Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 14, 2018

Cara Biar Anak Gemar Menbaca

Scud Story yakni Portal Edukasi yang memuat artikel ihwal Tips Praktis dan  Cara Agar Anak Gemar Menbaca
Scud Story yakni Portal Edukasi yang memuat artikel ihwal Tips Praktis dan Cara Agar Anak Gemar Menbaca, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita. 


Banyak cara biar Anak-anak kita berguru gemar/suka membaca semenjak usia dini. Tentu kita sebagai orang bau tanah harus mempunyai banyak trik biar putra-putri kita merasa bahagia dan tidak merasa terbebani dengan metode pembelajaran tersebut. Berikut ini macam-macam cara biar anak suka membaca semenjak dini, yaitu :

Baca Cerita Dongeng Ini Selengkapnya :
  • Buat Perpustakaan Pribadi
Sediakanlah akomodasi perpustakaan langsung di rumah anda, meskipun anda tahu kalau buah hati anda belum sanggup baca. Buatlah dekorasi perpustakaan langsung tersebut semenarik mungkin. Namun jangan satukan mainan dengan perpustakaan langsung tersebut. Karena belum dewasa biasanya lebih suka bermain daripada membaca. Hal ini sanggup memacu kecintaan anak pada buku.
  • Bacakan Dongeng
Membacakan dongeng sangat besar keuntungannya bagi buah hati anda. Pilihlah buku-buku dongeng yang bermutu dan pantas buat dikonsumsi anak-anak. Pilihlah kisah yang menarik dan mempunyai gambar dan warna yang “catching”, sehingga belum dewasa pun akan ingin tau dengan citra insiden yang termuat di dalam sebuah dongeng. Mendongenglah dengan gaya dan expresi yang menarik pula. Dengan begitu, belum dewasa pun akan tertarik untuk membaca buku.
  • Buat Poster Bergambar
Ajarkan buah hati anda menciptakan sebuah poster bergambar. Gambar sanggup menyesuaikan dengan tokoh favorit buah hati anda. Bila buah hati anda nge-fans dengan Spongebob. Mintalah buah hati anda untuk menggambar Spongebob, dan meminta anak mendeskripsikan gambar tersebut. Misalnya…. “Spongebob sedang berenang.” Dan tempelkanlah poster tersebut di kamar tidur sang anak, supaya setiap hari mereka sanggup melihat dan membacanya.
  • Ajarkan Cara Menulis
Menulis dan membaca sangat bersahabat hubungannya. Ajaklah buah hati anda untuk berguru menulis dari buku-buku yang menarik. Misalnya, mewarnai karakter dan gambar, dan masih banyak contoh-contoh buku berguru menulis dengan cara yang menarik, yang banyak tersedia di toko-toko buku.
  • Pasang Poster Huruf-huruf
Hal ini mungkin masih berafiliasi dengan “Mengajarkan Cara Menulis.” Sebelum anak sanggup membaca, mereka harus mengenal huruf-huruf. Supaya mereka sanggup membaca, mereka harus mengenal macam-macam huruf. Dan supaya mereka sanggup mengenal macam-maca huruf, anda sanggup memasangkan poster-poster yang berisikan huruf-huruf dengan bentuk yang menarik.
  • Nyanyi Lagu “AKU BISA BACA”
Supaya buah hati anda suka dengan acara membaca, anda sanggup mengajarkan lagu AKU BISA BACA kepada buah hati anda. Selain bermanfaat untuk mengajarkan anak cara membaca, lagu ini juga sanggup meningkatkan kecintaan anak pada acara membaca.
  • Berikan Hadiah Sebuah Buku
Tanamkan di dalam hati anak bahwa buku yakni sesuatu benda yang sangat berharga dan besar nilainya. Agar anak sanggup lebih menyayangi dan menghargai sebuah buku, anda sanggup mengakibatkan buku sebagai hadiah di hari-hari special. Misalnya, sebagai kado ulang tahun, hadiah sebab anak menerima nilai raport yang bagus, dan lain-lain. Dan jangan lupa membungkus kado tersebut dengan hiasan-hiasan yang menarik.
  • Ikutkan anak menjadi anggota perpustakaan
Hal ini sangat bermanfaat bagi buah hati anda, supaya buah hati anda sanggup mengenal bermaca-macam buku dengan biaya yang lebih murah. Dengan mengenal aneka macam macam buku, anda pun tahu buku macam apa yang digemari buah hati anda. Dan kalau kita mengenal buku menyerupai apa yang digemari buah hati kita, maka kita pun akan tahu buku apa yang sanggup kita belikan buat buah hati kita.
  • Berikan Uang Jajan Buku
Pelitlah dalam memberi uang jajan kepada buah hati kita, bila hanya untuk jajan benda-benda yang tidak terlalu penting. Namun jangan pelit untuk menunjukkan uang jajan kepada buah hati kita bila bertujuan untuk membeli buku.
  • Buat Jadwa Membaca
Supaya buah hati kita mempunyai sebuah kebiasaan dalam membaca buku, buatlah sebuah agenda membaca buku buat buah hati anda. Misalnya, setiap jam 7 malam, buah hati kita harus membaca buku minimal 30 menit, atau dalam satu hari buah hati kita diminta untuk membaca minimal dua halaman buku.
  • Ajak Pergi ke Toko Buku
Luangkan waktu berbelanja anda untuk sekedar berkunjung ke toko buku, meskipun anda tidak akan membeli buku. Hal ini sangat mempunyai kegunaan biar buah hati kita semakin menyayangi toko buku, dan terbiasa mengunjungi toko buku.
  • Mengerti buku yang sesuai dengan usia mereka.
Jangan segan bertanya kepada petugas perpustakaan atau toko buku, untuk menanyakan buku apa yang cocok dengan usia buah hati anda. Hal ini sangat bermanfaat biar buku yang kita beli hanya menjadi bantalan duduk atau bantalan tidur buah hati kita. Tidak mungkin seorang anak balita kita belikan sebuah novel yang gambarnya jarang-jarang dan kurang menarik kan?
  • Ajarkan Anak Untuk Membaca Sambil Bersuara
Tips ini hanya untuk anak sudah sanggup membaca. Bila buah hati kita sudah sanggup membaca, mintalah ia untuk membaca buku dengan bersuara.Tips ini juga sangat bermanfaat biar buah hati kita sanggup mengerti isi buku yang ia baca. Hal ini juga akan sangat bermanfaat biar kita tahu sejauh mana kemapuan membaca buah hati kita. Kalau ada kesalahan-kesalahan pada ketika mereka membaca, kita pun sanggup cepat mengajarkannya cara membaca yang benar.
  • Menjadi Teladan Membaca
Sebelum anda mengajarkan buah hati anda, tanyakanlah pada diri anda sendiri, ”Sudahkah saya gemar membaca buku?”
Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan kisah dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita. Sekarang kita tahu bagaimana Tips/Trik dan cara gampang biar anak kita gemar membaca. Mulailah dari usia dini biar anak kita menjadi anak yang gemar membaca dan pintar.


Previous
Next Post »

Post a Comment