Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Monday, June 19, 2017

Dampak Jelek Penggunakan Pupuk Kimia Pada Tanaman Dan Solusinya

Penggunan pupuk kimia pada tumbuhan memang akan meningkatkan jumlah produksi dan hasil panen. Sehingga hal ini menciptakan para petani banyak yang memakai pupuk kimia sebagai pupuk andalan pada pertanian maupun perkebunan mereka. Selain itu sebab harga yang memang terjangkau juga menjadi pilihan mereka, sebab biasanya pupuk tersebut memang bersubsidi, jadi bagi mereka yang mempunyai keterbatasan dana akan menentukan memakai pupuk kimia.

Sebenarnya tidak ada salahnya kita memakai pupuk kimia pada tanaman, sebab memang penggunaan pupuk kimia pada tumbuhan juga menghasilkan efek yang baik kalau dilakukan dengan cara yang benar. Namun seain efek baik tersebut, ternyata ada efek jelek kalau memakai pupuk kimia secara berkelanjutan tanpa dibarengi penggunaan pupuk organik. Misalnya kita hanya memakai pupuk kimia saja pada tumbuhan yang kita budidayakan. Secara tidak langsung, kalau kita semakin sering memakai pupuk kimia tanpa ada batasannya, maka efek jelek akan terjadi. Apa saja efek jelek tersebut? Berikut ini akan bagikan efek jelek penggunaan pupuk kimia baik terhadap lingkungan maupun terhadap tumbuhan yang kita budidayakan.

Penggunan <b><a href=pupuk kimia pada tumbuhan memang akan meningkatkan jumlah produksi dan hasil pane Dampak Buruk Penggunakan Pupuk Kimia Pada Tanaman dan Solusinya" border="0" height="263" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXmyRJyCziiyrmWuGnwuR3f9AbWbNIk4NA4W8A5EfeAObRc-fKLd7CkeHtsJEYou5MwwU_zgQ_8zSIzGRzFuqF6KEGdTcnY3DgHYZufp4x5QHvCqh-roTPDpFwknnlJs7xYSVXQZjnU9c/s400/dampak+buruk+pupuk+kimia+terhadap+tanah.jpg" title="Dampak Buruk Penggunakan Pupuk Kimia Pada Tanaman dan Solusinya" width="400" />
Ilustrasi akhir penggunaan pupuk kimia secara berlebihan

Dampak Buruk Penggunakan Pupuk Kimia Pada Tanaman


1. Dapat merusak tanah

Dampak jelek pupuk kimia pada tanah yaitu sanggup mengakibatkan pencemaran pada tanah. Hal ini sebab banyak kandungan zat-zat organik yang terbuang. Selain itu penggunaan pupuk kimia secara berlebihan juga sanggup merusak keseimbangan zat-zat makanan yang ada di dalam tanah, sehingga sanggup mengakibatkan banyak sekali penyakit tanaman.Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan juga sanggup membunuh organisme yang bermanfaat pada tanah ibarat bakteri, cacing, jamur dan lainnya. Makanya kenapa tanah menjadi cepat tandus dalam waktu yang cukup lama, ya sebab penggunaan pupuk kimia secara berlebihan.

2. Mengurangi dan menekan populasi mikroorganisme tanah yang bermanfaat

Selain sanggup merusak tanah, penggunaan pupuk kimia secara berebihan juga sanggup mengurangi dan juga menekan populasi mikroorganisme tanah yang sangat bermanfaat bagi tanah. Adapun fungsi mikroorganisme tersebut sangat bermanfaat bagi tanaman. penggunaan pupuk kimia yang dilakukan secara terus menerus dan berlangsung cukup lama, sanggup mengakibatkan hal-hal ibarat berikut ini :
  • Tanah akan menjadi keras
  • Banyaknya residu pestisida dan juga insektisida yang tertinggal dalam tanah
  • Banyak mikroorganisme tanah yang bermanfaat semakin menipis dan bahkan mati
  • Banyak Mikroorganisme tanah yang merugikan jadi berkembang biak dengan baik
  • Tanah semakin kehabisan unsur hara baik makro maupun mikro

Solusinya

  1. Jika hendak memakai pupuk kimia pada tumbuhan harap baca petunjuk penggunaan terlebih dahulu.
  2. Jangan memakai pupuk kimia secara berlebihan
  3. Barengi dengan penggunaan pupuk organik namun harus diatur jarak dan waktu pemupukannya, jangan berbarengan sekaligus.
Itulah  beberapa Dampak Buruk Penggunakan Pupuk Kimia Pada Tanaman beserta solusinya, mudah-mudahan isu singkat ini sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

    Previous
    Next Post »

    Post a Comment