Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, November 13, 2016

Cara Menanam Selada / Lettuce Secara Hidroponik Dengan Rockwool

Selada atau lettuce memang sayuran yang terkenal dan juga gampang kalau dibudidaya memakai sistem hidroponik. Ada banyak ragam selada atau lettuce ini. Jika anda mau menanam sayuran secara hidroponik selada dapat menjadi pilihan pertama bagi anda. Selain gampang dalam budidaya lettuce mempunyai banyak manfaat dan khasiat. Untuk alasan kenapa selada wajib anda tanam dapat anda baca disini.

Selada (Lactuca sativa) yaitu tumbuhan sayur yang biasa ditanam di tempat beriklim sedang maupun daerah tropika. Kegunaan utama yaitu sebagai salad ( sumber wikipedia

Nah kalau anda sudah memutuskan untuk menanam selada secara hidroponik, langkah pertama yaitu anda wajib menyiapkan alat dan juga materi untuk menanam selada secara hidroponik. Alat dan bahannya ada :

1. rockwool untuk media tanam
2. netpot
3. sistem hidroponik
4. benih
5. nutrisi hidroponik
6.air 
7. alat ukur ( ph meter dan ec tds meter )
8. tray semai

Nah langkah langkahnya yaitu tentukan dulu mau menanam sayuran selada memakai sistem hidroponik apa?? Misal anda mau memakai sistem wick. maka alat dan materi lain yang perlu disiapkan menyerupai diatas ditambah kolam air kotak kedalaman 10 cm lebar 30x40 atau silahkan cara dimensi lain. penyangga dapat memakai stereoform atau impraboard. dipotong sesuai panjang lebar kolam dan dilubang. 

Nah cara menanam selada dibawah ini langkah langkahnya :

1. Semai benih memakai rockwool

Siapkan rockwool potong ukuran 3x2,5x2 cm atau sesuaikan dengan netpot anda. Setiap penggalan rockwool dikasih benih 1 atau 2 sebaiknya 1 saja. 

Potongan rockwool ditaruh di tray semai, sebelum ditaruh basahi dengan air biasa tanpa nutrisi.

Lubangi rockwool sedalam 2-4 mm memakai pinset atau tusuk gigi kemudian 
Masukkan benih ke rockwool.  kasih epilog biar kelembapan baik dan benih cepat sprout, biasanya 1-2 hari sudah sprout.

2. Pindah ke sistem hidroponik

Jika semaian sudah berumur berkisar 14 hari,, anda dapat pindahkan rockwool beserta baby lettuce ke sistem wick yang sebelumnya sudah anda buat.  Sebelum anda pindah tentu saja anda wajib menyiapkan larutan nutrisi hidroponiknya terlebih dahulu. 

3. Perawatan

Selalu cek kondisi ph, ec ppm, suhu larutan nutrisi hidroponik supaya pertumbuhan selada dapat optimal. Jika anda belum mempunyai standar ph ec/ppm pada sayuran daun anda dapat download di www.hidroponikuntuksemua.com .. gratis!! syarat daftar jadi member aja. 

4. Panen

Jika sayuran selada telah memasuki masa panen anda dapat memanennya, biasanya 45-60 hari selada dapat dipanen. 

Jika anda tidak ada waktu untuk menciptakan sistem hidroponik wick anda dapat membelinya. klik pada gambar dibawah ini ya... 

Previous
Next Post »

Post a Comment