Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, October 16, 2018

Asal Ajakan Jenglot Dan Misterinya

Asal ajakan jenglot sampai ketika ini masih menjadi perdebatan di kalangan jago supranaturalis di Indonesia. Ada yang menyebut jikalau jenglot yaitu jin yang ditaklukan wali songo semasa hidup, ada pula yang menyebut jikalau jenglot yaitu sosok insan sakti mandraguna yang jasad dan arwahnya tidak diterima bumi. Penasaran, ibarat apa bahwasanya asal usul jenglot? Berikut ini, telah kami ulas informasinya khusus untuk Anda.

Asal Usul Jenglot versi Masyarakat Kuno Jawa

 sampai ketika ini masih menjadi perdebatan di kalangan jago supranaturalis di Indonesia Asal Usul Jenglot dan Misterinya
Sebagian orang Jawa percaya jikalau asal usul jenglot dulunya yaitu seorang insan sakti yang sebab kesaktiannya itu diperoleh dari acara memuja, maka ketika ia mati dan dikuburkan, bumi pun tidak mau menerimanya. Sehingga jasad orang tadi tidak sanggup membusuk dan justru ukurannya hanya mengecil, mengecil, dan mengecil. Bukan hanya jasadnya, arwahnya pun tidak diterima untuk naik ke langit. Dengan terpaksa arwahnya yang sudah disertai dengan banyak sekali jin kafir ini lalu kembali ke jasadnya.

Dipercaya bahwa, penghuni jenglot sejatinya sangat tersiksa dengan keadaan yang dialaminya sebagai seorang jenglot. Ia lalu berusaha mencari budak yang sanggup menuntaskan siksaanya. Konon kabarnya jenglot akan mulai membusuk jasadnya dan mulai diterima arwahnya jikalau ia berhasil membantu insan meraih sukses dalam jalan kebathilan. Menjerumuskan insan ke dalam kemusyrikan.

Asal Usul Jenglot versi Masyarakat Kuno Islam

Beberapa versi lain menyebut jikalau asal usul jenglot yaitu sebangsa jin kafir yang berhasil ditaklukan oleh wali songo. Seperti diketahui bahwa ketika mensyiarkan islam beberapa jin sering kali berusaha mengganggu dengan banyak sekali cara.

Sebuah riwayat misalnya, menyebutkan jikalau ketika Sunan Bonang tengah melaksanakan perjalanan dakwah, dicuaca yang mendung tiba-tiba rombongannya disambar petir sampai berkali-kali. Sunan Bonang lalu turun tangan dan menangkap petir-petir itu dan ternyata mereka yaitu sekelompok jin kafir yang tengah berencana jahat.

Sunan bonang lalu memenjarakan jn-jin tersebut dalam jasad-jasad hewan, ibarat kucing, ikan, ular, dan hewan-hewan lainnya. Sepeninggalan sunan bonang, jin-jin ini bertebaran ke seluruh penjuru nusantara untuk mencari pembebasan.

Hingga ketika ini orang-orang yang mempunyai kekuatan supranatural tinggi akan gampang menemukan wujud jenglot di tempat-tempat yang mempunyai aura negatif yang besar. Mereka akan memanfaatkan kekuatan magis dari jenglot yang ditemukannya untuk banyak hal yang terkait dengan kemusyrikan.

Demikianlah ulasan mengenai asal usul jenglot ditinjau dari kepercayaan masyarakat Jawa dan masyarakat Islam kuno. Semoga dengan pemaparan yang sederhana ini, kita semua sanggup memetik pelajaran bahwa sebaiknya kita tidak mencoba-coba bentuk kemusyrikan yang akhir-akhir ini semakin banyak jenisnya.

Previous
Next Post »

Post a Comment