Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, October 23, 2014

Pandangan Ranggawarsita (Dalam Paramayoga) Mengenai Agama Kristen

Sebenarnya Ranggawarsita dalam karyanya yang berjudul Paramayoga yang setengah mistis itu tidak benar-benar mengkhususkan diri membicarakan agama kristen melainkan hanya dalam bab-bab terakhir saja pujangga Jawa itu menyebut-nyebut perihal pemikiran nabi Ngisa.

Dalam salah satu belahan terakhir dari buku tersebut dia melukiskan, bagaimana Ki Jaka Sengkala yang keturunannya berdasarkan takdir Ilahi akan memenuhi pulau Jawa, berkenalan dengan pemikiran Isa. Jaka Sengkala yang sedang merantau, mencari pengetahuan yang sejati, diisyarati oleh Batara Wishnu untuk mencar ilmu pada seorang nabi di tanah orang-orang Ibrani, alasannya nabi dari sana lebih bersakti lagi daripada Batara Wishnu. Nabi yang diselubungi misteri itu mengajari Ki Sengkala yang masih muda itu ilmu yang membuatnya merasa senang. Ajaran itu berkisar pada “pembebasan rohani dan maka dari itu dalam hati Jaka Sengkala timbul hasrat untuk menjadi murid nabi Ngisa itu.

Enggaling carios Jaka Sengkala sampun puruhita dateng raja pandita angangge agama Ngisa. Lajeng kawulang ing ngelmi kalepasan ing mudi, sampurnaning kasidan andadosaken mareming manahipun Jaka Sengkala. Malah lajeng karem dateng ngelmi mangsuding agami; sareng sampun sawetawis lami Jaka Sengkala gadah kajeng bade nyakabat Kangjeng Nabi Ngisa…*

Rasa puas akan pemikiran Yesus kemudian menuntun Jaka Sengkala untuk menyembah Allah. Yang menarik ialah bahwa pemikiran Isa ini dilukiskan Ranggawarsita sebagai “pembebasan budi” dan “kepergian yang sempurna”. Di sini pemikiran Ngisa mengatasi pemikiran Batara Wishnu sendiri. Yesus menunjukkan pengetahuan perihal kehidupan, dialah “manusia sejati”. Namun pengetahuan sejati itu tidak terikat secara ekslusif kepada Ngisa sendiri, kepada pribadinya. Maka dari itu, berdasarkan Ranggawarsita, untuk menjadi penganut pemikiran Ngisa ini Jaka Sengkala tidak harus mencar ilmu eksklusif pada nabi Ngisa, melainkan cukup menghadap seorang nabi lain, seorang nabi yang akan muncul di pulau Jawa.

Dari kutipan tersebut kita sanggup menyimpulkan pandangan Ranggawarsita mengenai agama Kristen. Bagi pujangga ini agama Nasrani merupakan suatu bentuk gres mengenai pengetahuan mistik. Sesudah nabi Ngisa maka di pulau Jawa akan muncul seorang nabi lain yang mengajarkan pengetahuan yang sama. Setiap negara memiliki nabinya sendiri. Orang-orang Ibrani memiliki nabinya sendiri, begitu pula orang-orang Jawa. Inti pemikiran nabi-nabi itu sama.

Ranggawarsita sanggup mengintegrasikan keyakinan kristiani dengan alam pikiran Jawa, tetapi sekaligus agama tersebut juga didandani sesuai dengan alam pikiran priyayi. Agama kristen berdasarkan pandangan Ranggawarsita menitik beratkan pada roh, budi, sebuah elmu yang melepaskan diri dari dunia, insan meninggalkan dunia secara sempurna.

Apa persisnya arti pemikiran Yesus tidak diterangkan oleh Ranggawarsita. yang diterangkan oleh Ranggawarsita di buku ini hanyalah bahwa segala bentuk mistik, guna-guna dan praktek-praktek berbau klenik ditolak oleh pemikiran gres ini. Hanya itu, tak kurang dan tak lebih. []

Previous
Next Post »

Post a Comment