Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, March 7, 2017

Cara Unik Menanam Cabai Rawit Hasil Melimpah Modal Sedikit

Dasar Pertaian - Cara Menanam Cabe Rawit Yang Benar yaitu dengan menerapkan tahnik dan cara sehingga budidaya cabai rawit yang kita lakukan sanggup membuahkan hasil yang memuaskan. Hasil panen cabai yang sanggup dikatakan memuaskan ialah kalau panen cabai tersebut benar-benar melimpah, pertumbuhan cabai serta buah cabai rawit maksimal dan tidak mengalami sedikit gangguan sekalipun. Jika anda ingin melaksanakan budidaya cabai rawit yang baik dan benar, maka sudah terperinci bahwa ilmu dan pengetahuan tetang bagaimana cara budidaya cabai rawit atau bagaimana caranya menanam cabe rawit yang baik dan benar sanggup anda miliki. Dengan bekal ilmu, pengalaman dan belajar, maka sanggup saya pastikan anda akan berhasil dalam budidaya cabai rawit. Cara Menanam Cabe Rawit Yang Benar yaitu dengan menerapkan tahnik dan cara sehingga kebijaksanaan Cara Unik Menanam Cabe Rawit Hasil Melimpah Modal Sedikit

Tahukah anda bahwa cabai rawit ini sangat banyak diminati orang-orang? Karena cabai rawit mempunyai rasa pedas yang maksimal, sehingga bagi orang yang menyukai rasa pedas, niscaya mereka tidak akan melewatkan cabai rawit dari sajian kuliner mereka. Jika anda salah satu dari banyak orang pecinta cabai rawit, maka anda sanggup menanam sendiri cabai rawit dirumah. Karena menanam cabe rawit ini sangat gampang dilakukan dan cabai rawit ini gampang dibudidayakan disegala jenis dan kondisi tanah, baik dataran tinggi maupun dataran rendah.

Cabe rawit ini juga mempunyai keunikan tersendiri dibanding cabai jenis lainnya. Meskipun bentuknya yang mungil, namun tingkat kepedasannya merupakan paling juara diantara jenis cabai lainnya. Maka dari itu banyak masyarakat yang menanam abe rawit sendiri dirumah sebagai alternatif untuk memudahkan mereka dalam menambah rasa pedas pada kuliner tanpa harus mengeluarkan uang untuk beli cabe. Tertarik bagaimana cara menanam cabai rawit yang baik dan benar supaya sanggup menghasilkan panen cabai rawit yang berkualitas? Yuk simak berikut penjelasannya.


Cara Menanam Cabe Rawit Yang Paling Benar Supaya Berhasil


Sebenarnya menanam cabe rawit dengan cabe merah itu tidak ada bedanya. Yang terpenting didalam menanam cabe rawit, tingkat kesuburan dan kegemburan tanah harus diprioritaskan. Setelah itu and ajuga harus sudah mempunyai bibit cabe rawit yang siap tanam. Jika anda sudah mempunyai lokasi atau lahan yang cocok untuk dipakai menanam cabe rawit, kemudian bibit cabe juga sudah ada, maka saatnya anda memulai persiapan untuk menanam cabe.

1. Buat bedengan

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menciptakan bedengan. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Buat bedengan dengan lebar kira-kira 100-120 cm
  • Tinggi bedengan kira-kira 20-30 cm
  • Kemudian jarak antar bedengan yaitu 30-40 cm, dengan arah bedengan memanjang kearah utara dan selatan.

2. Memberi pupuk

Sebelum bibit anda tanamkan pada bedengan, maka sebaiknya anda berikan dulu pupuk kandang pada bedengan tersebut. Gunakan pupuk kandang yang sudah matang, dengan ciri-ciri tidak berbau, tidak panas, dan kotoran ternak tersebut sudah usang bukan baru. Jika sudah ada maka silahkan anda tebar pada bedengan yang sudah disiapkan.

3. Atur jarak tanam

Setelah memperlihatkan pupuk dasar, maka kini saatnya anda mengatur jarak tanam antar bibit pada bedengan. Jarak tanam yang baik untuk menanam cabe rawit yaitu 50cm x 100cm, 50cm x 90cm, 60cm x 70cm. Jika jarak tanam terlalu rapat, maka akan menciptakan pertumbuhan tanaman cabe rawit menjadi lambat.

4. Menanam cabai rawit

Cara menanam cabe rawit yang baik dan benar yaitu sebagai berikut:
  • pilih bibit yang baik dan sehat.
  • masukkan bibit pada lubang tanam, dalam satu lubang berik 2 bibit cabe rawit.
  • timbun kembali lubang dengan tanah, kemudian buat pagar disekeliling tumbuhan supaya tidak diganggu oleh hewan ternak.
  • beri tiang penyangga kalau perlu supaya menguatkan tanaman cabe rawit.

5. Lakukan perawatan

Perawatan dalam budidaya cabai rawit ini juga tidak ada bedanya dengan tumbuhan lainnya. Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari atau sanggup diubahsuaikan dengan keadaan dan kondisi tanah. Bersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman cabe supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Caranya dengan mencabut atau menyiangi tajak, sabit atau alat lainnya. Selain itu supaya hasil panen cabai rawit maksimal, perlu dilakukan pemupukan cabai rawit yang baik dan benar. Adapun jumlah pupuk yang diperlukan tanaman cabe rawit dalam 1 hektar yaitu sebagai berikut :
  • Pupuk UREA = 200 kg
  • Pupuk TSP = 200 kg
  • Pupuk KCL = 150 kg
Selain itu anda juga harus menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman cabe rawit yang anda tanam. Hama yang biasanya sering menyerang tumbuhan cabai rawit ini yaitu sebagai berikut :
  • Tungau marah
  • Kutu daun
  • Kutu gurem atau thrips
Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman cabe rawit ini yaitu daun mengalami keriting dan buah menjadi tidak maksimal. Jika demikian segera lakukan penanganan supaya tanaman cabe rawit segera membaik dan tidak keriting. Semprot dengan pembasmi hama dan penyakit secara rutin.

Demikianlah gosip ihwal Cara Menanam Cabe Rawit Yang Paling Benar Supaya Berhasil. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment