Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, October 6, 2018

Asal Seruan Gunung Merapi, Mitos, Dan Kisah Misterinya

Asal Usul - Gunung Merapi adalah gunung api teraktif di Indonesia yang terletak persis di tengah Pulau Jawa. Gunung dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 2.968 meter dpl ini tercatat mengalami erupsi sebanyak 2 hingga 5 tahun sekali, bahkan semenjak tahun 1548, gunung yang dikelilingi oleh pemukiman padat penduduk ini diperkirakan telah meletus hingga 68 kali.

Adapun selain dikenal alasannya keaktifan erupsinya, gunung merapi juga terkenal ke seantero Nusantara alasannya cerita-cerita misteri dan klenik yang menyelimutinya. Gunung ini digambarkan sebagai sentra pemerintahan kerajaan ghaib yang menguasai wilayah Indonesia, sebanding dengan Pantai Selatan Jawa.

adalah gunung api teraktif di Indonesia yang terletak persis di tengah Pulau Jawa Asal Usul Gunung Merapi, Mitos, dan Cerita Misterinya

Asal Usul Gunung Merapi

Terlepas dari dongeng mistis dan tingkat keaktifan erupsinya yang tinggi, masyarakat Kejawen pada umumnya meyakini kalau gunung merapi yang bangkit kokoh menjulang tinggi itu terbentuknya melalui kisah asal usul yang maha pelik. Asal undangan gunung merapi ini terjadi pada masa dimana pulau Jawa masih berupa hutan belantara dan belum berpenghuni. Kisahnya sebagai berikut:

Pada suatu masa, ketika dimana Pulau Jawa masih berupa hutan belantara, hanya dihuni hewan buas dan golongan lelembut, para ilahi di kahyangan tengah galau memikirkan bagaimana cara menciptakan pulau ini menjadi seimbang. Pulau ini pada ketika itu lebih condong ke arah barat, alasannya di barat ada banyak gunung yang menambah beban pulau ini.

Setelah berdiskusi cukup panjang, jadinya para ilahi di langit ketujuh itu pun setuju untuk meletakan suatu penyeimbang sempurna di tengah-tengah pulau Jawa semoga pulau ini tak terus menerus miring ke bab barat. Mengapa penyeimbang tidak diletakan di bab timur pulau? Alasannya tak lain alasannya tidak ada penyeimbang yang sanggup dipindahkan ke kawasan itu dengan alasan sangat jauh dan membutuhkan waktu yang usang untuk memindahkannya.

Satu-satunya penyeimbang yang memungkinkan untuk dipindahkan terletak di kidul-menurut-islam">Laut Pantai Selatan. Ia berupa gunung tinggi yang menjulang indah dengan keasrian yang sangat menawan. Gunung Jamurdwipa namanya.

adalah gunung api teraktif di Indonesia yang terletak persis di tengah Pulau Jawa Asal Usul Gunung Merapi, Mitos, dan Cerita Misterinya
Gunung Jamurdwipa yaitu gunung asri yang dijaga oleh sepasang abang beradik yang berprofesi sebagai pembuat keris (Mpu). Mpu Permadi dan Mpu Rama begitu nama mereka, yaitu dua mpu yang sangat sakti mandraguna. Sehari-hari mereka menciptakan keris dengan tanpa memakai alat bantu apapun. Saat menciptakan keris, mereka hanya membutuhkan perapian dan materi baja. Untuk pemukul dan lain sebagainya, mereka hanya memakai tangan kosong.

Para ilahi yang berkunjung menemui kedua mpu tersebut pun hingga berdecak kagum akan kesaktian mereka. Para ilahi kemudian bertegur sapa dan memberikan maksud kedatangannya. Mereka meminta kedua mpu tersebut untuk pindah dari tempat itu alasannya gunung yang mereka tinggalkan akan segera dipindahkan. Gunung yang menjadi asal usul gunung merapi itu akan dijadikan penyeimbang pulau Jawa semoga tidak miring.

Baik Mpu Permadi maupun Mpu Rama, keduanya mendapatkan saran dari para dewa, hanya saja mereka gres akan pindah sesudah pekerjaan mereka selesai. Saat itu, keris sakti yang mereka buat gres selesai setengahnya. Namun, para ilahi meminta semoga kedua abang beradik itu untuk segera pindah, kalau tidak maka pulau Jawa akan karam alasannya penyeimbangnya tak kunjung diberikan. Para Mpu pun berujar kalau pekerjaannya tak diselesaikan di tempat itu, maka hasilnya akan tercipta sebuah malapetaka bagi insan di lintas generasi.

adalah gunung api teraktif di Indonesia yang terletak persis di tengah Pulau Jawa Asal Usul Gunung Merapi, Mitos, dan Cerita Misterinya
Setelah berunding sangat alot, kedua kubu bersikukuh pada pendiriannya. Sang ilahi jadinya mengambil keputusan sepihak. Dipindahkanlah gunung Jamurdwipa meskipun kedua Mpu masih berada di sana.

Pleekk... jatuhlah gundukan tanah yang menjadi asal usul gunung merapi itu sempurna di tengah pulau Jawa. Konon, alasannya kejadian itu, daratan di bab timur sebagian ada yang tenggelam, dan dasar maritim di pulau Jawa bab barat ada pula yang menjadi daratan. Sebagai contoh, Pulau Bali bahwasanya dulu menyatu dengan Pulau Jawa, hanya saja sesudah kejadian ini, keduanya kemudian berpisah.

Kedua mpu tadi tak ditemukan rimbanya, berdasarkan kepercayaan, mereka dan peralatan pembuatan keris, termasuk perapiannya terjebak di dalam gunung. Keris yang setengah jadipun kemudian tertancap di tengah perapian. Perapian tersebut sekarang diyakini menjelma lahar panas yang letaknya sempurna di sentra gunung. Jika si keris ini tergoyang sedikit saja, maka akan tercipta suatu gempa vulkanik, sedang lahar panas yang dulunya yaitu perapian, akan keluar alasannya tekanan andal dari kesaktian si keris.

Karena sering menyemburkan lahar api, masyarakat yang tiba pada ratusan tahun sesudah itu, kemudian menamai gunung ini dengan nama gunung merapi yang artinya kidul-menurut-islam">gunung yang berapi-api.

Nah, demikianlah kisah asal usul gunung merapi dan mitos yang mengelilinginya. Semoga dari kisah ini kita sanggup mengambil pelajaran untuk kehidupan kita yang lebih baik.

Previous
Next Post »

Post a Comment