Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 14, 2018

Manfaat Kisah Bagi Anak

Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Manfaat Dongeng Manfaat Dongeng Bagi Anak
Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Manfaat Dongeng Bagi Pertubuhan dan Perkembangan Anak, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Penting untuk diketahui oleh setiap orang bau tanah yang menyayangi anaknya ialah betapa acara membacakan dongeng kepada anak banyak sekali keuntungannya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Diantaranya ialah menawarkan teladan, motivasi aktual kepada anak, mengajarkan anak untuk berkomunikasi, dan meningkatkan kecerdasan anak. Dengan membacakan dongeng sebelum tidur orang bau tanah sanggup menawarkan teladan sikap-sikap perbuatan terpuji dan menghindari perilaku atau perbuatan yang jelek dari dongeng yang dibacakan.

Baca Cerita Dongeng Ini Selengkapnya :
Mendongeng ialah cara paling efektif untuk menanamkan gagasan atau pemikiran, nilai moral, kebijaksanaan pekerti serta konsep lantaran akhir terutama pada anak. Pada ketika orang bau tanah membacakan atau menceritakan sebuah dongeng, biasanya sang anak berimajinasi sebagai tokoh dalam dongeng yang dituturkan atau diceritakan oleh orang tuanya tersebut. Nah, inilah kesempatan bagi orang bau tanah untuk menawarkan motivasi kepada sang anak tercinta melalui sebuah dongeng. Sedangkan untuk anak yang belum sanggup berkomunikasi, orang bau tanah sanggup merangsang kemampuan berkomunikasi lisan sang anak dengan cara membacakan dongeng atau dongeng yang gampang dimengerti oleh sang anak. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak ialah dengan mendongeng. Anak yang cerdas ialah anak yang menerima stimulasi sempurna sesuai dengan usianya, terutama pada usia keemasan atau golden age (usia 0-5 tahun). Usia keemasan anak ialah masa keemasan pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga pada masa ini anak membutuhkan pendampingan dari sosok yang sanggup terus memantau pertumbuhan dan perkembangannya. Serta membutuhkan orang bau tanah yang bisa menawarkan stimulasi optimal dengan penuh kasih sayang. Dan salah satu bentuk stimulasi untuk mencerdaskan anak ialah dengan cara mendongeng.

Banyak penelitian yang sudah dibuktikan bahwa acara mendongeng pada anak memang banyak sekali manfaatnya. Jangankan semenjak kecil atau bayi, bahkan pada ketika sang anak masih dalam kandungan pun mendongeng sudah bisa dilakukan. Kaprikornus kalau ada pertanyaam mulai kapan anak atau bayi bisa didongengi? Jawabannya ialah semenjak indra indera pendengaran bayi mulai berfungsi di dalam kandungan.

Ibarat sebuah gelombang radio, dengan bercerita kepada anak berarti orang bau tanah mengirim sinyal pada buah hatinya. Yang harus ditekankan di sini ialah bahwa dongeng bisa berbagi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan ketahanan mental pada anak. Berikut ini diuraikan perihal manfaat yang bisa diperoleh dari acara mendongeng untuk mengaktifkan simpul-simpul syaraf pada anak, diantaranya :
  • Mengaktifkan simpul-simpul syaraf : Banyak penelitian membuktikan, cerita-cerita yang didengar anak semenjak bayi sanggup mengaktifkan simpul-simpul syaraf di otaknya (myelin). Cara kerjanya sederhana. Seperti halnya senam otak, banyaknya gosip yang didapat anak sanggup menciptakan otak si anak menjadi lebih aktif. Ini pun berimbas pada perkembangan Intelegen Quetion (IQ) pada sang anak.
  • Merangsang indra : Dongeng yang disampaikan sanggup menawarkan rangsangan pada indra sang bayi/anak, terutama indra indera pendengaran dan penglihatan. Sebagaimana telah dikemukakan bahwa 5 tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan masa emas atau masa sedang giat-giatnya anak menyerap banyak sekali yang didengar dan dilihat. Jadi, walaupun belum sanggup menawarkan respon yang berarti, semua dongeng yang diceritakan oleh orang bau tanah akan ditangkap oleh indra indera pendengaran dan penglihatannya untuk kemudian direkam dalam memorinya. Kedua indra tersebut juga terlatih menangkap sedemikian banyak informasi.
  • Perkembangan lebih cepat : Banyaknya gosip yang didapat oleh bayi atay anak bisa mengoptimalkan pertumbuhannya. Berangkat dari sini, jangan heran apabil bayi yang lebih sering didongengi menjadi lebih cepat tengkurap, merangkan dan sebagainya. Itu semua akhir perkembangan otaknya lebih optimal lantaran banyaknya rangsangan yang diterimanya. Perkembangan kemampuan ini tidak berhenti hingga di usia bayi saja. Setelah anak tumbuh lebih besar pun banyak manfaat yang masih terasa apabila dongeng sering diperdengarkan pada bayi. Paling tidak, lantaran perkembangan otaknya optimal, stimulus apa pun yang diajarkan padanya akan ditangkap lebih cepat.
  • Lebih peka : Selain perkembangan kemampuan fisik dan intelektual, bayi-bayi yang sering mendengarkan orang tuannya bercerita diyakini akan tumbuh menjadi anak yang lebih peka. Seiring dengan pertambahan usianya, kepekaan ini akan mendukung sederet perilaku aktual lainnya, menyerupai rasa ingin tahu, percaya diri, perilaku kritis, kamauan eksploratif, dan sebagainya. Dengan kata lain kecerdasan emosional, spiritual, dan ketahanan mentalnya kian terasah. Memang, tidak semua manfaat aktual pribadi terasa pada nakan semenjak bayi lantaran ada sifat-sifat yang mungkin gres terlihat sehabis si anak tumbuh besar.
Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan dongeng dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita. Nah, kini kita sebgai orang bau tanah sudah tahu betapa pentingnya Dongeng bagi anak-anak. Dari banyaknya Manfaat Dongeng Bagi Anak tersebut, mari kita mulai menyukai dongeng sebagai media mendidik anak kita.

Previous
Next Post »

Post a Comment