Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, October 6, 2018

Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia Dalam Beberapa Aspek Kehidupan

Masuknya agama Hindu dan Budha semenjak awal era ke 2 Masehi sedikit banyak telah kuat terhadap beberapa aspek kehidupan masyarakat Nusantara di masa silam. Pengaruh Hindu Budha di Indonesia tersebut bahkan sanggup kita lihat dan rasakan sampai dikala ini, baik itu imbas yang mutlak berasal dari fatwa dan kebudayaan Hindu-Budha, maupun imbas yang berakultursi dengan dogma dan kebudayaan lokal di masa silam. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai pengaruh Hindu Budha di Indonesia tersebut sebagai pembelajaran bagi kita semua.

Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia

Pengaruh Hindu Budha di Indonesia sanggup kita rasakan pada beberapa aspek dan bidang kehidupan ibarat fatwa agama dan kepercayaan, sistem pemerintahan, ilmu arsitektur, bahasa, sastra, seni, dan keterampilan.

Masuknya agama Hindu dan Budha semenjak awal era ke  Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia dalam Beberapa Aspek Kehidupan

1. Bidang Agama

Salah satu imbas Hindu Budha di Indonesia yang paling kentara terdapat pada bidang agama dan kepercayaan. Sebelum fatwa Hindu-Budha masuk, mula-mula masyarakat Indonesia sebelumnya sudah menganut dogma animisme dan dinamisme, namun alasannya ialah masuknya fatwa Hindu dan Budha yang dibawa oleh para pedagang dan pendeta, dogma animisme dan dinamisme yang dianut oleh masyarat nusantara tempo dulu lalu melebur dan berakulturasi dengan fatwa agama Hindu-Budha. Kepercayaan gres ini secara beriringan lalu membawa kebudayaan gres dalam hal beragama, contohnya dalam hal upacara pemujaan, tata krama, dan daerah peribahadan.

2. Politik dan Pemerintahan

Sistem politik dan pemerintahan kerajaan juga muncul dari imbas Hindu Budha di Indonesia. Sistem ini diperkenalkan oleh orang-orang India dan menciptakan masyarakat yang awalnya hidup dalam kelompok-kelompok kecil menjadi bersatu dan membentuk sebuah kekuasaan yang lebih besar dengan pemimpin tunggal yang terwujud sebagai seorang raja. Karena imbas inilah di Indonesia terlahir beberapa kerajaan Hindu Budha ibarat kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Kerajaan Tarumanegara, Kutai, dan lain sebagainya.

3. Arsitektur

Tradisi megalitikum punden berudak-undak yang menjadi peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia di masa silam juga diyakini telah berakulturasi dengan ilmu arsitektur yang dibawa dari India bersamaan dengan penyebaran agama Hindu Budha di Nusantara. Punden berundak-undak berpadu dengan budaya India dan mengilhami gaya arsitektur pembuatan bangunan candi peninggalannya. Contoh faktual dari perpaduan ini sanggup kita lihat contohnya pada arsitektur candi Borobudur yang berbentuk limas dan berundak-undak.

Masuknya agama Hindu dan Budha semenjak awal era ke  Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia dalam Beberapa Aspek Kehidupan

4. Bahasa dan Aksara

Huruf pallawa dan bahasa Sanskerta yang dipakai pada beberapa prasasti kerajaan-kerajaan Nusantara di masa silam menunjukan bahwa imbas Hindu Budha di Indonesia juga bersinggungan dengan aspek bahasa dan aksara. Dalam perkembangannya, penggunaan abjad palawa mungkin sudah tidak terkenal lagi, namun penggunaan bahasa Sansekerta justru berlanjut dengan sangat pesat. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa kata atau frase Bahasa Indonesia yang bergotong-royong berasal dari bahasa sansekerta, contohnya Pancasila, Kartika Eka Paksi, Dasa Dharma, Parasamya Purnakarya Nugraha, dan lain sebagainya.

Masuknya agama Hindu dan Budha semenjak awal era ke  Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia dalam Beberapa Aspek Kehidupan

5. Sastra

Berkembangnya imbas Hindu Budha di Indonesia juga membawa kemajuan besar pada bidang sastra. Karya sastra yang mereka bawa, yakni kitab Ramayana dan Mahabarata telah memperkaya khasanah epos dalam pewayangan Indonesia. Adanya kedua kitab itu juga memacu beberapa pujangga nusantara untuk menghasilkan karyanya sendiri. Beberapa karya sastra yang muncul sesudah adanya imbas Hindu Budha di Indonesia contohnya Kitab Arjunawiwaha karya Mpu Kanwa, Kitab Sotasoma karya Mpu Tantular, dan Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca.

Nah, demikianlah beberapa pengaruh Hindu Budha di Indonesia yang sanggup pula dianggap sebagai peninggalan sejarah Hindu Budha di Indonesia. Semoga sanggup bermanfaat untuk menambah khasanah pengetahuan kita perihal sejarah perkembangan bangsa.

Previous
Next Post »

Post a Comment