Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, March 7, 2017

Definisi Dan Pengertian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman (Hpt)

Pengertian hama dan penyakit pada tumbuhan tidak sama, jadi hama dan penyakit ini mempunyai defenisi yang berbeda. Namun banyak orang yang menganggap bahwa hama penyakit itu satu hal yang sama. Perlu diketahui bahwa hama dan penyakit pada tumbuhan merupakan suatu dilema dalam pertanian dan perkebunan. Adanya hama dan penyakit tumbuhan atau biasa disebut dengan istilah HPT ini terang membawa efek jelek terhadap tumbuhan yang kita budidayakan. Untuk mengenal apa perbedaan defenisi antara hama dan penyakit pada tanaman, maka kami akan mencoba menunjukkan klarifikasi wacana Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman.

 Pengertian hama dan penyakit pada tumbuhan tidak sama Definisi dan Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman (HPT)

Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman


Pengertian Hama

Apa itu hama ? Tahukah anda dengan hama? Hama adalah sejenis binatang ataupun binatang yang umumnya mengganggu tumbuhan dan sanggup merugikan insan terkhusus para petani. Hama tumbuhan yakni binatang yang selalu merusak dan merugikan tumbuhan para petani. Untuk jenis hama pada tumbuhan ini berbeda-beda tergantung pada tingkat dan spesiesnya masing-masing. Ada yang namanya hama serangga, hama jenis ulat, hama yang hidup didarat dan di air, dan lain sebagainya. Makara pengeertian hama secara umum yakni binatang/serangga yang menjadi perusak tanaman.

Pengertian Penyakit Tanaman

Selain hama yang sering mengakibatkan tumbuhan rusak dan mati, maka ada satu lagi dilema pada pertanian yaitu penyakit tanaman. Penyakit pada tumbuhan ini berbeda dengan penyakit pada manusia. Makara penyakit pada tumbuhan adalah keadaan dimana tumbuhan terganggu atau sanggup juga terhambat pertumbuhannya yang biasanya disebabkan juga oleh hama tanaman. Makara penyakit tumbuhan ini merupakan suatu kondisi tumbuhan tidak sanggup tumbuh normal lantaran adanya gangguan dalam pertumbuhannya. Makara ada relasi antara hama dan penyakit ini, yang mana tanggapan serangan hama mengakibatkan tumbuhan menjadi sakit. Tapi tidak serta merta penyakit tumbuhan disebabkan oleh hama, mungkin ada faktor lain yang mengakibatkan tumbuhan terjangkit penyakit, misalnya cuaca dan ekspresi dominan yang tidak menentu, faktor bibit tanaman, dan lain sebagainya.

Makara kini sudah jelaskan apa Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman. Mudah-mudahan artikel singkat ini sanggup menunjukkan ilmu dan wawasan kepada anda semua. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment