Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 23, 2016

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kroto Secara Gampang Dan Sederhana


Cara Budidaya Kroto Secara Sederhana - Pada topik sebelumnya kami telah membahas analisis perjuangan cara budidaya kroto, sekarang Kami akan mengupas mengenai bagaimana tahapan-tahap menjalankan budidaya kroto yang benar, biar menghasilkan panen kroto yang melimpah.

Inilah salah satu peluang perjuangan yang sangat menjajikan. Tidak membutuhkan tenaga dan menyita banyak waktu, yaitu budidaya kroto.

Tahapan Cara Budidaya Kroto
Cara budidaya kroto tidak sulit, akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda tahu terlebih dahulu, yaitu wacana seluk beluk hewan kecil satu ini semut rangrang penghasil kroto.
 Pada topik sebelumnya kami telah membahas analisis perjuangan cara <b><a href=budidaya kroto Panduan Lengkap Cara Budidaya Kroto Secara Praktis dan Sederhana" src="http://www.infoagribisnis.com/file/2015/03/budidaya-kroto-rumahan-budidaya-telur-kroto-cara-budidaya-kroto-budidaya-kroto-ratu-raja-300x200.jpg" height="266" style="margin-left: auto; margin-right: auto;" title="Panduan Lengkap Cara Budidaya Kroto Secara Praktis dan Sederhana" width="400" />
Cara Budidaya Kroto Secara Sederhana
Semut rangrang ialah serangga yang hidup dengan cara berkoloni, dengan setiap kooni terdiri dari :
  1. Ratu Semut, merupakan pemimpin sebuah koloni dari semut rangrang yang juga bertugas sebagai petelur penghasil kroto. Bentuknya menyerupai tawon atau lalat hijau paling besar diantara anggota koloninya.
  2. Semut Jantan, Berwarna kehitaman dan ukurannya lebih kecil dibandingkan ratu semut, mempunyai siklus hidup yang singkat ( kira – kira satu ahad ) dan bertugas untuk membuahi ratu semut biar menghasilkan telur.
  3. Semut Pekerja, ini merupakan semut betina yang mandul dan bertugas menjaga telur – telur kroto sampai menetas
  4. Semut Prajurit, semut inilah yang betugas mencari makan bagi anggota koloninya, serta melindungi keamanan rumah koloni dari ancaman yang membahayakan rumah mereka.
Itulah anggota koloni dari setiap koloni semut rangrang yang sempurnya. Maka dari itu, cara budiaya kroto atau semut rangrang harus perhatikan kesetabilan koloni.

Peternak kroto yang pintar tidak akan memanen kroto setiap kali siklus panen. Ada periode tertentu dimana telur semut tidak di panen, biar menetas dan menghasilkan koloni – koloni semut rangrang yang baru. Ini adlaah kunci utama cara budidaya kroto, tentunya biar produktifitas dan kualitas kroto yang dihasilkan tetap optimal.

Membuat Media Sarang Kroto dari Toples

Media yang dipakai dalam cara budidaya kroto umumnya ialah dengan media toples, meskipun ada beberapa peternak yang mencoba dengan memakai media lain menyerupai paralon maupun bambu.
Namun kalau melihat dari banyak sekali fungsinya serta gampang didapatkan, maka banyak para peternak kroto yang memakai toples sebagai media sarang kroto. Ada 4 tahapan cara budidaya kroto dalam proses ini yaitu :
  1. Cara budidaya kroto yang pertama ialah menciptakan media sarang bagi koloni semut rangrang tersebut biar mau bertelur. Jika  Anda memakai stoples, lubangilah toples tersebut di cuilan bawah dengan diameter 5 – 7 cm, kemudian tutup kembali lubang tersebut dengan lakban.
  2. Setelah Anda mendapat bibit koloni semut rangrang dari pohon di alam bebas, masukkannya sarang tersebut kedalam toples tadi kemudian tutup dengan rapat. Usahakan mendapat koloni semut yang lengkap, yaitu terdiri dari anggota – anggota koloni yang sudah Kami jelaskan diatas biar semut sanggup bertelur dengan sempurna.
  3. Tahap berikutnya dari cara budidaya kroto ialah menyiapkan nampan plastic datar, kemudian isilah nampan tersebut dengan air sampai setinggi setengah dari tinggi sisi nampan. Taruhlah kerikil bata yang berpermukaan data di tengah – tengah nampan yang telah diisi oleh air tersebut. Tujuan derma air ialah biar semut tidak kabur ketika dipindah ke lokasi tersebut.
  4. Berikutnya taruhlah toples yang telah diisi oleh bibit sarang semut rangrang tesebut diatas kerikil bata dengan posisi terbalik yaitu cuilan toples yang dilubangi tadi berada melekat pada batubata tersebut. Setelah posisinya benar – benar tegak, lepaslah lakban pentutp lubang toples tersebut biar semut bebas keluar untuk mencari makan.
Nah kalau Anda mendapat bibit kroto dengan membeli pribadi kepada peternak kroto, maka cara budidaya kroto jauh lebih praktis. Sebab para peternak kroto menjual bibit sudah lengkap dengan media toples yang dilubangi juga. Anda tinggal menaruh toples tersebut pada rak yang sudah di sediakan.
 Pada topik sebelumnya kami telah membahas analisis perjuangan cara <b><a href=budidaya kroto Panduan Lengkap Cara Budidaya Kroto Secara Praktis dan Sederhana" class="irc_mi ieR4I7a_GOqY-pQOPx8XEepE" src="http://www.infoagribisnis.com/file/2015/03/budidaya-kroto-rumahan-budidaya-telur-kroto-cara-budidaya-kroto-budidaya-kroto-toples-panen.jpg" height="300" style="margin-left: auto; margin-right: auto; margin-top: 0px;" title="Panduan Lengkap Cara Budidaya Kroto Secara Praktis dan Sederhana" width="400" />
Cara Budidaya Kroto Secara Sederhana
 Pada topik sebelumnya kami telah membahas analisis perjuangan cara <b><a href=budidaya kroto Panduan Lengkap Cara Budidaya Kroto Secara Praktis dan Sederhana" src="http://www.infoagribisnis.com/file/2015/03/budidaya-kroto-rumahan-budidaya-telur-kroto-cara-budidaya-kroto-budidaya-kroto-bibit-300x225.jpg" height="300" style="margin-left: auto; margin-right: auto;" title="Panduan Lengkap Cara Budidaya Kroto Secara Praktis dan Sederhana" width="400" />
Cara Budidaya Kroto Secara Sederhana
Dengan cara budidaya kroto tanpa proses pembibitan sendiri akan lebih memudah Anda tentunya, sembari mengasah kemampuan Anda tetap melaksanakan pembibitan sendiri.

Cara Memberi Pakan dalam Budidaya Kroto
Langkah berikutnya cara budidaya kroto ialah menunjukkan pakan. Makanan kroto biasanya berupa serangga mati menyerupai kecoa, ulat, jangkrik, maupun sisa – sisa makanan.

Disamping kuliner – kuliner tersebut, cara budidaya kroto biar cepat panen juga membutuhkan nutrisi pelengkap berupa air gula yang ditambahkan sedikit madu. Gunakan potongan gelas bungkus bekas air mineral sebagai daerah air gula tersebut, kemudian tempatkan di samping stoples biar gampang dijangkau oleh semut ketika keluar dari sarangnya.

Jika cara budidaya kroto yang Anda lakukan benar, pasokan kuliner kroto juga terjaga, serta tidak banyak semut yang kabur keluar jauh dari sarangnya, dalam kurun waktu 2 – 3 bulan kroto sudah sanggup dipanen.

Untuk satu toples kecil rumah koloni semut rangrang rata – rata akan menghasikan panen kroto seberat 1 ons, dan Anda tinggal hitung saja berapa stoples yang Anda punya dan kalikan dengan harga jual dari kroto tersebut di pasaran.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara budidaya kroto, dan jangan lupa untuk membaca juga artikel terkait dari Kami yaitu, cara budidaya kroto rumahan.  mengupas pengalaman – pengalaman para peternak kroto yang telah meraup untung dari berternak semut rangrang tersebut.

Previous
Next Post »

Post a Comment