Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 14, 2018

Dongeng Fabel Laba-Laba Pembohong

Scud Story yakni Portal Edukasi yang memuat artikel perihal kisah Dongeng  Dongeng Fabel Laba-Laba Pembohong
Scud Story adalah Portal Edukasi yang memuat artikel perihal kisah Dongeng Fabel Laba-Laba Pembohong, Dongeng Anak Indonesia, Dongeng Penghantar Tidur, Dongeng Pendek, Cerita Rakyat Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Suatu hari di sebuah hutan berbukit-bukit, angin beristirahat sesudah sekian usang bertiup. Di puncak bukit, dibalik kerikil besar, angin tertidur panjang. Sementara itu, para hewan mulai merindukan angin. Merekapun mengirimkan laba-laba untuk mencari angin. Tidak lama, laba-laba menemukan angin dan membangunkannya. Angin tidak suka tidurnya diganggu olah laba-laba. Anginpun mengusir laba-laba dan kembali tidur.

Baca Cerita Dongeng Ini Selengkapnya :
Karena laba-laba berjalan dengan perlahan, butuh waktu yang usang baginya turun dari bukit. Dalam perjalanannya, beliau bertemu lalat yang juga dikirim untuk mencari angin. Laba-laba berbohong kepada lalat dengan menyampaikan bahwa ia telah menemukan angin dan berhasil membujuknya. Padahal, bekerjsama angin mengusir laba-laba. Mendengar informasi manis itu, lalat pulang lebih dulu dan berencana mengakui bahwa ia yang terlebih dulu bertemu angin, bukannya laba-laba. Ia berharap akan mendapatan kebanggaan dari para binatang.

Rencana berjalan lancar. Ia datang di bawah sebelum laba-laba. Dengan berbohong, lalat menceritakan perjalanan beratnya untuk menemukan angin. Para hewan merayakan keberhasilan lalat dan memuji lalat setinggi langit. Sementara, ketika laba-laba pulang, ia diusir oleh para hewan alasannya tidak berhasil menemukan angin. Sejak ketika itulah laba-laba dan lalat menjadi musuh. Laba-laba sengaja menciptakan jebakan untuk membunuh dan memakan lalat. Sementara itu, angin sudah bangkit dari tidur dan mulai bertiup kembali.

Pesan Moral dari Dongeng Fabel Laba-Laba Pembohong yakni : Jangan suka berbohong kepada sobat atau siapa pun, Jika kita berbohong akan dijauhi teman. Belajarlah jujur walau itu tidak lezat bagi kita. sifat jujur yakni mulia dan disukai Tuhan.
Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan kisah dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita. Untuk berguru memahami itu semua, coba adik-adik tebak dari kisah Dongeng Fabel Laba-Laba Pembohong diatas temanya apa, tokohnya siapa dan settingnya dimana, ayo siapa yang tahu?.


Previous
Next Post »

Post a Comment