Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, November 15, 2018

Kumpulan Cerita Wali Songo Lengkap

 Berikut ini kami sampaikan Kumpulan Kisah dan Riwayat Wali Songo Lengkap dengan Gambar Fo Kumpulan Kisah Wali Songo Lengkap
Berikut ini kami sampaikan Kumpulan Kisah dan Riwayat Wali Songo Lengkap dengan Gambar Foto para Wali penyebar agama Islam di Tanah Jawa. Walisongo atau Walisanga atau Wali Sembilan dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada kurun ke 14. Mereka tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan-Tuban di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.

Masa Walisongo ialah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka ialah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga berperan. Namun peranan mereka yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat secara luas serta dakwah secara langsung, menciptakan para Walisongo ini lebih banyak disebut dibanding yang lain.

Makna/Arti Walisongo
Mengenai Arti Wali Songo, Ada beberapa pendapat mengenai arti Walisongo. Pertama ialah wali yang sembilan, yang menunjukan jumlah wali yang ada sembilan, atau sanga dalam bahasa Jawa. Pendapat lain menyebutkan bahwa kata songo/sanga berasal dari kata tsana yang dalam bahasa Arab berarti mulia. Pendapat lainnya lagi menyebut kata sana berasal dari bahasa Jawa, yang berarti tempat.

Pendapat lain yang menyampaikan bahwa Walisongo ialah sebuah majelis dakwah yang pertama kali didirikan oleh Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) pada tahun 1404 Masehi (808 Hijriah).[1] Para Walisongo ialah pembaharu masyarakat pada masanya. Pengaruh mereka terasakan dalam bermacam-macam bentuk manifestasi peradaban gres masyarakat Jawa, mulai dari kesehatan, bercocok-tanam, perniagaan, kebudayaan, kesenian, kemasyarakatan, hingga ke pemerintahan.

Berikut ini Kumpulan Kisah Wali Songo Lengkap




    Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan kisah dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita.


    Previous
    Next Post »

    Post a Comment