Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, November 27, 2016

Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Buah Kesemek Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Pohon Buah Kesemek Yang Benar - Kesemek ialah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya ialah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, ialah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini). Pohon kesemek berukuran kecil hingga sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan adakala monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun. Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek sekitar 3 cm, bundar, bulat telur hingga jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.(sumber : wikipedia)

Cara Menanam Pohon Buah Kesemek Yang Benar Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Buah Kesemek Yang Baik dan Benar
Buah yang berasal dari Republik Rakyat Tiongkok ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, buah ini sanggup dimakan pribadi dalam keadaan segar sehabis diolesi dengan air kapur dan diperam, semoga rasa sepatnya hilang. Buah juga sanggup dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Manfaat kesemek bagi kesehatan diantaranya:
  1. Mengatasi hipertensi
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Meningkatkan sistem imun tubuh
  4. Melancarkan sirkulasi darah
  5. Mencegah penyakit kanker
  6. Mencegah penuaan dini
  7. Meningkatkan produksi sel darah merah
  8. Menjaga kesehatan paru-paru
Menyiapkan bibit Kesemek

Cara membudidayakan kesemek sanggup dilakukan dengan beberapa cara diantaranya pemisahan akar yang bertunas, memakai biji, dan dengan sistem sambung batang/okulasi. Budidaya dengan cara biji dan tunas akar biasanya akan memerlukan waktu yang cukup usang untuk sanggup berbuah, sekitar 7-10 tahun pohon kesemek baru  akan berbuah.

Untuk membudidayakan kesemek agar cepat menghasilkan buah sanggup dilakukan dengan okulasi, yaitu menempelkan cabang kesemek yang sudah berbuah ke batang bawah hasil dari biji. Selain okulasi cara yang paling banyak dipakai ialah dengan sistem cangkok. Jika anda tidak ingin repot anda sanggup membeli bibit di kios-kios penjual bibit tanaman, ciri bibit kesemek hasil okulasi ialah adanya bekas sayatan di pangkal cabangnya atau berbentuk karakter V.

Bibit hasil pembelian sebaiknya jangan ditanam langsung, biarkan bibit 1-2 ahad untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan baru.

Membuat Lubang tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50cm, isi lubang dengan memakai pupuk kandang hingga 2/3 bab terisi. Biarkan lubang tanam selama 2-3 ahad sebelum ditanami.

Jika anda ingin menanam dalam julah banyak, buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang ialah 6m x 6m untuk mendapat jarak tanam yang menunjukkan ruang untuk pohon kesemek tumbuh.

Menanam Bibit Kesemek

Bibit yang sudah disiapkan sanggup ditanam ke lubang, lepaskan plastik polybag yang dipakai untuk pembibitan (jangan hingga Tanah pembibitan hancur). Tutup lubang memakai Tanah sisa galian yang ada disekitar lubang, dan lakukan penyiraman sehabis penanaman simpulan dilakukan. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal animo hujan semoga anda tidak repot-repot untuk melaksanakan penyiraman.

Merawat Pohon Kesemek

Perawatan harus dilakukan ibarat melaksanakan penyiangan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman, melaksanakan pemupukan aksesori memakai pupuk kandang sehabis tumbuhan berumur 2-3 bulan dari penanaman, dan penyemprotan hama jikalau ada.

Untuk menghasilkan pohon kesemek yang cepat berbuah perlu dilakukan pemangkasan cabang-cabang, sehingga suplai makanan terpusat untuk menghasilkan buah.

Memanen Buah Kesemek

Buah kesemek yang sudah matang akan mempunyai ciri kulit berwarna antara jingga kekuningan hingga kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Pemanenan sanggup dilakukan dengan cara memotong tangkai buah memakai gunting atau pisau yang tajam.

Itulah beberapa cara menanam buah kesemek yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain yummy dikonsumsi, buah kesemek juga mempunyai nilai ekonomis.Harga kesemek di Indonesia terbilang murah, namun di Negara Tiongkok dan Jepang buah kesemek mempunyai harga yang tinggi.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kesemek

Previous
Next Post »

Post a Comment