Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, October 7, 2018

Rahasia Di Balik Asal Permintaan Nyi Roro Kidul [Islam]

Asal seruan Nyi Roro Kidul / Hampir semua penduduk Pulau Jawa, dan bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya percaya bila Laut Kidul (Pantai Selatan) dari dulu sampai dikala ini dikuasai oleh sesosok mahluk ghaib bergelar Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul. Kepercayaan atau mitos yang berkembang ini telah usang ada di kalangan masyarakat kita. Sosok wanita yang menjadi pemimpin dari kerajaan ghaib itu pun sudah identik dengan mitologi masyarakat Indonesia. Namun bagi orang yang berpikir, hal ini tentu akan memicu timbulnya sebuah pertanyaan. Ya, sebuah pertanyaan terkait bagaimana sebetulnya asal usul nyi roro kidul ini sampai ia sanggup menjadi penguasa dan ratu di jagat ghaib di Selatan Jawa? Apa yang menciptakan ia begitu tersohor dan masih tetap dikenal sampai kini? Penasaran ibarat apa kisahnya? Simaklah Pemaparan kami berikut ini.

 dan bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya percaya bila Laut Kidul  Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [ISLAM]kidul%2B3.JPG" height="auto" title="Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [ISLAM]" width="100%" />

Asal seruan Nyi Roro Kidul

Simpang siurnya warta yang ada serta minimnya bukti sejarah yang tersedia menciptakan warta seputar asal usul nyi roro kidul sampai sekarang hanya menjadi mitos yang tak diketahui seberasapa besar nilai kebenarannya. Banyak pendapat di masyarakat terkait siapa sebetulnya Nyi Roro Kidul itu sampai karenanya ia sanggup menjadi penguasa mistik di Laut Selatan Jawa. Namun, perlu diketahui bahwa kendati demikian kami telah merangkum 3 pendapat yang kami rasa paling banyak dipercayai sebagai asal usul nyi Roro Kidul yang sebenarnya. Ya, ada 3. Berikut pembahasannya.

1.  Asal Usul Nyi Roro Kidul yakni Ratu Bilqis

kidul.jpg" imageanchor="1" style="clear: right; float: right; margin-bottom: 1em; margin-left: 1em;"> dan bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya percaya bila Laut Kidul  Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [ISLAM]kidul.jpg" height="195" title="Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [ISLAM]" width="200" />
Ya, pendapat pertama menyebut bila Ratu Kidul sebetulnya yakni anak dari ratu Bilqis, anak dari ratu yang takluk pada Raja Sulaiman.

Diriwayatkan bahwa sehabis ratu bilqis menikah dengan seorang jin pria, ia kemudian dikaruniai oleh seorang putri. Putri ini tak mempunyai raga alasannya yakni ia bukanlah manusia. Dia yakni jin, sama ibarat bapaknya. Nah, alasannya yakni malu mempunyai anak seorang jin, ratu bilqis kemudian membuang anak yang olehnya diberi nama Aurora ini ke sebuah pulau yang jauh dari kerajaannya. Pulau ini di kemudian hari berjulukan Al-Jawi atau Pulau Jawa.
Putri Aurora tumbuh dan besar bersama dengan jin-jin lain yang ada di pulau itu. Darah biru yang mengalir di badan putri ini kemudian membuatnya menjadi seorang pemimpin bagi kerajaan jin komunitas itu.

Seiring berjalannya waktu, alasannya yakni terjadinya migrasi besar-besaran orang-orang Yunan (China) ke Indonesia dan menempati pulau Jawa (baca : Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia), putri aurora dan para pengikutnya kemudian terusik. Mereka pindah menyerah alasannya yakni tak mau terlalu bersahabat dengan hiruk pikuk dan keramaian manusia. Mereka pindah ke sebelah sebelah selatan Jawa. Tepat di pesisir pantai bahari Selatan.

Beratus-ratus tahun putri Aurora dan pengikutnya membangun kerajaan, karenanya ia pun kemudian mencapai masa kejayaan. Banyak sekali kerajaan-kerajaan jin kecil di sekitaran jawa yang takluk dan mengaku bergabung dengan kerajaan bahari kidul.

Lambat laun, ketenaran kerajaan yang dipimpin putri aurora kemudian berkembang dan menyebar ke seluruh penjuru negeri. Masyarakat jawa kala itu yang tak terlalu fasih menyebut kata Aurora kemudian mengubah nama sang putri menjadi Roro. Putri Roro dipanggil Nyi Roro. Nah, alasannya yakni ia menjadi penguasa jin di pantai selatan, maka nama Nyi Roro kemudian diberi perhiasan kidul (Kidul=Selatan), maka nama lengkapnya menjadi Nyi Roro Kidul.[BACA : Asal Usul Candi Borobudur yang Sengaja DISEMBUNYIKAN!! ]

2.  Asal Usul Nyi Roro Kidul yakni Dewi Nawangwulan

Pendapat kedua menyebut bila asal usul nyi roro kidul yakni Dewi Nawang Wulan. Dewi yang merupakan istri dari Jaka Tarub. Jika Anda pernah mendengar dongeng Jaka Tarub, tentu Anda sudah sedikit banyak tahu wacana nama Dewi Nawang Wulan. Ya, dewi yang selendangnya dicuri dan tak sanggup kembali ke kerajaan langit ini dipercaya sebagai asal usul nyi roro kidul.  Ia dikutuk oleh kerajaan langit alasannya yakni sudah berani-beraninya menikah dengan insan (Jaka Tarub) dimana hal ini sangat haram hukumnya. Ia dikutuk menjadi sebangsa jin dan diperintahkan untuk menjaga pulau jawa biar tidak karam alasannya yakni keganasan Samudera Hindia.

Dalam mitologi Jawa, asal-usul nyi roro kidul dari versi yang satu ini tidak begitu banyak mempunyai bukti dan terkesan dihubung-hubungkan. Orang-orang Jawa umumnya akan lebih percaya pada pendapat asal usul nyi roro kidul yang pertama. [BACA : Asal Usul Minyak Bumi, Proses Pembentukan, dan Pengolahannya ]

3.  Asal Usul Nyi Roro Kidul yakni Raja Jin (Menurut Agama Islam)

kidul%2Bmenurut%2Bislam.jpg" imageanchor="1" style="clear: right; float: right; margin-bottom: 1em; margin-left: 1em;"> dan bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya percaya bila Laut Kidul  Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [ISLAM]kidul%2Bmenurut%2Bislam.jpg" height="147" title="Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [ISLAM]" width="200" />
Menurut Agama Islam, asal usul nyi roro kidul bukanlah hal Istimewa yang perlu diperbincangkan. Berdasarkan keterangan Al-Qur’an dan Al-Hadist, fenomena nyi roro kidul yakni hal yang lumrah terjadi di dunia jin. Nyi Roro Kidul sendiri dianggap sebagai penjelmaan dari pimpinan kerajaan jin di pesisir bahari Selatan Jawa, sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

Dari hadist tersebut, kita sanggup mernarik kesimpulan bahwa asal usul nyi roro kidul dan banyak sekali kepercayaan lain seputar hal ini janganlah terlalu diambil pusing.  Jangan kita terjebak oleh banyak sekali bentuk perangkap yang sengaja dibentuk Syetan untuk mengelabuhi manusia. Cukup berserah diri pada Alloh SWT untuk mencapai keselamatan dunia akhirat.

Demikianlah 3 pendapat wacana asal usul nyi roro kidul. Semoga sanggup menjadi perhiasan warta bagi Anda. Salam.

Previous
Next Post »

Post a Comment