Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, November 16, 2018

Kambing Yang Keras Kepala

Scud Story yakni Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Dongeng Kambing Kambing Yang Keras Kepala
Scud Story yakni Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Dongeng Kambing Yang Keras Kepala, dongeng Bahasa Sunda, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Di suatu hari yang cerah di tepian hutan, Dua ekor kambing berjalan dengan gagahnya dari arah yang berlawanan di atas lembah yang curam, ketika itu secara kebetulan mereka secara bersamaan masing-masing datang di tepi jurang yang dibawahnya mengalir air sungai yang sangat deras. Sebuah pohon yang jatuh, telah dijadikan jembatan untuk menyebrangi jurang tersebut. Pohon yang dijadikan jembatan tersebut sangatlah kecil sehingga tidak sanggup dilalui secara bersamaan oleh dua ekor tupai dengan selamat, apalagi oleh dua ekor kambing.

Jembatan yang sangat kecil itu akan menciptakan orang yang paling berani pun akan menjadi ketakutan. Tetapi kedua kambing tersebut tidak merasa ketakutan. Rasa sombong, gengsi dan keras kepala mereka tidak membiarkan mereka untuk menyerah dan menawarkan jalan terlebih dahulu kepada kambing lainnya.

Saat salah satu kambing menapakkan kakinya ke jembatan itu, kambing yang lainnya pun tidak mau menyerah dan juga menapakkan kakinya ke jembatan tersebut. Akhirnya keduanya bertemu di tengah-tengah jembatan. Keduanya masih tidak mau menyerah dan malahan saling mendorong dengan tanduk mereka sehingga kedua kambing tersebut hasilnya jatuh ke dalam jurang dan tersapu oleh ajaran air yang sangat deras di bawahnya.

Pesan Moral : Segala-sesuatu yang dilakukan dengan ceroboh, dan mementingkan gengsi., akan membawa kesialan dalam hidup. Ada baiknya kita menyerah untuk sesuatu kebaikan bersama, daripada kita saling memaksakan kehendak dan hasilnya merugikan kita dan orang lain.

Dongeng Bahasa Sunda
Di hiji dinten anu cerah di tepian leuweung,Dua buntut embe mapan kalawan besar lengan berkuasa na ti arah anu papalimpang di luhur landeuh anu nangtawing,waktos eta sacara kaleresan maranehanana sacara babarengan sewang-sewang anjog di sisi jurang anu di handap na ngocor cai walungan anu deras pisan. Hiji tangkal anu rubuh,parantos dijadikeun jembatan kanggo menyebrangi jurang kasebat. Tangkal kasebat alit pisan ku kituna henteu iasa diliwatan sacara babarengan ku dua buntut tupai kalawan wilujeng,sumawonten ku dua buntut embe.

Jembatan anu alit pisan eta bade midamel jalmi anu nu mawi wantun oge bade barobah kaayaan sieun. Nanging kadua embe kasebat henteu rumaos sieun. Rasa songong,gengsi sarta bahula maranehanana henteu ngantep maranehanana kanggo ngelehan sarta mikeun jalan leuwih tiheula ka embe lianna.

Waktos salah sahiji embe menapakkeun sukuna ka jembatan eta,embe anu lianna oge embung ngelehan sarta oge menapakkeun sukuna ka jembatan kasebat. Ahirna duanana patepang di keur-keur jembatan. Duanana henteu keneh palay ngelehan sarta malahan silih nyorong kalawan tanduk maranehanana ku kituna kadua embe kasebat ahirna geubis ka lebet jurang sarta tersapu ku ajaran cai anu deras pisan di handap na.

Talatah Moral : Saniskanten-hiji hal anu dipigawe kalawan ceroboh,sarta mementingkeun gengsi.,bade ngabantun kesialan dina jumeneng. Aya alusna urang ngelehan kanggo hiji hal kebaikan sareng,batan urang silih maksakeun kahayang sarta ahirna ngarugikeun urang sarta batur.

Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan dongeng dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik Cerita Dongeng yaitu mencakup Tema Cerita Dongeng, Amanat/Pesan Moral Cerita Dongeng, Alur Cerita/Plot Cerita Dongeng, Perwatakan/Penokohan Cerita Dongeng, Latar/Setting Cerita Dongeng, serta Sudut pandang Cerita Dongeng. dan kadang disertai  unsur Ekstrinsik Cerita atau Dongeng.


Previous
Next Post »

Post a Comment