Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, November 15, 2018

Pengertian Mitologi Dan Kisah Legenda

Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Pengertian Mito Pengertian Mitologi dan Cerita Legenda
Scud Story adalah Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Pengertian Mitologi dan Cerita Legenda, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Indonesia ialah sebuah negara yang paling banyak mempunyai kebudayaan dan kepercayaan akan kisah-kisah gaib dan supranatural. Selain itu bangsa kita juga mempunyai banyak dongeng legenda yang dipercaya secara turun temurun. Berikut ini kami sajikan semua hal yang berkaitan dengan Arti Mitologi dan Legenda di Indonesia.

Baca Cerita Dongeng Ini Selengkapnya :
Mitologi ialah ilmu perihal kesusastraan yang mengandung konsep perihal dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Atau suatu dongeng perihal kehidupan suatu bangsa pada masa lampau yang mempunyai hubungan bersahabat dengan para yang kuasa dan para pahlawannya. Mitologi juga berarti dongeng perihal asal mula alam semesta, manusia, dan bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang sangat dalam. Setiap suku bangsa yang berada di wilayah Indonesia mempunyai mitologi. Cerita yang dimilikinya biasanya terkait dengan sejarah kehidupan masyarakat di suatu daerah, contohnya perihal awal mula masyarakat menempati kawasan itu. Umumnya dimitoskan bahwa ada tokoh yang berpengaruh dan sakti yang dulu memimpin masyarakat menempati kawasan itu.

Sedangkan Legenda ialah sebuah dongeng rakyat pada masa kemudian yang masih mempunyai hubungan dengan peristiwa-peristiwa sejarah atau dengan dongeng-dongeng, menyerupai dongeng perihal terbentuknya suatu negeri, danau, gunung, dan lain sebagainya. Legenda sebagai suatu dongeng telah menjadi dongeng rakyat dan setiap kawasan di Indonesia memilikinya. Cerita ini diwariskan secara turun-temurun. Legenda biasanya berisi petuah atau petunjuk mengenai apa yang benar dan apa yang salah. Dalam legenda dimunculkan aneka macam sifat dan aksara insan dalam menjalani kehidupannya, yaitu sifat yang baik dan sifat yang buruk, sifat yang benar dan sifat yang salah, untuk kemudian dijadikan sebagai aliran bagi generasi selanjutnya. Contoh legenda yang populer diantaranya ialah legenda Banyuwangi, Gunung Tangkuban Perahu, Danau Toba, dan lain-lain.
Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan dongeng dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita. Nah, sekarang kita tahu pengertian dan arti dari Mitologi dan Legenda, agar bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua. Aamiin.

Previous
Next Post »

Post a Comment