Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, December 20, 2016

Apa Itu Nutrient Film Technique (Nft) Dalam Hidroponik






NFT ( Nutrients Film Technique ) , sistem hidroponik dengan memakai pedoman nutrisi tipis secara terus menerus, kira-kira ibarat itu bahasanya. Aliran nutrisi sebisa mungkin tidak lebih dari 3 mm, Ada banyak cara menanam hidroponik sistem wick, sistem NFT, deep water, drip irigasi, aeroponik, dll. Cara menanam hidroponik yaitu cara menanam tumbuhan dengan media air, memakai nutrisi dan juga unsur hara yang ada ibarat di tanah dilarutkan dalam air.

Pertumbuhan akar kebawah di atas atau dalam pedoman air dan nutrisi yang telah dilarutkan dalam air tersebut. Sistem NFT hidroponik ini pada dasarnya yaitu menciptakan media untuk dapat dialiri air yang tipis/ dangkal, nah pedoman air ini secara terus menerus sebagai media tumbuh tanaman, air nutrisi mengalir secara terus menerus untuk memperlihatkan unsur2 yang ada dalam tanah ke akar tanaman. Agar larutan nutrisi hidroponik dapat mengalir maka talang dibentuk miring dengan minimal kemiringan 1%.

Untuk menciptakan media untuk menanam tumbuhan hidroponik dengan sistem NFT ini ada banyak media yang dapat digunakan, pralon contohnya atau talang air bentuk u, acrilic, kayu dll. Untuk media tanam tanamannya dapat memakai rockwool, rockwool ditaruh dalam netpot lalu diletakkan diatas pedoman air yang telah dibentuk dari pralon, talang air, acrilic maupun materi yang lain.

Previous
Next Post »

Post a Comment