Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, October 13, 2018

Asal Seruan Hallowen, Tradisi Ajaib Yang Membudaya!

Asal undangan Halloween / Setiap tamat bulan Oktober, kita tentu sering melihat hiruk pikuk isu di layar TV kita yang membahas ihwal perayaan Halloween di negara-negara barat. Kadang kali tentu kita galau perihal perayaan tersebut. Orang-orang menggunakan kostum mengerikan dan wajahnya dihias mirip setan, kuntilanak, dan zombie. Mereka saling menakut-nakuti satu sama lainnya. Sebetulnya perayaan apa sih Halleoween itu? Bagaimana sejarah dan Asal undangan halloween dan perkembangannya sampai dikala ini? Simak pemaparannya berikut ini.

 kita tentu sering melihat hiruk pikuk isu di layar TV kita yang membahas ihwal peray Asal Usul Hallowen, Tradisi Aneh yang Membudaya!

Sekilas ihwal Tradisi Halloween

Halloween aka Hallowe’en aka All Hallows' Even secara bahasa berarti malam sebelum hari raya All Hallow. Hari raya All Hallow sendiri maksudnya Hari Raya Semua orang suci. Sedangkan secara istilah Halloween berarti suatu tradisi merayakan malam di hari terakhir bulan Oktober, tanggal 31. Tradisi halloween dirayakan orang-orang  terutama belum dewasa di Amerika dengan mengenakan pakaian atau kostum hantu, berkeliling kompleks dari pintu ke pintu meminta permen atau makanan lainnya pada tetangga mereka.

Halloween dirayakan belum dewasa dengan menggunakan kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut yakni semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili." Di zaman sekarang, belum dewasa biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa, namun sebagian belum dewasa lain masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan kapur dan sabun.

Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan sentra perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.

Asal Usul Halloween

Asal-usul halloween tolong-menolong bersumber dari tradisi orang-orang Irlandia yang lalu dibawa oleh sebagian dari mereka yang melaksanakan emigrasi ke Amerika Utara di pertengahan kala 19. Di Irlandia, halloween merupakan tradisi yang berasal dari festifal Samhain. Festival Samhain yakni perayaan demam isu panen yang merupakan kebudayaan orisinil orang Gael. Orang-orang gael Irlandia  yang banyak menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan bazar Samhain ini untuk menyembelih ternak mereka sebagai sesaji bagi para leluhur yang telah tiada.

Bangsa Gael kuno mempercayai bila tanggal 31 Oktober merupakan waktu  pembatas antara dunia orang mati dan dunia orang hidup. Dalam keyakinan mereka, pada tanggal ini, orang-orang yang sudah mati akan turun ke bumi untuk membawa penyakit dan merusak tanaman yang akan mereka panen.Menyadari hal itulah mereka lalu mengenakan kostum yang menakutkan untuk berpura-pura menjadi arwah jahat dan berupaya untuk berdamai dengan para roh-roh yang datang.

Meski terdengar bodoh, bazar ini telah cenderung membudaya di kalangan masyarakat barat. Kita sebagai umat beragama terutama bagi yang Islam dianjurkan untuk sanggup memahami asal usul halloween ini, biar kita tidak terjebak dalam tradisi yang abnormal dan tak masuk nalar ini.

Previous
Next Post »

Post a Comment