Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 23, 2016

Cara Gampang Menciptakan Dan Merawat Bakalan Bonsai Serut

CARA MERAWAT BAKALAN BONSAI SERUT -- Tanaman bonsai dari pohon Serut mungkin sudah tidak absurd lagi bagi pecinta flora Bonsai. Serut merupakan jenis flora yang sangat cocok dijadikan bakalan bonsai, sebab secara natural daun flora serut yang kecil dan batang berwarna putih kontras dengan warna daun yang hijau. Keunggulan lain dari flora serut sebagai bakalan bonsai ialah daya hidup flora serut pada pot cukup tinggi, sehingga tidak sulit dalam merawatnya. Bonsai serut yang indah dan sudah jadi tidak jarang berharga sangat mahal.

Yang menciptakan flora serut ini menjadi idola para pecinta bonsai ialah kemampuan flora serut untuk membentuk cabang dan ranting, pada ketika ditanam pada pot. Selain itu pada belahan batang juga gampang tumbuh tunas, sehingga gampang dalam pemilihan cabang yang akan dibosai. Tanaman ini mempunyai buah yang berwana hijau dan juga berbunga berwarna putih. Baik bunga dan buahnya tidak begitu menonjol sebab terlalu kecil ukurannya.

Bagaimana Tanaman Serut Berkembang ?

Tanaman serut bisa dikembangkan dengan aneka macam cara antara lain dengan tunas akar, cangkok maupun dengan cara stek. Cara perkembangbiakan flora serut dengan stek memerlukan penanganan yang lebih dan perlakuakn khusus.
Kebanyakan flora serut yang dijadikan bakalan bonsai diambil dari galian alam.  Namun dalam memindahkan dan menggali serut dari  alam harus hati-hati.  Terkadang untuk kehati-hatian penggaliannya dilakukan secara bertahap. Pertama kali, sebagian akar  dipotong dulu , selanjutnya ditimbun lagi dengan tanah. Setelah masa dua bulan berikutnya, pemotongan tahap kedua yang merupakan pemotongan seluruhnya sanggup dilakukan. Setelah melalui cara tersebut, flora serut sanggup dipindahkan ke dalam pot besar terlebih dahulu, yang merupakan pot sementara. 

Penanaman Bonsai Serut

Dalam masa pemindahan dari galian tanah ke pot dibutuhkan masa pembentukan sambil menunggu bakalan bonsai serut tumbuh sehat. Media tanam untuk masa pembentukan flora serut ini merupakan tanah gunung dicampur pupuk kandang atau humus, dengan perbandingan 1: 1.

Setelah bakalan bonsai serut ini tumbuh belahan cabang-cabangnya sudah seimbang dengan belahan batanng bisa dipindahkan ke dalam pot permanen dan mulai dibentuk. Karakter dari Tanaman Bonsai serut  ini menyukai sinar matahari penuh, sebab itu perlu diletakan di daerah yang terbuka yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Di daerah itu, ia akan tumbuh baik dan daunnya sanggup lebih kecil, serta tahan penyakit.

Selanjutnya sehabis Bonsai flora serut bisa tumbuh dengan baik dan sudah dibuat sesuai dengan yang diinginkan tinggal melaksanakan perawatan. Untuk perawatan tanaman bonsai serut perlu dilakukan penyiraman dua kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan. Perawatan lain dari bakalan bonsai serut ini ialah pemupukan dan pemangkasan dahan dan daun supaya rapi.

Previous
Next Post »

Post a Comment