kita tentu pernah mendengar sebuah hadist yang menjelaskan bahwa di kiamat kelak aka Asal Usul Dajjal, Keluarga, Ciri, Kemunculan, dan Fitnahnyadajjal.JPG" title="Asal Usul Dajjal, Keluarga, Ciri, Kemunculan, dan Fitnahnya" width="100%" />
Adapun dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sebelum kemunculan dajjal, insan akan diuji dengan kemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Kemarau ini menciptakan materi pangan menjadi sangat langka sehingga tragedi alam kelaparan merajalela di mana-mana. Di ketika insan tengah kelaparan dan membutuhkan tunjangan inilah, asal usul dajjal tiba dengan membawa fitnahnya.

Dajjal akan membuktikan kesaktiannya. Ia akan mendatangkan hujan dengan mudahnya. Ia akan menumbuhkan aneka macam flora sebagai sumber masakan bagi para hambanya yang mengakui bahwa dirinya yaitu dewa semesta alam. Para muslim yang besar lengan berkuasa iman islamnya akan tetap kukuh mempertahankan akidahnya meski lapar dan perih mereka dera. Mereka tetap tak akan mau mengakui dajjal sebagai Tuhannya sampai khusnul khotimah menjemput.

Fitnah asal usul dajjal akan terus berlanjut pada masa 40 hari sehabis kemunculannya pertama kali. Ia akan terus menguji keimanan insan di kiamat sampai pemisah antara umat Islam sejati dan umat yang kafir benar-benar terlihat jelas.

Nah, demikianlah sedikit intisari yang sanggup kami jabarkan untuk menjelaskan asal usul dajjal, keluarga, kemunculan, serta fitnahnya. Semoga dengan artikel sederhana ini keimanan kita menjadi semakin kokoh dan sanggup dihindarkan dari segala bentuk fitnah dajjal. Amin.

Previous
Next Post »

Post a Comment