Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, October 14, 2018

Nama Orisinil 9 Sunan Yang Tergabung Dalam Wali Songo

Wali songo yaitu sebutan bagi 9 sunan yang telah berjasa berbagi agama Islam di tanah Jawa. Atas berkat kerja keras mereka pulalah, ketika ini agama Islam bermetamorfosis negara lebih banyak didominasi bagi penduduk Indonesia. Kendati sumbangsihnya yang sangat besar tersebut sudah menciptakan kita berada di jalan yang terperinci benderang, sebagian dari kita masih banyak yang belum tahu siapa-siapa saja nama sunan yang tergabung dalam wali songo tersebut.  Menyadari hal itu, penulis blog kisah asal usul ini akan membahas nama-nama wali songo tersebut beserta asal daerahnya.

 sunan yang telah berjasa berbagi agama Islam di tanah Jawa Nama Asli 9 Sunan yang Tergabung dalam Wali Songo

Nama-nama Sunan Wali Songo

Berikut ini yaitu daftar nama-nama sunan walisongo beserta asal daerahnya:
  1. Maulana Malik Ibrahim, sunan walisongo yang paling lebih dahulu ada. Beliau dikabarkan berasal dari Persia dan lalu menetap dan berkedudukan di Gresik, jawa Timur.
  2. Sunan Ampel (Ngampel), sunan walisongo yang mempunyai nama orisinil Raden Rahmat dan berkedudukan di Ngampel, erat Surabaya.
  3. Sunan Bonang, sunan walisongo yang semula berjulukan Makdum Ibrahim ini yaitu anak kandung dari Sunan Ampel. Ia berkedudukan di Bonang, erat Tuban.
  4. Sunan Drajat, sunan walisongo yang awalnya berjulukan Masih Munat ini yaitu adik dari Sunan Bonang. Ia berkedudukan di Drajat, erat Sedayu, Surabaya.
  5. Sunan Giri, sunan yang semula berjulukan Raden Paku ini yaitu orisinil murid dari Sunan Ampel. Ia berkedudukan di bukit Giri, erat Gresik.
  6. Sunan Muria, sunan yang berkedudukan di sungai Muria, Kudus.
  7. Sunan Kudus, sunan yang semula berjulukan Udung ini berkedudukan di Kudus.
  8. Sunan Kalijaga, sunan yang berjulukan orisinil Joko Said ini berkedudukan di Kadilangu, Demak.
  9. Sunan Gunung Jati, atau yang berjulukan orisinil Syarif Hidayatullah merupakan satu-satunya anggota wali songo yang berbagi agama Islam di Jawa Barat. Ia lahir sekitar tahun 1450 M dan wafat pada usia 120 tahun atau sekitar tahun 1520 [Update 28-0815].

Itulah nama orisinil dari 9 sunan yang tergabung dalam Walisongo. Perlu diketahui pula bahwa, selain wali songo, Islam juga menyebar di Indonesia berkat adanya tugas beberapa ulama lain ibarat Syekh Siti Jenar, Syekh Lemah Abang, dan Sunan Tembayat. Untuk mengetahui sepak terjang dari ketiga ulama tersebut, anda sanggup mengunjungi artikel di Wikipedia berikut ini : id.wikipedia.org/wiki/Syekh_Siti_Jenar

Previous
Next Post »

Post a Comment