Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, January 20, 2017

Metode Tanam Jajar Legowo Upaya Meningkatkan Produksi Padi Yang Paling Mungkin

Budidaya padi sawah merupakan acara menanam padi pada lahan persawahan untuk tujuan biar memenuhi kebutuhan pangan berupa beras. Budidaya padi merupakan acara rutinitas masyarakat petani dalam meningkatkan dan menyebarkan sumber daya alam yang tersedia. Dengan menanam padi tersebut, sanggup dipastikan kebutuhan pangan dan pasokan beras untuk seluruh lapisan masyarakat akan tetap terjaga dan terkedali. Mengingat jadwal pemerintah bahwa di tahun 2014 surplus atau pasokan beras harus mencapai sekitar 10 juta ton. Dengan demikian tentu hal ini harus menjadi perhatian bagi para petani kita untuk meningkatkan produktivitas padi dengan lahan produktif yang kian hari semakin berkurang. Berangkat dari problem tersebut, maka timbulah suatu pemikiran yakni bagaimana dengan lahan pertanian yang sempit namun tetap sanggup meningkatkan hasil pertanian padi.
Budidaya padi sawah merupakan acara menanam padi pada lahan persawahan untuk tujuan aga Metode Tanam Jajar Legowo Upaya Meningkatkan Produksi Padi Yang Paling Mungkin
Didalam menanam padi disawah ini banyak metode yang sanggup diterapkan untuk meningkatkan hasil panen padi, salah satu metode yang sangat baik dipakai untuk menanam padi disawah ialah metode tanam jajar legowo. Karena didalam metode tanam jajar legowo ini, pertumbuhan padi sanggup maksimal dan baik. Meningkatkan Hasil Panen Padi Dengan Metode Tanam Jajar Legowo ini bekerjsama cukup mudah, namun bagi petani yang awam tentu hal ini sangat menyulitkan. 



Tahukah anda bahwa ternyata Metode tanam Jajar Legowo ini sudah sangat usang dikenal oleh masyarakat petani pada zaman dulu. Metode jajar legowo ini ialah salah satu metode dalam menanam padi yang sangat baik untuk diterapkan dalam menanam padi, terutama dilahan yang mempunyai ruang yang sempit. Lantas apa sih arti dari jajar legowo ini, dan berasal dari mana bahasanya? mungkin dari anda masih ada yang galau dan bertanya akan hal ini. Nah berikut ini dasar-pertanian akan menjelaskannya.

Kata Jajar Legowo ini ialah berasal dari bahasa jawa, Legowo yang merupakan kependekan dari kata lego dan dowo yang berarti; lego  ( luas ) dan dowo ( panjang ). Kaprikornus maksudnya jajar legowo ialah metode tanam padi yang mempunyai sistem memanjang dan luas untuk pertumbuhan padi. Menanam padi ini memang harus mempunyai jarak tanam yang luas biar pertumbuhannya menjadi baik. Perlu anda ketahui bahwa tumbuhan padi sangat membutuhkan ruang yang cukup luas untuk sanggup tumbuh dan berkembang. Padi juga membutuhkan sinar matahari yang cukup baik, jadi dengan metode jajar legowo ini semua bab dari tumbuhan padi akan mendapat paparan sinar matahari.

Apa saja kelebihan dari menanam padi memakai metode tanam jajar legowo? Adapun kelebihan menanam padi memakai metode tanam jajar legowo ialah sebagai berikut:
  1. Dapat menambah jumlah anakan padi dan juga meningkatkan hasil panen.
  2. Dapat menghemat pupuk, alasannya bab yang dipupuk hanyalah barisan atau jajaran padi saja.
  3. Memudahkan dalam perawatan dan pembersihan.
  4. Dapat meminimalisir serangan hama pada tananam padi.
  5. Menjadikan tumbuhan padi lebih tepat dan rapi kalau dipandang.
Jadi pada pada dasarnya untuk meningkatkan hasil panen padi banyak metode yang sanggup digunakan, ibarat pada metode jajar legowo ini. Itulah beberapa kelebihan menanam padi memakai metode jajar legowo dalam menanam padi. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment