Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, November 29, 2016

Cara Gampang Menanam Serai Bau - Serai (Cymbopogon Citratus)

Cara Menanam Serai Wangi - Serai (Cymbopogon citratus) atau sering dikenal dengan sebutan sereh merupakan flora penghasil minyak atsiri yang banyak dijumpai di asia tenggara terutama Indonesia dan India. Tanaman seai mempunyai daun tunggal yang berjumbai, tumbuh berumpun, akar serabut. Selain menghasilkan minyak Atsiri, flora serai amis atau sereh banyak dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Masakan yang sering memakai serai adaalah sop.


 atau sering dikenal dengan sebutan sereh merupakan flora penghasil minyak atsiri yang b Cara Praktis Menanam Serai Wangi - Serai (Cymbopogon citratus)
Untuk membudidayakan flora serai amis di rumah sanggup dilakukan dengan beberapa langkah sederhana berikut:
  1. Siapkan batang serai yang mempunyai akar dan potong daun atasnya sehingga tersisa batang 20cm dari pangkal batangnya. Biubiut sanggup diperoleh dari pasar ataupun tukang sayur keliling.
  2. Gali lubang dengan memakai cangkul, berilah pupuk kandang ke dalam lubang.
  3. Tanamlah bibit serai, dan tutup kembali. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal demam isu penguhujan.
Tanaman serai merupakan flora yang sangat gampang tumbuh dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Jika anda menginginkan penanaman serai dalam skala besar, maka perlu persiapan lahan yang matang.

Persiapan Lahan

Bersihkan lahan dari semak belukar atau rumput yang tumbuh di kebun anda, gunakan herbisida untuk membasminya. Kemudian lakukan penggemburan dengan memakai bajak atau dicangkul, Buatlah lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 50cm antar lubang. Jangan lupa untuk memasukkan pupuk kandang pada setiap lubang.

Menanam Serai di Kebun

Untuk kapasitas penanaman yang besar, maka perlu persiapan bibit yang banyak. Masukkan 2 batang serai pada setiap lubang tanam, lalu tutup dan padatkan. Lakukan hal yang sama hingga semua lubang tertanami.

Perawatan Tanaman Serai Wangi

Perawatan yang dilakukan ialah melaksanakan penyulaman pada bibit serai yang tidak tumbuh, dan melaksanakan penyiraman bila tidak ada hujan. Oleh alasannya itu sebaiknya penanaman dilakukan pada awal demam isu penghujan. Pembersihan rumput-rumput liar yang tumbuh juga sangat diharapkan semoga flora serai sanggup tumbuh dengan baik.

Panen  Serai

Tanaman Serai sanggup dipanen pada umur 5-6 bulan sehabis penanaman untuk pemanenan pertama, panen selanjutnya sanggup dilakukan 3-4 bulan sehabis pemanenan pertama.

Itulah beberapa langkah cara menanam serai yang sanggup dijadikan panduan dalam budidaya serai wangi/sereh baik sekala kecil maupun dalam jumlah banyak.

Previous
Next Post »

Post a Comment