Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, December 23, 2016

Manfaat Dan Khasiat Bengle Sebagai Pengobatan Alternatif

MANFAAT TANAMAN BENGLE UNTUK PENGOBATAN

Bengle (Zingiber purpureum Roxb) Merupakan flora berasal dari Asia tropika, dari Negara India dan akibatnya hingga ke Indonesia. Untuk didaerah Jawa Bengle banyak ditanam dipekarangan rumah yang cukup menerima sinar matahari, mulai dari dataran rendah hingga 1.300 m dari permukaan laut.

Tanaman bengle tumbuh bangkit dengan tinggi 1-1,5 m, membentuk rumpun yang agak padat, berbatang semu dan terdiri dari pelepah daun yang dipinggir ujungnya berambut sikat, dengan daun tunggal dan menyilang. Bengle mempunyai rimpang yang menjalar dan berdaging, bentuknya hampir bulat dan juga tidak beraturan. Permukaannya tidak rata, berkerut dengan warna coklat muda kekuning-kuningan, kalau dibelah berwarna kuning muda hingga kuning kecoklatan, rasanya pahit dan pedas. Dalam pempudidayaan bengle dengan stek rimpang.

Bengle merupakan tumbuhan obat, ini tentu alasannya khasiat bengle yang elok untuk kesehatan, terutama untuk beberapa penyakit menyerupai demam dan masuk angin, bab yang digunakan ialah rimpangnya.
Berikut ini ialah beberapa khasiat bengle dan cara mengolahnya menjadi obat tradisional

CacinganAmbil 3 jari rimpang bengle, dua jari temu hitam, 5 biji ketumbar dan 5 lembar tangkai daun sirih, kesemua materi ramuan tersebut iris-iris tipis. Kemudian semua materi ditumbuk hingga halus. Tambahkan ½ cangkir air masak. Aduk hingga rata, peras kemudian saring ambil air dan minum sekaligus.

Demam dan masuk anginSiapkan 15 gram rimpang bengle yang masih segar, kemudian basuh dan parut, tambahkan ½ cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Aduk hingga merata, kemudian peras dan saring ambil airnya. Minum air perasan tersebut 2 kali sehari.

Perut mulesSiapkan rimpang bengle, jahe, kencur dan lempuyang busuk ½ jari tangan. Semua materi ramuan tersebut kita basuh hingga higienis kemudian iris-iris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air hingga airnya berkurang menjadi setengahnya. Setengah hambar disaring, ambil airnya minum sekaligus.

Sakit kuningAmbil ½ rimpang bengle, basuh hingga higienis kemudian parut, tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras saring ambil airnya kemudian minum airnya dua kali sehari.

Demikianlah beberapa khasiat bengle, untuk mengobati banyak sekali jenis penyakit yang sedang kita derita, biar dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan, misteri khasiat bengle akan semakin terkuak.

Previous
Next Post »

Post a Comment